fbpx
Wednesday, April 17, 2024
HomeBisnis KostPahami Untung Rugi Bisnis Kos Berikut!

Pahami Untung Rugi Bisnis Kos Berikut!

Usaha membuka kos kosan adalah salah satu peluang bisnis yang bisa dibilang menjanjikan, khususnya jika anda mempunyai properti di area atau wilayah yang potensial, seperti rumah sakit, kampus, pabrik, mall, gedung perkantoran, dll.  Semua lokasi tersebut memang menjanjikan untuk membuka usaha kos kosan, namun anda juga harus memahami untung rugi bisnis kos agar bisa meminimalisir risiko.

Keuntungan bisnis kos kosan yaitu:

Mempunyai banyak peminat

Usaha kos kosan termasuk salah satu bisnis yang high demand atau mempunyai permintaan tinggi terlebih lagi jika anda membuka kos di lokasi strategis seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Untuk para karyawan atau mahasiswa yang merantau, menyewa sebuah kamar kost menjadi pilihan terbaik dibanding harus menyewa rumah. Selain harga sewa kost lebih rumah, lokasi kost yang dekat dengan tempat kerja atau kampus juga memudahkan aktivitas bekerja maupun belajar mereka.

Capital gain yang tinggi

Nah, untuk untung rugi bisnis kos lain yang bisa anda pertinbangkan adalah capital gain yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan rumah biasa. Keuntungan modal atau capital gain adalah selisih antara harga jual tinggi dengan jumlah harga beli yang rendah. Sebuah rumah kos, jika anda menjualnya kembali maka harganya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rumah biasa.

Pengelolaan rumah kost lebih mudah

Anda harus tahu jika menjalankan usaha kos kosan bisa dikatakan mudah karena proses persiapan sampai pengelolaan rumah kost bisa dibilang mudah. Anda hanya perlu menyediakan sebuah hunian atau rumah yang dekat dengan perkantoran ataupun universitas dan mengisinya dengan beberapa perabotan esensial seperti kasur, meja, kursi, lemari dan beberapa fasilitas tambahan seperti TV, kulkas, dan AC. Dalam mengelola rumah kost, anda bisa percayakan pada seseorang namun anda tetap harus mengontrolnya.

Tantangan yang bisa menyebabkan kerugian dalam menjalankan bisnis kos kosan yaitu :

Membutuhkan modal yang besar

Saat ingin memulai bisnis kos dibutuhkan modal yang terbilang tinggi, bahkan bisa sampai miliaran rupiah. Modal tersebut nantinya anda gunakan untuk membeli rumah dan mengisinya dengan beberapa peralatan dan perlengkapan elektronik yang dibutuhkan oleh anak kost.

Kost bisa saja sepi peminat

Hal yang harus diperhatikan saat menjalankan usaha kos kosan adalah kost yang kemungkinan sepi peminat. Hal tersebut bisa saja terjadi di awal membuka usaha kos dan jika kampus ataupun perkantoran di sekitar kost tutup, ada beberapa cara yang bisa anda coba saat kost sepi pengunjung, seperti meningkatkan promosi, menurunkan harga sewa dan menambah fasilitas.

Itulah beberapa informasi terkait untung rugi bisnis kos yang bisa anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memulainya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?