Cara Ampuh Meningkatkan Profit Bisnis Kost Anda

0
215

5 Cara Ampuh Memaksimalkan Omzet Properti Kost Anda

Menjadi pemilik properti kost memang asyik. Selain besarnya passive income yang dihasilkan, besaran biaya operasional yang relatif rendah ditambah dengan fluktuasi harga sewa yang kian menanjak menjadikan bisnis ini sebagai salah satu primadona aset investasi jangka panjang.

Bagi Anda yang sedang menggeluti bisnis properti kost, sebaiknya tidak cepat berpuas diri dengan penghasilan Anda saat ini. Pasalnya, masih banyak jalan yang bisa Anda tempuh demi menaikkan keuntungan dari model bisnis tersebut. Berikut kami ulas 5 cara yang paling ampuh untuk memaksimalkan omzet properti kost Anda setiap bulannya.

  1. Menyediakan Fasilitas Lengkap

Sumber: pinterest

Harga sewa indekos biasanya dipengaruhi oleh faktor lokasi dan fasilitas secara umum. Agar harga sewa bisa sedikit “dinaikkan”, Anda dapat memberikan fasilitas tambahan di kamar penghuni seperti ranjang, kasur, meja, dan pendingin ruangan. Jenis indekos seperti ini biasanya lebih digemari meskipun harganya sedikit mahal.

  1. Perluas Properti Kost Anda

Sumber: pinterest

Jangan menghamburkan omzet kos Anda, gunakanlah dana tersebut untuk memperluas properti yang sudah ada. Apabila tidak ada lahan kosong di sekitar kost, Anda bisa mengakali hal ini dengan membangun indekos secara bertingkat ke atas. Semakin banyak kamar tentu akan semakin bagus. Namun, pastikan bahwa tiap-tiap kamar nyaman untuk dihuni, karena hal pertama yang dicari oleh para calon penyewa biasanya adalah soal kenyamanan.

  1. Buat Usaha di Sekitar Bangunan Indekos

Sumber: pinterest

Hidup di kos tentu tidak seleluasa hidup di rumah sendiri. Ada beberapa keterbatasan yang membutuhkan bantuan dari luar, seperti memasak, mengisi air minum, atau mencuci. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk memaksimakan omzet dengan cara membuka beberapa jenis usaha di sekitar properti seperti rumah makan, depot isi ulang air minum, kios isi ulang pulsa, atau laundry.

  1. Menggunakan Meteran Listrik Prabayar

sumber: kompasinetcom/cara-jualan-pulsa-listrik

Saat ini PLN sedag gencar memasarkan meteran listrik prabayar dengan opsi pembelian pulsa elektronik. Sebagai pemilik kosan, hal ini dapat membantu Anda mengurangi biaya operasional properti setiap bulannya. Dengan sistem prabayar, para penghuni kos tidak akan boros menggunakan listrik. Selain itu, teknologi ini juga diklaim lebih aman karena memiliki risiko korsleting listrik yang lebih kecil.

  1. Sertakan Opsi Penyewaan beserta Tipe Kamar

Jangan terlalu kaku dalam menetapkan opsi penyewaan. Berilah pilihan tinggal secara bulanan atau tahunan, dengan syarat calon penghuni wajib memberikan uang muka sebelum mulai pindah. Kemudian, buatlah lebih dari satu tipe kamar di properti Anda karena kebutuhan masing-masing orang berbeda. Sebagai contoh, buatlah beberapa kamar berfasilitas standar (biasanya untuk mahasiswa), lalu buatlah kamar-kamar dengan fasilitas “ekstra” seperti pendingin ruangan dan kamar mandi pribadi (biasanya diminati karyawan/pekerja), kemudian buatlah juga kamar yang lebih luas sehingga bisa ditinggali oleh dua orang sekaligus (khusus pasutri) dengan harga sewa yang pastinya lebih mahal dari 2 tipe kamar sebelumnya. Hal ini diharapkan mampu membuat properti kost Anda tak pernah sepi penghuni.

Itulah 5 cara ampuh yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan omzet properti Anda. Terakhir, untuk bisa sukses dalam bisnis ini, Anda dapat bergabung dengan komunitas KSI (Kost Strategi Investing) agar dapat belajar langsung dari para ahli. Selamat mencoba!