fbpx
HomePersiapan Pensiun8 Langkah Efektif Persiapan Masa Pensiun Yang Menguntungkan

8 Langkah Efektif Persiapan Masa Pensiun Yang Menguntungkan

Semua manusia pasti akan beranjak tua. Mereka yang semasa mudanya bekerja membanting tulang agar bisa bertahan hidup, akan mencapai masa pensiun. Terutama bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan juga karyawan tetap perusahaan. Dan saat masa pensiun itulah berbagai dilema mulai dirasakan.

Ya, masa pensiun memang cukup menarik bagi orang yang belum mengalami lanjut usia. Mereka memandang jika waktu-waktu pensiun adalah hal yang menyenangkan. Anda bisa melakukan berbagai hal yang disukai tanpa takut tertekan oleh waktu bekerja. Selain itu, pesangon pada masa pensiun menjadi hal yang cukup membahagiakan bagi mereka yang menerimanya.

Persiapan Masa Pensiun

Dilema Waktu Pensiun, Apa Saja Ya?

Bagi sebagian orang, masa pensiun justru adalah masa-masa yang menimbulkan dilema. Bagaimana tidak, seseorang yang biasanya aktif bekerja siang malam harus bersantai di rumah tanpa melakukan pekerjaan atau kewajiban lain. Hal ini tentu saja bisa membuat seseorang merasa jenuh, padahal harusnya mereka merasa bahagia.

Selain itu, rasa hampa dan kosong bisa memenuhi hati mereka yang memang mulai menjalani waktu awal pensiun. Adanya perasaan tersebut disebabkan mereka bingung harus menjalani kegiatan apa agar tubuh mereka tetap aktif. Belum lagi jika mereka pensiun di usia yang cukup tua dan kesehatan tubuh semakin memburuk.

Akibatnya, banyak orang mencari berbagai cara untuk mengisi waktu pensiun dengan hal-hal yang berguna. Nah bagi Anda yang dalam waktu dekat akan menjalani masa tersebut, sebaiknya sejak dini melakukan persiapan masa pensiun.

Yuk, ketahui berbagai hal yang bisa Anda lakukan untuk persiapan masa pensiun guna mempersiapkan masa rehat yang panjang dari pekerjaan.

8 Langkah Persiapan Masa Pensiun Sejak Dini

Masa pensiun yang semakin dekat bisa Anda antisipasi sejak dini agar tidak terlalu menyiksa fisik dan batin. Lakukan beberapa hal ini untuk melakukan perencanaan dan persiapan masa pensiun :

1. Mencari dan menekuni hobi

Bagi Anda yang ingin menjalani persiapan masa pensiun demi pensiun yang menyenangkan, Anda harus mencari serta menekuni hobi sejak dini. Misalnya Anda suka memancing, segera cari peralatan memancing yang lengkap sesaat sebelum menjalani masa pensiun. Sehingga nantinya ketika Anda sudah dinyatakan off dari pekerjaan, Anda bisa langsung menekuni hal tersebut.

Menekuni hobi, bagi seorang pensiunan adalah sesuatu yang bisa menyelamatkan dirinya dari kebosanan tak berujung. Hobi yaitu sesuatu yang sangat disukai seseorang, dan ketika dilakukan akan membuat orang tersebut merasa senang. Sehingga kami sarankan jika Anda tidak ingin bosan ketika sudah menginjak waktu pensiun, segeralah tekuni hobi.

Penting bagi Anda untuk bisa menemukan hobi jika Anda belum terlalu yakin terkait kesenangan apa yang benar-benar ingin Anda jalani. Usahakan hobi tersebut mengarah pada hal yang positif, serta membantu Anda menjaga kesehatan fisik serta mental nantinya. Anda bisa juga (dan malah disarankan untuk) menemukan hobi baru seiring berjalannya waktu.

Referensi hobi yang bisa Anda coba ketika waktu pensiun selain memancing adalah :

  • Berkebun dan bercocok tanam
  • Melukis
  • Menekuni dunia investasi
  • Merenovasi rumah
  • Menekuni sulam dan tenun
  • Membuat berbagai kreasi kue dan makanan
  • Menulis novel, dan lain sebagainya

Percayalah, proses menekuni hobi dari hari ke hari bisa menyelamatkan mental serta mampu meringankan tekanan batin yang dialami seseorang. Dengan dampak positif yang dipancarkan, pastinya seseorang selalu merasa senang sehingga terhindar dari berbagai penyakit akibat beban pikiran.

2. Memulai bisnis

Seseorang yang mengalami pensiun setelah masa kerja yang sangat panjang hingga puluhan tahun, terkadang masih ingin aktif mencari uang. Atau malah memang merasa memiliki kewajiban untuk terus mencari uang karena ada banyak tanggungan dalam hal ekonomi.

Nah, hal lain yang bisa Anda coba ketika menjalani masa pensiun adalah menjalani bisnis. Proses membangun bisnis memang tidak bisa dilakukan dengan cepat, untuk itu Anda harus mempersiapkannya sejak dini. Mempersiapkan bisnis sedari awal sebagai persiapan masa pensiun adalah hal yang gampang-gampang-susah.

Letak mudahnya adalah Anda telah memiliki bekal yang cukup, seperti pengalaman, relasi, hingga modal sekalipun. Namun susahnya adalah Anda akan sedikit mengalami kekurangan waktu dan tenaga, karena usia yang sudah lanjut. Akan tetapi jangan khawatir, bisnis akan sangat menyenangkan jika sudah berjalan dengan lancar.

Untuk bisa memulai bisnis, Anda memang harus jeli melihat peluang. Bagi Anda yang tidak ingin terlalu ribet, bisa mencoba bisnis kos-kosan yang bisa mendatangkan penghasilan pasif yang cukup besar. Atau jika Anda ingin melibatkan kegiatan fisik dalam proses bisnis, Anda bisa membuka franchise makanan dan minuman yang modern serta disukai kaum milenial.

Tentunya, nanti Anda bisa mencari karyawan untuk menjaga bisnis yang telah Anda buka. Sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan serta menjalankan bisnis dengan lebih ringan. Siapa tahu, takdir Anda seperti pendiri KFC yang terkenal sebagai konglomerat di usianya yang senja.

3. Menjalin hubungan sosial dengan lebih baik

Persiapan Masa Pensiun yang Menguntungkan

Status kita sebagai makhluk sosial akan terasa jika sering berkomunikasi dan menjalin hubungan baik dengan orang lain. Waktu sibuk yang tadinya digunakan untuk bekerja selama bertahun-tahun membuat diri kita sendiri tidak sempat memperhatikan circle keluarga dan pertemanan dengan lebih baik.

Satu hal yang bisa dilakukan ketika menjalani masa pensiun adalah menjalin hubungan sosial dengan lebih baik. Tentu saja hal ini bisa Anda terapkan pada circle apapun, baik keluarga, tetangga, maupun persahabatan. Anda yang tadinya tidak sempat berkunjung ke rumah sanak saudara dan rekan sebaya, sempatkan untuk melakukan hal ini ketika pensiun.

Sebagai langkah persiapan, coba untuk menyiapkan daftar para kenalan yang ingin Anda kunjungi kediamannya. Anda bisa menanyakan langsung atau mencarinya melalui media sosial. Jangan lupa juga untuk menanyakan kesediaan mereka untuk dikunjungi agar Anda tidak mengganggu kehidupan mereka pribadi. Sehingga nantinya Anda dan mereka bisa benar-benar siap untuk bertemu.

Menjalin dan menjaga hubungan sosial terutama ketika waktu pensiun dan menginjak usia lanjut adalah hal yang sangat diperlukan. Karena nantinya Anda dan mereka saling membutuhkan satu sama lain dalam berbagai kepentingan. Terlebih, nantinya mereka adalah pihak yang akan selalu ada ketika Anda merasa bosan saat menjalani pensiun.

4. Ikut kegiatan masyarakat

Kegiatan lain yang bisa digunakan untuk mengisi waktu ketika memasuki masa pensiun adalah mengikuti berbagai kegiatan masyarakat. Tidak sekedar berbasa-basi dan bersosialisasi saja, mengikuti kegiatan masyarakat akan membuat Anda semakin aktif nantinya.

Contoh dari kegiatan masyarakat yang sangat direkomendasikan untuk Anda ikuti adalah gotong royong, pengajian, atau bahkan bergabung dengan sejenis komunitas pecinta lingkungan. Nantinya, dengan aktif mengikuti berbagai kegiatan masyarakat, Anda bisa terhindar dari suasana murung karena selalu berada di dalam rumah.

Selain itu, dengan aktif mengikuti berbagai kegiatan yang ada di masyarakat, tubuh Anda terlatih untuk selalu bergerak. Di usia senja, keaktifan bergerak tubuh sangat diperlukan agar nantinya Anda bisa terhindar dari penyakit. Otot pun bisa tetap bugar dengan selalu mengikuti berbagai kegiatan yang ada di masyarakat.

Keuntungan lain dari selalu aktif pada kegiatan masyarakat memang ada sangat banyak. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Anda akan tertular energi positif dari para tetangga dan anggota komunitas
  • Anda bisa mendapatkan berbagai informasi dari orang-orang yang diajak bergaul
  • Anda bisa memperoleh insight baru dan melihat hal-hal dari sudut pandang yang baru
  • Anda bisa menjadi pribadi yang semakin energik

5. Menjaga kesehatan fisik dan mental

Manusia yang mengalami perubahan besar pada hidupnya akan merasa “aneh”, dan tak jarang ada yang mengalami beban pikiran cukup berat hingga sakit. Tak jarang ada yang sakit parah secara mental karena merasa kurang nyaman dengan kondisi barunya. Dan mental attack tersebut bisa saja menyerang seseorang yang baru mengalami pensiun.

Ketika merasa tidak nyaman dengan pensiun, yang bermasalah adalah pikiran Anda. Anda memang perlu beradaptasi dan menerima kenyataan bahwa inilah waktunya rehat dari pekerjaan berat yang selama ini menjadi kewajiban. Dan memang hal tersebut harus dipersiapkan sejak dini agar Anda tidak kaget secara psikis.

Sejak dini, sebelum Anda benar-benar masuk masa pensiun, usahakan untuk tidak memusingkan pikiran terkait hal tersebut. Persiapkan dari segi fisik dan psikis dengan cara berolahraga secara rutin. Olah fisik yang dilakukan secara berkala nantinya bisa memperbaiki kesehatan tubuh serta pikiran.

Karena pada umumnya orang yang akan mengalami pensiun memasuki usia yang termasuk renta, cukup lakukan olahraga jalan pagi dan jalan sore setiap hari. Olahraga di pagi hari sambil menghirup udara segar akan berpengaruh pada mood, yang jika dilakukan secara rutin akan membuat perubahan pada kepribadian Anda.

Selain itu jalan-jalan ketika sore hari sambil melihat-lihat lingkungan sekitar juga bisa dijadikan agenda menarik yang menyenangkan. Jangan lupa untuk mengadakan senam ringan untuk mengolah otot agar senantiasa bugar setiap akhir pekan. Dengan begitu, kesehatan Anda terjaga, dan kondisi hati akan senantiasa baik.

Jika Anda melakukan olahraga rutin sebelum pensiun, ketika masa itu tiba maka Anda akan terbiasa melakukannya. Anda tak perlu lagi merasa badmood akibat merasa seperti manusia yang tak berguna. Ingat, Anda tetaplah manusia yang memiliki keberadaan penting di dunia walau sudah waktunya rehat.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan hal lain seperti rajin beribadah dan mengikuti pengajian untuk membersihkan hati dan fokus memperbaiki diri. Dari segi psikis, berbagai kegiatan tersebut akan membantu memulihkan kondisi batin Anda. Sehingga Anda tidak perlu lagi merasa shock dan cemas menghadapi waktu rehat kerja yang panjang.

6. Menghitung biaya hidup setelah pensiun

Kondisi perekonomian seseorang sebelum dan sesudah masa pensiun memang menjadi hal menarik yang perlu dibahas. Ketika menjalani masa pensiun, seseorang memiliki pendapatan yang lebih kecil dari ketika masih bekerja. Bahkan banyak orang yang kehilangan pendapatan karena keputusan rehat kerja tersebut.

Untuk bisa melakukan persiapan masa pensiun dengan baik, Anda perlu menghitung biaya hidup Anda setelah pensiun. Karena di hari tua, Anda tidak lagi memiliki performa yang baik seperti ketika masih muda. Sehingga sebelum pensiun, Anda perlu merancang perencanaan agar nantinya ada dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup setelahnya.

Jika Anda memang benar-benar akan berhenti bekerja setelah pensiun, cobalah untuk menghitung kebutuhan hidup pribadi sejak dini. Asumsikan semua pengeluaran yang Anda lakukan setelah pensiun nantinya akan stabil dan tidak berubah. Utamakan juga untuk mencatat pengeluaran sesuai dengan skala prioritas.

Contohnya, dalam sebulan, Anda membutuhkan biaya makan sehari-hari sebesar 2 juta rupiah. Sehingga dalam 1 tahun, Anda butuh 24 juta rupiah agar bisa bertahan hidup tanpa kelaparan. Belum lagi kebutuhan pribadi lainnya, sehingga Anda harus benar-benar cermat melakukan perhitungan.

Lalu setelah dihitung, apa yang harus dilakukan? Tentu saja Anda harus mencari pemasukan untuk memenuhi kebutuhan dana tersebut. Sehingga sebenarnya Anda harus mempersiapkan financial planning ini sedari dini, jika bisa sejak masih berusia muda. Anda bisa kok, memanfaatkan jasa ahli keuangan untuk membantu Anda melakukan planning dalam hal keuangan pasca pensiun.

Tak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan tabungan dana pensiun yang disediakan oleh lembaga keuangan. Menabunglah dengan fitur tersebut, agar nantinya Anda tidak perlu susah payah lagi untuk mencari pemasukan ketika sudah memutuskan untuk pensiun.

7. Tutup semua hutang

Saran lain dari kami dalam hal keuangan yaitu cicil semua hutang yang Anda miliki sebelum masa pensiun tiba. Hampir sebagian besar manusia memiliki hutang, entah pada bank, teman, atau bahkan keluarga. Anda nantinya harus bertanggungjawab untuk menutup semua itu sebelum waktunya terlambat.

Dalam kata lain, selagi Anda masih bekerja dan mendapatkan penghasilan, utamakan hasilnya untuk menutup semua hutang yang Anda miliki. Karena jika hutang tidak segera dicicil atau dilunasi nantinya akan menjadi beban pikiran bagi seseorang. Dan hal tersebut akan membuat hati selalu terasa gundah.

Terlebih bagi Anda yang memang ingin berhenti total bekerja setelah waktunya pensiun, yang artinya tidak akan lagi mendapatkan penghasilan dari manapun. Sehingga lunasilah hutang Anda selagi bisa, sebelum Anda benar-benar kehilangan sumber penghasilan. Satu lagi, jangan coba-coba untuk menutup hutang dengan kembali mengambil hutang dari pihak lain. Putuskan lingkaran setan tersebut, atau Anda akan menderita ketika tua.

8. Manajemen aset

Hal lain yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan masa pensiun adalah dengan cara manajemen aset Anda pribadi sejak dini. Bagi Anda yang memang memiliki berbagai aset tidak tetap, pastikan untuk mengelola aset tersebut agar nantinya di hari tua bisa bermanfaat.

Terutama untuk aset tidak produktif, sebaiknya dijual saja agar nantinya bisa dijadikan sebagai tabungan serta dana darurat. Ciri dari aset tersebut adalah tidak bisa digunakan sebagai sumber penghasilan, tidak bisa mendukung kegiatan pekerjaan, atau bahkan hanya bisa diletakkan di rumah.

Ketika akan menjalani masa pensiun, hendaknya juallah berbagai aset yang tidak produktif tersebut melalui toko barang bekas atau second. Jika Anda paham cara untuk mengoperasikan aplikasi toko online, juallah aset tersebut pada toko online khusus jual beli barang bekas. Percayalah, menjual barang yang tidak produktif nantinya akan membuat rumah Anda lebih longgar dan tabungan menebal.

 

Kesimpulan Artikel Persiapan Masa Pensiun

Melakukan persiapan masa pensiun ternyata tidak mudah. Anda perlu memperhatikan segala sesuatunya sedetail mungkin, sehingga nantinya tidak merugikan diri sendiri maupun keluarga. Jika Anda adalah termasuk salah satu orang yang melakukan persiapan pensiun, gunakan berbagai saran dari kami ya. Dengan begitu, Anda bisa menjalani masa pensiun yang menyenangkan. Semoga bermanfaat!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?