Menjalankan Bisnis Usaha Kos Kosan Sederhana

0
96
Bisnis Usaha Kos kosan

Bisnis kos kosan menjadi salah satu jenis bisnis yang digandrungi oleh masyarakat masa kini karena dianggap bisa mendatangkan passive income berjumlah besar. Investasi properti yang satu ini memang cenderung mudah dipraktekkan. Terlebih jika Anda sudah punya niat yang besar untuk menjalankan usaha kos kosan sederhana.

Jika memang Anda punya uang sangat banyak, bisa saja langsung membangun kos-kosan berskala besar atau membeli kos bekas yang cukup mahal. Namun jika modal yang Anda miliki pas-pasan, Anda tetap bisa menjalankan usaha kos kosan sederhana kok. Karena jika kos kosan sederhana diurus dan dirawat dengan baik, nantinya bisa mendatangkan penghasilan yang stabil.

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis kos kosan sederhana mulai sekarang, baca artikel kami hingga selesai ya!

Tips Menjalankan Bisnis Usaha Kos Kosan Sederhana

Menjalankan usaha kos kosan sederhana tetap saja tidak bisa dilaksanakan secara sembarangan. Karena kos yang sederhana pun tetap membutuhkan cukup banyak modal nantinya. Berikut ini tips menjalankan bisnis usaha kos kosan sederhana yang bisa Anda terapkan sejak dini :

Belajar Bisnis Properti untuk pemula

1. Persiapkan modal

Hal paling penting yang harus Anda urus ketika ingin mendirikan kos kosan sederhana yaitu modal. Dana awal atau modal ini bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber. Contohnya dengan meminjam uang di bank, menggadaikan sertifikat tanah atau bangunan Anda yang lain, serta berbagai cara lainnya. Setelah itu lakukan perhitungan terkait biaya yang akan dihabiskan untuk membangun kos dengan tepat guna, dan jangan sampai perhitungannya meleset.

2. Pilih lokasi yang strategis

Selanjutnya, pilih lokasi yang strategis untuk membangun kos kosan sederhana di tempat Anda. Pastikan untuk memilih lokasi yang dekat dengan kantor, gedung pemerintah, kampus, sekolah, dan tempat publik lain yang berpotensi mendatangkan penyewa kamar nantinya. Semakin ramai lokasinya, nanti akan semakin besar pula peluang Anda mendapatkan passive income.

3. Urus persyaratan bangun kos

Untuk bisa membangun kos, Anda perlu berbagai dokumen yang harus diurus. Contohnya seperti fotokopi KTP, fotokopi bukti kepemilikan tanah / bangunan, fotokopi surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), dan lain sebagainya. Tanpa adanya dokumen-dokumen tersebut nantinya proses menjalankan bisnis kos kosan bisa terhambat.

4. Mulai proses bangun kos

Jika proses pengurusan dokumen sudah selesai, pastikan untuk memulai proses bangun kos. Anda bisa mendatangkan jasa kontraktor bangunan untuk mendirikan kos kosan. Atau jika Anda ingin biayanya lebih murah, Anda bisa bekerjasama dengan pemborong biasa. Biasanya proses pembangunan kos-kosan memakan waktu lebih dari 1 bulan, tergantung besarnya.

5. Lengkapi fasilitas kos

Setelah kos jadi, segera lengkapi fasilitas di dalam kos tersebut agar nantinya setiap kamar nyaman untuk ditempati. Biasanya properti dasar yang digunakan untuk mengisi kos kosan yaitu kasur, lemari, dan meja. Anda bisa menambahkan fasilitas lain sesuai dengan yang diinginkan.

6. Selalu jaga kebersihan kos

Kamar kos dan lingkungannya harus dijaga kebersihan dan keamanannya. Tak heran jika banyak pemilik kos yang menyewa jasa pembersih kos harian agar nantinya kos mereka selalu bersih. Jika perlu, Anda juga bisa menyewa satpam untuk mengamankan lingkungan kos dari pencuri dan penjahat.

7. Gencarkan promosi

Tips terakhir dari kami, selalu gencarkan promosi kos Anda melalui media sosial atau website. Nantinya Anda bisa bekerjasama pula dengan aplikasi pencari kost agar para perantau lebih mudah menemukan kos yang Anda sewakan.

Itulah berbagai tips menjalankan usaha kos kosan sederhana dari kami. Jika Anda ingin informasi yang lebih lengkap, Anda bisa bergabung dengan komunitas KSI. Semoga bermanfaat!