fbpx
Wednesday, April 17, 2024
HomeBisnis KostKetahui Cara dan Modal Bisnis Kost Kostan

Ketahui Cara dan Modal Bisnis Kost Kostan

Investasi properti memang tak ada habisnya untuk dibahas, terlebih lagi jika menyangkut keuntungan yang terbilang menjanjikan. Memulai bisnis di bidang properti bisa terbilang mudah jika dilihat dari segi perhitungan dan praktiknya. Namun anda jangan sampai menganggap remeh sampai mengakibatkan sistem keuangan yang jebol, terlebih lagi jika anda seorang pemula. Nah, anda mungkin juga penasaran dengan modal bisnis kost kostan.

Bagaimana cara memulai bisnis kost kostan

Jika anda sudah mempunyai properti pribadi seperti tanah atau rumah, lebih baik jika anda amati apakah properti tersebut memang cocok untuk dijadikan lokasi kost. Misalnya saja jika anda mempunyai rumah dengan tanah belakang yang cukup luas, anda mungkin ingin memugar bangunan supaya menjadi lebih luas. Anda juga harus memahami ukuran standar kamar kos. Anda bisa periksa luas semua ruangan dibagi dengan luas untuk kamar standar. Nantinya anda akan mengetahui jumlah kamar yang bisa anda buat nantinya.

Tentukan bangunan yang cocok

Jika anda belum mempunyai properti pribadi, artinya anda harus membeli bangunan yang sudah jadi. Banyak informasi terkait jual lokasi kost yang bisa anda pertimbangkan mulai dari bangunan lama sampai bangunan baru. Untuk bangunan baru, akan lebih baik jika anda perhatikan sertifikat property, lalu untuk jenis bangunan lama maka perhatikan sertifikat dan kondisi bangunannya. Nah, dalam kasus ini – anda harus pertimbangkan modal bisnis kost kostan lebih banyak.

Lokasi yang strategis

Semakin rama lokasinya maka semakin tinggi pemasukan yang anda dapatkan tiap bulannya. Lokasi bisa menentukan harga sewa anda. lokasi yang dekat dengan fasilitas public seperti kampus, kantor, atau sekolah bisa menjadi pilihan terbaik.

Gunakan konsep unik

Sekarang sudah banyak kost kostan yang menyediakan desain kamar kost dengan konsep lebih kekinian dan unik. Jika anda ingin kost anda menjadi incaran banyak peminat, akan lebih baik jika anda suguhkan desain dengan gaya tertentu seperti desain industrial atau minimalis yang sedang tren sekarang.

Harga sewa bersaing

Setelah anda mengetahui beberapa informasi di atas, maka anda juga harus perhatikan harga sewa yang akan ditawarkan. Anda bisa coba riset dahulu sebelum menentukan jumlah harga sewa seperti fasilitas dan harga rata-rata dari kompetitor. Jika konsep dan fasilitas yang anda tawarkan lebih unggul dibandingkan pesaing, maka anda bisa menentukan harga sewa lebih tinggi.

Nah, anda mungkin penasaran dengan berapa modal yang harus disiapkan? Untuk membangun kamar kost, sebaiknya anda harus paham luas kamar dan luas tanah untuk memahami berapa modal yang harus anda sediakan. Misalnya jika anda ingin membangun 10 kamar kost dengan luas sekitar 4 x 4 meter dengan fasilitas kamar mandi dalam, maka anda bisa menyiapkan modal bisnis kost kostan sekitar 450 juta.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?