Kunci Meraih Kesuksesan Sebelum Usia 30 Tahun! Temukan Caranya Di sini

0
108

4 Kunci Meraih Kesuksesan di Usia 30 Tahun dalam Bisnis Properti

Berbisnis di bidang properti kerap menjadi pilihan bagi pengusaha yang ingin meraih kesuksesan di usia muda. Salah satunya adalah seorang Brandon Turner, pengusaha properti yang aktif di BiggerPocket.com—komunitas investasi properti terbesar dunia. Memulai usahanya di usia 21 tahun, Turner memperoleh kekayaan dalam waktu yang singkat. Di usianya yang ke 30 tahun, dia berhasil membeli sebanyak 42 unit bangunan sewa.

Lalu, bagaimana cara seorang Turner bisa sukses menjalankan bisnis propertinya? Ada 4 tips penting dari Turner yang bisa menjadi panutan para pengusaha properti kost di Indonesia. Empat tips tersebut adalah:

  • Gunakan aturan 80/20

Sebagai seorang pebisnis properti, Turner sangat aktif dalam menambah asetnya, bahkan terlalu aktif. Namun, penambahan aset itu dilakukannya dengan menggunakan aturan yang disebutnya 80/20.

Dia menjelaskan, saat ini 80% pemasukannya berasal dari 20% aset propertinya. Turner mengatakan kalau 20% asetnya itulah yang menjadi pusat perhatiannya. Dengan begitu, dia bisa menghadapi masalah dan pelanggan tak begitu banyak, tapi pemasukannya besar.

  • Terus belajar

Tips sukses berikutnya yang bisa diikuti oleh pengusaha properti kost di Indonesia adalah terus belajar. Turner mengatakan, meski usianya sudah lebih dari 30 tahun, dia selalu menyempatkan untuk membeli dan membaca buku. Dia pun sering menghabiskan waktunya untuk hunting buku, baik secara online, di perpustakaan, atau datang langsung ke toko buku. Hal itu dilakukannya untuk menemukan buku properti yang berkualitas.

  • Lakukan segalanya secara sistematis

Tips selanjutnya yang bisa dicontoh pengusaha properti kost di Indonesia adalah melakukan segalanya dengan sistematis. Hal itu bisa dilakukannya, karena bisnis properti tidak ubahnya seperti kegiatan yang berlangsung secara berulang.

Tidak ada orang yang mengajarkannya hal tersebut, tapi hal ini dirasakannya setelah berkecimpung langsung di bisnis properti. Hingga saat ini, Turner pun mengaku kalau dirinya masih tetap berhadapan dengan masalah yang pernah dihadapinya ketika masih menjadi seorang pemula.

  • Gigih

Hal terakhir yang perlu diteladani oleh pengusaha properti kost dari Turner adalah sifat gigihnya. Dia mengatakan, kegigihan menjadi modal penting dalam berkecimpung di bisnis properti. Apalagi, banyak rintangan yang bakal dihadapi, mulai dari penyewa curang, kontraktor berprestasi buruk, hingga kolega yang tamak.

Empat tips tersebut pun bisa diikuti oleh para pebisnis properti, termasuk pemilik properti kost di Indonesia. Sebagai tambahan, bergabung dengan Komunitas Kost Strategi Investing (KSI) juga menjadi hal yang tak kalah penting.

Lewat komunitas ini, Anda tidak hanya memperoleh banyak pengetahuan, tapi juga bisa sekaligus mendapatkan saran dari para pelaku bisnis properti kost di berbagai kota di Indonesia. Dengan begitu, tak menutup kemungkinan kalau Anda akan menjadi sosok Turner dari Indonesia dengan tingkat kesuksesan yang bisa jadi akan lebih besar.