Mengenal Ciri Properti Syariah Tanpa Riba

0
105

Mengenal 5 Ciri Properti Syariah Tanpa Riba

Rumah merupakan salah satu kebutuhan hidup yang membutuhkan pembiayaan besar untuk memilikinya. Hal tersebut membuat kredit rumah menjamur demi memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memiliki rumah. Namun sistem kredit konvensional diduga mengandung riba yang tidak sesuai syariat. Nah, bagaimana caranya agar bisa beli rumah tanpa riba? Jawabannya adalah properti syariah, yang memastikan Anda bisa membeli rumah tanpa harus takut riba.

Tenang saja, kini telah banyak pengembang yang menjual properti syariah untuk memenuhi kebutuhan bebas riba tersebut. Berikut ciri-ciri properti syariah tanpa riba yang bisa Anda kenali.

  1. Bukan khusus untuk muslim, tapi transaksinya yang sesuai syariah

Banyak yang mengira properti syariah hanya untuk penganut agama Islam. Padahal yang dimaksud properti syariah adalah properti yang memiliki skema kepemilikan dengan cara transaksi yang sesuai syariat Islam. Bahkan kini banyak kalangan yang mulai melirik properti syariah karena berbagai keunggulan yang dimiliki dibandingkan sistem transaksi properti konvensional.

  1. Akad yang digunakan sesuai prinsip syariah

Prinsip syariah dalam penjualan properti artinya tidak ada riba dalam transaksi. Sehingga dipakailah akad jual beli yang jelas antara calon pemilik rumah sebagai pembeli dan pengembang sebagai penjual. Transaksi jual beli ini bisa dilakukan secara tunai maupun kredit. Harga dan cicilan properti telah disepakati di awal dan tidak akan berubah sampai akhir masa cicilan jika mengambil kredit.

  1. Tidak melibatkan pihak ketiga dalam pembiayaan

Untuk memenuhi akad jual beli properti sesuai syariah, harus jelas barang yang dijual milik siapa dan ada kesepakatan jual beli di awal. Maka biasanya yang disebut properti syariah adalah properti yang dijual langsung oleh pengembang kepada konsumen tanpa perantara bank atau lembaga lain. Seandainya konsumen ingin bekerja sama dengan bank dalam pembiayaan, properti tersebut harus terlebih dahulu dibeli oleh bank lalu dicicil oleh pembeli sehingga tidak ada unsur riba dalam transaksi.

  1. Bebas dari denda atau penalti

Jika ada keterlambatan atau justru ingin mempercepat pembayaran cicilan, tidak akan ada denda atau penalti yang dikenakan kepada konsumen. Dalam hal ini, diperlukan asas keterbukaan dari kedua belah pihak. Saat terjadi keterlambatan biasanya pengembang akan berdiskusi dan mencari solusi terbaik bersama-sama, entah itu dengan pengaturan ulang jadwal bayar ataupun kelonggaran pembayaran lain.

  1. Bebas dari penyitaan

Jika suatu waktu terjadi gagal bayar dalam pembayaran cicilan, tidak ada penyitaan dari properti syariah yang telah dibeli. Namun demikian tentu harus dicarikan solusinya. Konsumen bisa meminta tolong kepada pengembang untuk menjualkan rumah tersebut atau menjualnya sendiri kepada orang lain. Kemudian hasil penjualan akan dipakai untuk melunasi utang pembayaran cicilan dan sisanya akan dikembalikan.

Nah, itulah beberapa ciri properti syariah yang banyak ditawarkan saat ini. Anda bisa mencermatinya dan memilih properti yang tepat demi mewujudkan impian beli rumah tanpa riba.