Keuntungan Membeli Rumah dengan KPR Syariah

0
95

5 Keuntungan Membeli Rumah dengan KPR Syariah

Memiliki rumah sendiri adalah idaman setiap keluarga. Untuk membantu Anda mewujudkan mimpi tersebut, banyak fasilitas kredit yang ditawarkan bank termasuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) berbasis syariah.

Bila dibandingkan dengan kredit konvensional, membeli rumah menggunakan KPR syariah memiliki keuntungan lebih. Bila memilih KPR syariah untuk membeli rumah impian, banyak keuntungan yang bisa Anda nikmati. Berikut 5 keuntungan yang bisa Anda nikmati.

  1. Tanpa Riba

Dalam KPR Syariah, akad kredit yang digunakan adalah akad jual-beli (Murabahah), dan pelaksanaannya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam. Ini akan melindungi Anda dari transaksi yang melibatkan riba atau bunga. Sebagai informasi, bank yang menawarkan KPR syariah tetap mengambil margin keuntungan dari harga rumah.

  1. Cicilan Tetap

Dalam penerapannya, KPR Syariah tanpa riba akan memberikan cicilan tetap (fixed) selama proses kredit. Hal ini berbanding terbalik dengan KPR konvensional yang besaran cicilannya bisa berubah-ubah menyesuaikan dengan kenaikan suku bunga dan tingkat inflasi setiap tahunnya.

Hal ini dimungkikan karena pada KPR syariah, margin KPR sudah dikalkulasi sejak awal. Karena itu, besaran cicilannya langsung dibagi dengan lamanya waktu pembayaran cicilan.

  1. Besar Fasilitas Pinjaman

Keuntungan selanjutnya yang bisa dirasakan nasabah ketika menggunakan KPR syariah tanpa riba adalah besarnya fasilitas pinjaman. Bila dibandingkan dengan KPR konvensional, KPR syariah memberikan besaran pembiayaan yang lebih besar hingga 5%.

Misalnya pada bank konvensional persetujuan pinjaman yang diberikan sebesar 80% dari harga rumah yang akan dibeli. Sementara pada bank syariah besarnya bisa mencapai 85%.

Dengan jumlah tersebut, memungkin Anda yang ingin membeli rumah dengan harga Rp 1,5 miliar, bisa mendapat pinjaman sebesar Rp 1,275 miliar. Jumlah tersebut lebih besar Rp50 juta dari pada pinjaman yang diberikan bank konvensional.

  1. Uang Muka Lebih Ringan

Keuntungan berikutnya yakni Anda akan membayar uang muka rumah yang jauh lebih ringan dibandingkan bila menggunakan KPR Konvensional. Uang muka yang diterapkan KPR syariah biasanya sebesar 10%.

  1. Pelunasan Lebih Awal Tanpa Denda

KPR syariah tak akan memberi denda bagi nasabah bila melakukan pelunasan lebih awal. Jadi, ketika Anda memiliki dana lebih, cicilan tersebut bisa segra Anda lunasi. Sementara jika menggunakan KPR konvensional, akan ada denda yang disertai bunga hingga 5%.

Misalnya, sisa angsuran KPR konvensional Anda masih tersisa Rp 30 juta. Bila ingin melunasi lebih awal, maka penerima kredit harus membayar jumlah tersebut Rp Rp1,5 juta  (5% x Rp 30 juta).

Dengan menggunakan KPR syariah tanpa riba, Anda bisa merencanakan keuangan keluarga dengan lebih leluasa, karena nominal cicilan jumlahnya tetap setiap bulan. Anda tak akan terjebak dalam cicilan yang sering naik atau turun. KPR syariah bisa Anda manfaatkan asalkan memenuhi syarat pengajuan KPR syariah. Siapkan dokumen dan segera dapatkan rumah impian Anda.