Kenapa Harus Properti Kost?

0
54
kenaikan rumah

Beberapa Fakta yang Membuat Bisnis Properti Kost Menjadi Menarik

Mengutip dari laman Kompas.com dan Rumah123.com, lima tahun lagi, generasi milenial terancam tidak bisa membeli rumah.  

kenaikan rumah

Hal ini dikarenakan, menurut survei Kompas.com dan Rumah123.com, dengan adanya kenaikan pendapatan rata-rata yang hanya sebesar 6.000.000 per bulan, hal ini tidak akan bisa menutupi kenaikan rumah, yang mana kenaikan rumah saat ini hampir mencapai 7.500.000 per bulan.

Oleh sebab itu, diperkirakan ke depannya generasi milenial yang hanya memiliki income 6.000.000 saja, terancam tidak bisa membeli rumah ketika menginjak di tahun 2021, jika melihat prediksi yang ada.

Maka dari itu, jika ditelusuri secara histori dari 2009 hingga 2012, di mana pada titik ini merupakan era boomingnya properti, sehingga mengakibatkan naiknya harga properti secara drastis.

Meskipun setelah masa itu berlalu, harga properti saat ini diasumsikan dapat mengalami penurunan, sebagai generasi milenial diperkirakan tetap tidak bisa membeli properti yang harganya di atas 300 juta. Hal ini karena ketidak seimbangannya hasil pendapatan bulanan. Mereka hanya mampu membeli rumah yang harga sekitar 300 juta kebawah. Sedangkan harga rumah yang mencapai 300 juta itu berada di luar daerah Ibukota Jakarta.

Dengan demikian, kemungkinan besarnya di tahun 2021, orang hanya yang memiliki gajih 12 juta per bulanlah yang bisa membeli properti, itu pun dengan syarat harga rumahnya hanya mencapai angka 750 juta dan tidak lebih.

Sehingga dengannya mereka bisa mencicil dari gajih tersebut sebesar 30%, atau sebanding dengan 4 juta-an per bulan. Kendatipun demikian, faktanya rumah-rumah yang seperti itu pun sangat sulit didapatkan, terutama bagi Anda yang menginginkan rumah berada di daerah Jakarta.

Nah, maka dari itu berdasarkan data informasi yang didapat, jika kita memilki properti kost di kota-kota besar. Maka hal itu sangat bagus dan menguntungkan sekali. Sebab kenapa? Karena, bagi mereka yang tidak bisa memiliki rumah dengan harga lumayan tinggi, mereka akan cenderung lebih memilih untuk tinggal di rumah kost sebagai sarana tempat tinggal sementara.

Sehingga dengan demikian, mereka para rantau, tetap bisa bekerja dan menyelesaikan kepentingannya di tempat tersebut dengan tinggal di tempat kost.

Hal inilah yang menjadi peluang besar yang bisa kita ambil untuk mendapatkan passive income dari bisnis prperti kost.

Lalu, bagimana jika Anda bisa membeli asset properti yang menghasilakan uang untuk Anda seumur hidup sehingga Anda tidak perlu lagi bekerja?

Dan bagaimana jika Anda dapat membeli asset properti tersebut tanpa mengeluarkan modal atau hanya dengan modal sedikit saja?

Kemudian kenapa kita lebih memilih properti kost bukan apartemen?

Hal ini dikarenakan, para pekerja di Jakarta itu merupakan para pendatang untuk mencari nafkah atau yang lainnya. Kemudian asan kedua adalah harga rumah sudah pasti sangat mahal sebagaimana yang telah tercantum di dalam data yang telah kami sebutkan.

Dan salah satu solusi mengenai hal ini, yaitu mereka akan menyewa kamar kost, atau menyewa apartemen. Sementara, jika mereka memilih nyewa apartemen tentu harganya pun akan jauh lebih mahal ketimbang kamar kost. Apalagi jika para pekerja yang berpendapatan hanya mencapai gajih UMR.

Selain itu, setiap tahun jumlah pendududk di Jakarta semakin bertambah. Dan yang lebih memprihatinkan lagi, yaitu jumlah rumah yang ada semakin sedikit, seiring dengan jumah penduduk yang semakin padat.

Di sinilah peluang yang bisa kita ambil, di mana kita bisa menyewakan kamar-kamar kost tersebut kepada para pendatang yang sedang bekerja untuk mencari nafkah atau yang lainnya.

Tiga Keuntungan Memiliki Bisnis Properti Kost.

Dengan demikian ada tiga hal, kenapa kita lebih memilih properti kost ketimbang yang lain.

  1. Save time

Bisnis properti kost bisa ditinggal dan tidak perlu selalu hadir di bisnis ini.

  1. Make money

Bisnis passive income yang bisa menghasilkan uang rutin, dan bisa diwariskan kepada keluarga.

  1. Easy to operate

Tidak perlu sekolah khusus, sipa saja bisa menjalankannya.

Demikian pembahasan kali ini. Terimakasih, semoga bermanfaat.