Mengenal 4 Model Investasi Properti Jangka Panjang yang Menguntungkan

0
145

Mengenal 4 Model Investasi Properti Jangka Panjang yang Menguntungkan

Memiliki usaha investasi adalah cara yang lazim digunakan untuk menjamin kehidupan di masa depan. Berbagai faktor yang tidak menentu dalam hidup mulai dari kondisi ekonomi, kesehatan, hingga keamanan membuat investasi menjadi penting bagi setiap orang.

Saat ini ada berbagai produk investasi yang tersedia secara bebas, salah satunya adalah investasi properti. Investasi ini sangat digemari karena potensi kenaikan harga jualnya yang tinggi serta memiliki risiko kerugian yang jauh lebih kecil daripada jenis investasi lain.

Bagi Anda yang ingin menjadikan bisnis properti sebagai produk investasi jangka panjang, 4 model investasi properti berikut ini adalah pilihan yang paling tepat untuk Anda:

  1. Tanah atau Lahan Kosong

Lahan kosong adalah model properti yang paling menarik untuk dijadikan investasi karena mudah dikembangkan dan memiliki jumlah peminat terbanyak dibandingkan dengan berbagai jenis produk properti lainnya. Lahan ini dapat dengan mudah dijual sewaktu-waktu apabila Anda membutuhkan dana tambahan.

Selain menjual, Anda juga dapat menyewakan lahan kosong ke berbagai pihak seperti developer real estate, pengusaha properti, hingga institusi pemerintahan yang membutuhkan lahan operasional. Namun perlu diingat, bahwa menjual tanah kosong saja tidak akan terlalu menguntungkan. Anda harus mengelola lahan ini menjadi suatu bisnis agar dapat menjadi investasi yang menghasilkan pundi-pundi.

  1. Apartemen

Saat ini, apartemen merupakan salah satu jenis properti yang paling diburu di daerah perkotaan. Properti jenis ini biasanya disewakan dalam jangka waktu tahunan atau bulanan layaknya rumah kost. Karena adanya beragam fasilitas yang memudahkan para penghuninya, apartemen memiliki nilai sewa yang jauh lebih tinggi daripada rumah kost. Fasilitas yang biasa ditawarkan di apartemen sangat beragam mulai dari tempat olahraga, kolam renang, taman, dan lain sebagainya. Keamanan dari apartemen juga tidak perlu diragukan lagi oleh penyewa apartemen.

Apartemen juga cenderung mudah dijual karena jenis properti ini biasanya dibangun di lokasi yang strategis atau dekat dengan pusat kota.

  1. Rumah Kost

Bagi Anda yang tertarik mendirikan usaha properti modal kecil, mendirikan rumah kost sebagai investasi jangka panjang adalah alternatif yang bisa Anda coba. Rumah yang Anda tempati bisa Anda renovasi dan dijadikan rumah kost agar bisa menghasilkan pundi-pundi secara berkala. Rumah kost relatif memiliki lebih banyak peminat sewa daripada apartemen. Para penghuni kost biasanya juga membutuhkan berbagai keperluan sehingga Anda dapat membuat berbagai usaha lain di sekitar rumah kost Anda seperti warung makan, konter pulsa ataupun laundry baju. Anda dapat memanfaatkan rumah kost Anda menjadi bisnis yang sangat menguntungkan dan menjanjikan.

  1. Bangunan Komersil

Jika modal awal bukan merupakan sebuah masalah bagi Anda, membuat beragam bangunan komersil seperti pertokoan, ruko, atau pusat olahraga dapat menjadi pilihan investasi properti jangka panjang yang menguntungkan.

Akan tetapi, penting untuk diingat bahwa bangunan komersil biasanya memerlukan izin khusus untuk dioperasikan atau disewakan. Untuk itu, pastikan Anda telah memahami dan mematuhi segala bentuk hukum perdata terkait bangunan yang Anda dirikan agar tidak ada persoalan hukum di kemudian hari.

Itulah 4 model investasi properti jangka panjang yang dapat menjadi pilihan terbaik untuk menanamkan modal Anda. Sebagai tambahan, berbisnis properti pada dasarnya tidak hanya mengandalkan modal semata, ada berbagai cara untuk meraih kesuksesan dalam bisnis yang satu ini, salah satunya adalah dengan menerapkan sistem property cash machine yang terbukti andal dalam mengembangkan bisnis properti dari berbagai segmen, mulai dari skala kecil hingga besar.