Kesalahan Pemula Dalam Memulai Bisnis Properti Kost

0
137

Kesalahan Fatal yang Wajib Dihindari Saat Memulai Bisnis Properti Kost 

Menjalankan bisnis properti selain butuh modal cukup besar juga memerlukan strategi pemasaran yang tepat. Kurangnya strategi dan pengetahuan dalam menjalankan bisnis dapat berimbas pada bubarnya usaha Anda. 

Meski berpotensi mendatangkan keuntungan besar, bukan berarti Anda bisa berharap dapat balik modal dalam waktu cepat. Keinginan untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat dapat membuat para investor properti pemula rela memberikan penawaran yang tak masuk akal, hingga mengorbankan kualitas dan fasilitas properti. 

Untuk Memulai Bisnis Properti, Anda Memerlukan Perencanaan Dana yang Matang 

Bank sering menawarkan pinjaman dana untuk usaha, tak terkecuali bisnis properti kost. Meski dapat memudahkan pembiayaan bisnis, jangan sampai Anda lalai dalam membuat perencanaan keuangan.  

Over kredit adalah salah satu kendala yang sering dihadapi pelaku bisnis properti akibat lalai dalam mempertimbangkan kondisi keuangan. Over kredit adalah keadaan ketika pemilik proyek properti tidak mampu melakukan pembayaran utang, yang pada akhirnya mengharuskan pemilik proyek mengalihkan properti yang sedang dikembangkan tersebut kepada pihak lain. Agar bisnis atau investasi properti aman, jangan ragu untuk melakukan perencanaan dengan bantuan konsultan atau pengelola manajemen properti. 

Dalam Bisnis Apa pun, Kualitas adalah Prioritas 

Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, keinginan mengejar target keuntungan bisa membuat pebisnis kadang melalaikan kualitas produk. Attitude semacam ini justru dapat menjadi bumerang. Pasalnya, buruknya kualitas produk yang ditawarkan akan membuat konsumen tidak puas, terlebih jika keluhannya tidak ditanggapi. Tingginya angka keluhan konsumen tentu dapat menjadi kabar buruk bagi reputasi bisnis Anda. Jagalah kualitas hunian properti kost Anda, tanggapi dan perbaiki dengan cepat saat terjadi masalah. Dengan begitu, harga hunian properti kost Anda dapat meningkat dan memberikan reputasi yang baik dimata penghuni.

Pemasaran adalah Nyawa Bisnis Anda 

Memulai bisnis properti harus disertai dengan strategi pemasaran yang efektif. Pemasaran properti biasanya dilakukan melalui baliho, brosur, situs listing properti online, hingga iklan di televisi.

Apa pun strategi pemasaran yang diterapkan, pastikan setiap elemen pendukungnya dapat menyentuh sisi emosional target pasar. Promosi yang dilakukan dengan mempertimbangkan permasalahan yang sering dialami target, tentu dapat membuat target lebih terhubung dengan Anda. Bukan tidak, mungkin jika calon pembeli yang dituju akan lebih serius dalam mempertimbangkan tawaran Anda. Perlu diingat, tanpa adanya pemasaran yang baik maka bisnis Anda tidak akan berjalan dengan baik pula.

Pengetahuan dan Pengalaman adalah Guru Terbaik 

Modal nekat dan kalimat motivasi tidak cukup untuk memulai bisnis properti. Anda perlu pengetahuan tentang iklim bisnis properti yang mumpuni agar dapat bertahan di ketatnya persaingan bisnis. Tak hanya itu, pengalaman investor senior pun bisa dijadikan pelajaran bagi Anda agar lebih bijak dalam menghadapi tantangan dalam berbisnis.  

Lantas, di mana tempat terbaik untuk belajar dan berbagi pengalaman dalam berinvestasi? KSI Community, komunitas investor properti khususnya rumah indekos, hadir untuk Anda yang ingin mempelajari seluk-beluk bisnis properti, mulai dari perancangan keuangan, persiapan modal, pembangunan rumah, hingga pelengkapan fasilitas hunian.  

Di KSI Community, Anda dapat mengikuti workshop bisnis properti dengan narasumber berpengalaman dan tepercaya. Anda pun dapat berbagi pengalaman dan wawasan dengan sesama investor properti.  

Jadi, daripada coba-coba, lebih baik persiapkan segala kebutuhan investasi properti Anda secara matang agar bisnis lancar, risiko dapat diminimalisasi, dan imbal-balik pun menarik.