Kesalahan Fatal yang Harus Dihindari Dalam Investasi Real Estate

0
100

Kesalahan yang Harus Anda Hindari Dalam Investasi Real Estate

Meningkatnya kebutuhan hunian di perkotaan, membuat bisnis real estate tumbuh subur. Karena memiliki prospek bagus dan keuntungan melimpah, banyak yang mulai meliriknya sebagai bagian dari investasi masa depan. Meskipun masih merupakan orang awam, Anda pun bisa mencoba peruntungan di bidang investasi real estate.

Meskipun banyak investor yang memulai dengan niat membuat bisnis real estat mereka besar, namun  hanya segelintir orang yang berhasil melewati investasi pertama mereka dan bisa menghasilkan banyak keuntungan. Bagi para investor pemula, berikut kesalahan-kesalahan yang harus Anda hindari dalam real estate investing.

  1. Mengutamakan Emosi

Ketika membeli hunian, Sebagian besar keputusan pembelian orang biasanya akan didasarkan pada emosi. Hanya sebagian kecil yang mendasarinya dengan logika. Ini bisa dimengerti karena berhubungan dengan kenyamanan keluarga Anda.

Namun, jika menyangkut investasi, jangan biarkan emosi Anda memutuskan mana real estate yang harus Anda beli. Real estate merupakan salah satu property cash machine yang bisa memberi untung besar kepada Anda. Karena itu, hindari emosi karena akan mengaburkan penilaian terhadap banyak hal, termasuk harga.

Sebaiknya pikiran apakah properti yang Anda beli bisa memberikan keuntungan atau menarik penyewa berkualitas? Dengan menjawab deretan pertanyaan ini, Anda akan berpikir berdasarkan keuntungan finansial ketimbang perasaan pribadi.

  1. Terlalu Berani Coba-Coba

Dua ciri umum dari investor real estate pemula yang gagal menghasilkan dari properti pertama mereka adalah sikap mereka dalam menghadapi peluang. Mereka bisa saja bertindak terlalu impulsif atau terlalu berhati-hati sehingga tidak pernah bertindak sama sekali.

Anda bisa menghadiri seminar atau membaca banyak buku tentang real estate investing. Namun semuanya tidak akan berarti bila Anda tidak bertindak. Sementara para investor yang kini sukses telah belajar dari kesalahan-kesalahan dalam berinvestasi.

  1. Terburu-buru

Kebanyakan investor pemula berharap agar bisa menjadi jutawan dalam semalam. Tak lama setelah membeli real estete, mereka pun langsung menjualnya. Hal ini bisa dipastikan akan membuat Anda kaya lebih lambat. Meskipun Anda bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi, namun keuntungannya tidaklah seberapa.

Waktu selalu dibutuhkan untuk menjual suatu real estate karena nilainya akan semakin naik dari tahun ke tahun. Sebaiknya Anda memilih opsi penyewaan untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang yang lebih stabil.

  1. Tidak Memahami Pasar

Untuk memahami pasar real estate, membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi jangan berpikir bila Anda menghadiri satu atau dua seminar, atau membaca beberapa buku tentang real estate investing akan membuat Anda mengetahui banyak hal.

Buat diri Anda benar-benar akrab setiap hal yang berhubungan dengan real estate yang akan dipilih sebagai lahan investasi. Misalnya target pasar Anda adalah keluarga kecil, makan pilihlah hunian yang memiliki minimal dua kamar. Jangan sampai salah menyasar target pasar karena akan membuang-buang waktu.

Mulailah berbicara dengan penduduk setempat dan agen real estate. Kenalilah setiap fasilitas serta kemudahan yang bisa didapatkan penyewa. Dengan ini, Anda bisa memberikan informasi yang jelas dan terperinci.

Demikian tadi, beberapa kesalahan yang harus dihindari Jika ingin berkecimpung dalam real estate investing. Tidak hanya modal, kemampuan meminimalisasi risiko dan strategi yang tepat bisa membuat Anda sukses dalam bisnis ini. Semoga sukses.