Pentingnya Menjaga Keseimbangan Finansial Saat Mengambil Kredit

0
13

Tips Menjaga Keseimbangan Finansial Saat Mengambil Kredit Rumah Tanpa Riba

Kini banyak cara untuk mendapatkan kredit rumah murah tanpa riba demi memiliki hunian impian. Anda bisa memilih berbagai skema seperti melakukan KPR ke bank biasa maupun KPR syariah dari bank, cicilan tanpa bank langsung ke pengembang, atau skema pemilikan bertahap. Semua skema pembiayaan tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal yang paling penting adalah Anda harus menyesuaikan profil keuangan saat ini dengan aturan kredit yang diambil. Jangan memaksakan diri untuk mengambil cicilan yang tidak sesuai kemampuan. Saat mengambil kredit rumah murah tanpa riba, Anda tetap harus menjaga agar kondisi keuangan sehari-hari tidak terganggu. Ketahui tipsnya berikut.

Nah agar kondisi keuangan keluarga tetap aman selama mengambil kredit rumah, ada baiknya simak dahulu beberapa tips berikut.

Pilih Penyedia Kredit Tepercaya yang Memberikan Banyak Keuntungan

Jika memilih KPR syariah, coba bandingkan beberapa bank yang menawarkan produk tersebut. Cari yang memberikan kemudahan sesuai profil / kemampuan finansial Anda . Pertimbangkan pula biaya administrasi awal yang diminta. Jika memilih cicilan tanpa bank, Anda harus memastikan bahwa pengembang tersebut bisa dipercaya dan sudah berpengalaman. Lebih bagus lagi jika penyedia kredit yang dipilih memberikan banyak keuntungan seperti potongan harga untuk Anda. Jangan lupa untuk melihat track record dari pengembang tersebut untuk menghindari resiko-resiko yang tidak diinginkan.

Siapkan DP Besar Di Awal

Meski ingin segera memiliki rumah, ada baiknya Anda bersabar sedikit dan menabung lebih lama agar bisa membayar uang DP lebih besar. Dengan demikian, cicilan selanjutnya bisa lebih ringan dan tidak mengganggu keseimbangan finansial keluarga Anda. Jika Anda menyiapkan DP yang cukup banyak, maka besar cicilan Anda selanjutnya tidak akan terlalu besar sehingga Anda dapat mengatur keuangan Anda dengan lebih mudah dan baik.

Ambil Cicilan Tidak Lebih dari 30% Gaji

Rumus ini banyak disarankan oleh ahli perencanaan keuangan. Apalagi jika Anda sudah berkeluarga, keuangan harus diatur lebih hati-hati. Bagaimanapun selama mengambil kredit rumah Anda juga harus mencukupi kebutuhan primer keluarga seperti kebutuhan makan sehari-hari, membiayai anak sekolah, biaya transportasi harian, dsb. Jangan sampai cicilan kredit rumah membuat Anda menyampingkan kebutuhan pokok sehingga menimbulkan konflik dalam rumah tangga. Pastikan bahwa dana yang digunakan untuk membayar cicilan rumah memang uang sisa yang sudah dipotong dari pengeluaran rutin bulanan Anda.

Selalu Sedia Dana Darurat

Dana darurat adalah sejumlah uang yang disimpan khusus untuk keadaan darurat dan tidak boleh dipakai untuk membayar kebutuhan pokok sehari-hari. Dana ini sangat penting untuk mengantisipasi kejadian luar biasa yang bisa terjadi dalam hidup. Besarnya dana darurat disarankan minimal sejumlah tiga kali biaya kebutuhan hidup selama satu bulan. Meski berkeinginan untuk mengambil kredit rumah, jangan sampai dana darurat ini dihabiskan untuk membayar cicilan karena Anda tidak tahu kapan dana ini akan dibutuhkan.

Lakukan Penghematan Pengeluaran

Cara paling signifikan untuk tetap menjaga kestabilan keuangan tentu adalah dengan berhemat. Buat catatan keuangan bulanan dan lakukan analisis pos keuangan mana yang bisa dihemat. Tahan diri untuk tidak kalap dengan iming-iming diskon di online shop jika tidak diperlukan. Saat mendapat bonus tahunan, lebih baik alokasikan untuk membayar cicilan kredit rumah agar bisa segera lunas.

Itulah beberapa tips untuk menjaga keseimbangan finansial saat mengambil kredit rumah murah tanpa riba. Kunci keberhasilan pengaturan keuangan adalah kedisiplinan diri terhadap komitmen yang telah dibuat.