Kerjasama Dengan Operator Kost Atau Online Travel Agent (OTA)

0
48
Operator Kost

Operator Kost adalah pihak yang melakukan proses marketing kost secara online dengan menawarkan situs yang cukup sistematis. Namun layaknya penyedia jasa yang ingin untung, ada beberapa jasa OTA yang menawarkan layanan menggiurkan tanpa mampu memenuhi kesepakatan yang dilakukan dengan mitra mereka.

Berbagai Tips Bergabung Dengan Operator Kost

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan bekerjasama dengan operator kost / Online Travel Agent (OTA). Berikut ini diantaranya :

1. Pastikan isi kontrak

Ketika seller atau karyawan OTA menawarkan proses kerjasama dalam bentuk kontrak tertulis, pastikan Anda sudah membaca kontrak tersebut secara keseluruhan. Pastikan isi atau poin-poin yang ada di dalam kontrak tersebut menguntungkan pihak Anda, dan bukan sebaliknya, atau malah merugikan Anda.

Bagian yang harus dicermati adalah pada bagian denda atau sanksi. Bagian tersebut akan menerangkan dengan jelas denda apa saja yang akan diberikan pihak OTA pada mitra mereka jika terlambat membayar atau bahkan melakukan pembatalan kontrak. Teliti terlebih dahulu sebelum Anda menandatangani kontrak tersebut.

2. Cek kredibilitas

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek kredibilitas suatu jasa OTA atau Online Travel Agent. Salah satunya adalah searching nama penyedia jasa tersebut di internet. Anda bisa melihat kredibilitas suatu jasa OTA dari cara mereka menyusun website resmi atau media sosial mereka. Apakah mereka menyusun berbagai informasi jasa mereka dengan rapi atau tidak, itu menggambarkan kepribadian mereka secara keseluruhan.

Tak hanya itu, Anda bisa juga melihat berbagai testimoni positif / negatif dari para pengguna jasa sebelumnya. Bahkan jika memungkinkan, bacalah semua keluhan yang ditujukan pada para penyedia jasa OTA tersebut. Jangan sampai Anda bekerjasama dengan pihak yang salah.

3. Gabung dengan komunitas

Tips lain yang harus Anda perhatikan sebelum bekerjasama dengan mitra jasa OTA adalah dengan cara gabung komunitas. Komunitas seperti KSI akan membantu Anda memperoleh channels jasa OTA terbaik, berpengalaman, dan profesional nantinya. Sehingga hal ini bisa menghindarkan Anda dari kemungkinan bekerjasama dengan pihak jasa OTA yang abal-abal.

4. Pastikan konsep kerjasama

Bagi Anda yang ingin menyewa jasa OTA, penting bagi Anda untuk memilih yang konsep kerjasamanya adalah yang jual – beli putus. Jangan sampai sistem kerja yang Anda lakukan merugikan Anda karena wanprestasi dari pihak jasa OTA atau bahkan Anda tidak bisa memasarkan kos tersebut. Dengan sistem jual – beli putus, maka jasa OTA tersebut akan berfungsi sebagai channel marketing saja.

5. Siap untuk mengelola

Anda harus siap mental terhadap proses kerjasama dengan pihak OTA atau operator kost. Jika suatu saat Anda mengalami ketidakcocokan dengan pihak operator kost, maka Anda harus siap mengelola kos Anda secara mandiri sebaik mungkin agar proses marketing berjalan lancar.

Nah, bergabung dengan pihak KSI di website www.yukbisniskost.com atau melalui akun IG @yukbisniskost.  Anda bisa membangun passive income terbaik untuk masa tua yang nyaman dengan pemilihan jasa OTA berpengalaman dan profesional.