Pilih Bisnis Kost Atau Rumah Kontrakan?

0
49

Mau Bisnis Kos atau Rumah Kontrakan? Ini 5 Kelebihan Bisnis Kost

Bingung untuk memilih antara usaha bisnis kost ataukah rumah kontrakan? Selain kiat sukses bisnis kost-kostan, 5 kelebihan bisnis kost ini menjawab keraguan Anda.

Barangkali saat ini Anda masih ragu untuk memulai usaha properti, antara memiliki rumah kost ataukah rumah kontrakan? Meskipun cukup banyak kiat sukses bisnis kost-kostan yang bisa Anda pelajari, tetapi belum cukup jika Anda tidak mengetahui keunggulan saat memiliki usaha rumah kost.

Memang keduanya sama-sama mempunyai prospek yang menjanjikan, karena memiliki permintaan yang tinggi. Jika demikian, daftar 5 kelebihan yang dimiliki rumah kost dibandingkan rumah kontrakan berikut bisa Anda pertimbangkan.

Capital Gain Lebih Tinggi

Berbicara tentang properti tentu tidak lepas dari kenaikan harga yang diharapkan dari properti tersebut. Capital gain rumah kost lebih tinggi jika dibandingkan rumah kontrakan. Capital gain atau keuntungan modal adalah kenaikan harga dari sebuah properti. Jadi saat Anda ingin pensiun dan menjual kembali rumah kost Anda, harganya akan jauh lebih tinggi dibandingkan jika Anda menjual rumah biasa yang tidak menghasilkan.

Capital Rate yang Lebih Tinggi

Sedangkan Capital rate atau tingkat kapitalisasi sebuah rumah kost (perbandingan antara penghasilan yang didapatkan dari properti dibandingkan dengan harga properti) bisa mencapai sebesar 5-7% dibandingkan rumah kontrakan, yang hanya sekitar 3-5%. Apalagi bila bisnis kost ini memiliki fasilitas yang memadai dan terdapat di lokasi yanb strategis dimana banyak penyewa ingin menyewa kamar kos. Tidak semua orang cocok dengan rumah kos, dimana di rumah kos fasilitas yang disediakan biasanya tidak lengkap dan sebagai penyewa harus menyediakan perabotan semuanya sendiri. Banyak penyewa yang hanya ingin sementara tinggal dan tidak mau repot, lebih memilih tinggal di kos daripada di rumah kontrakan.

Pangsa Pasar Lebih Bervariasi

Di lokasi strategis yang berdekatan dengan kampus, mal, pabrik, rumah sakit, dan perkantoran, umumnya permintaan akan rumah kost lebih tinggi. Sementara target pasar pun jauh lebih luas dan bervariasi dibandingkan rumah kontrak. Bila bisnis kost dekat dengan lokasi ramai seperti rumah sakit atau kampus, penyewa tidak hanya keluarga saja, melainkan mahasiswa, perawat, karyawan, hingga keluarga pasien. Untuk tempat-tempat strategis yang sering dikunjungi orang hanya dalam jangka waktu singkat, kamar kos menjadi tempat menginap yang lebih dicari daripada rumah kontrakan. Lebih praktis dan fasilitas lengkap membuat banyak penyewa lebih mengandrungi kos daripada rumah kontrakan.

Kontrol Perawatan Jauh Lebih Mudah

Rumah kost terutama yang lokasinya tidak berjauhan dengan rumah pemilik kost, bisa dipantau perawatannya dengan lebih mudah. Pemilik bisa datang kapan saja untuk memeriksa kondisi rumah kost. Lain halnya dengan rumah kontrakan, pemilik rumah tidak dapat datang sewaktu-waktu untuk memantau kondisi rumah. Anda juga tidak perlu menangani langsung terkait kebersihan dan keamanannya, melainkan tinggal mempekerjakan orang untuk mengurusnya. Sedangkan untuk keuangan tetap Anda pegang sendiri.

Bisa Balik Modal Lebih Cepat

Bisnis rumah kost memiliki perputaran uang yang tergolong cepat. Pasalnya jika Anda memiliki rumah kost, bisa balik modal dalam waktu yang relatif cepat. Perkiraannya dalam jangka waktu sepuluh tahun, bisa dipastikan seluruh modal yang dikeluarkan di awal akan kembali sepenuhnya dan masih ditambah dengan keuntungannya.

Nah, itulah 5 kelebihan usaha bisnis kost jika dibandingkan rumah kontrakan yang bisa Anda manfaatkan selain sekadar kiat-kiat sukses bisnis kost-kostan menjadi acuan. Semoga bermanfaat bagi para pemula di bidang sewa menyewa properti ini, ya?