Property Cash Machine Terbaik

0
32
Keuntungan bisnis Properti

Pernah tidak, Anda merasa bingung mempersiapkan masa depan terutama dalam hal keuangan? Rasanya, semua penghasilan aktif yang dimiliki saat ini bisa hilang begitu saja ketika raga tidak kuat lagi bekerja. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa mendapatkan penghasilan pasif jika sejak dini merintis bisnis

Property Cash Machine Terbaik, Ya Bisnis Kost Jawabnya!

Bisnis property cash machine atau “mesin uang properti” adalah jenis bisnis yang mampu menghasilkan penghasilan pasif. Sehingga jenis bisnis yang satu ini sangat dapat diandalkan untuk mempersiapkan keuangan agar masa depan lebih cerah. Dan salah satu jenis property cash machine yang sangat bisa diandalkan yaitu bisnis kos-kosan.

Bisnis Kos Lebih Menguntungkan dari Bisnis Properti Lain

Seperti yang kita ketahui, berbagai jenis bisnis properti bisa menghasilkan keuntungan besar dari margin antara harga beli dengan harga jual. Sehingga pelaku bisnis properti bisa mendapatkan keuntungan hanya dengan membeli properti dengan harga lebih rendah serta menjualnya dengan harga lebih tinggi.

Namun apakah sistem dalam bisnis properti hanya jual – beli properti saja? Tentu tidak. Ada sistem lain yang lebih menguntungkan dari jual beli properti, yaitu menyewakan properti. Entah menyewakan rumah, atau menyewakan kamar kost. Dan kini, bisnis kost menjadi salah satu jenis bisnis Property cash Machine yang banyak diandalkan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan penghasilan pasif.

Bisa Anda tengok di lingkungan sekitar, pasti tidak sedikit masyarakat yang mendirikan kos-kosan sebagai sumber penghasilan pasif mereka. Karena bisnis kos dianggap sangat profitable dan memiliki tingkat return keuntungan yang lumayan besar. Dengan beberapa tahun waktu sewa untuk menebus uang modal, selanjutnya keuntungan bersih-lah yang akan terus masuk ke kantong.

Bisnis kos-kosan bisa dimulai bahkan dengan hitungan modal yang tak terlalu tinggi. Anda bisa memulai dengan cara menyewakan kamar yang ada di rumah Anda, lalu mengembangkannya menjadi kos dengan kamar yang lebih banyak, dan terus menyewakannya hingga uang modal Anda kembali.

Tentu saja ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan mendirikan kos-kosan sebagai bisnis property cash machine Anda di masa depan. Berikut ini berbagai alasan mengapa kos-kosan bisa begitu menguntungkan :

  1. Penyewa berasal dari kalangan mahasiswa, pelajar, maupun karyawan, yang jumlahnya sangat banyak di lingkungan sekitar kita
  2. Harga sewa dari kamar kost lebih terjangkau dibandingkan dengan menyewa rumah kontrakan
  3. Bisa dibayar per bulan, per 6 bulan, atau per tahun sesuai dengan kebijakan pemilik kost
  4. Penyewa kost tidak perlu mengeluarkan biaya listrik dan biaya tagihan air setiap bulannya
  5. Kebutuhan pengadaan WIFI kost biasanya bisa ditanggung bersama

Dan masih ada banyak lagi alasan mengapa bisnis kost lebih menguntungkan dan banyak menarik minat penyewa untuk tinggal di dalamnya. Jadi, jika Anda ingin sukses di bidang bisnis properti, tak ada salahnya memulai bisnis yang satu ini. Pasti modal yang Anda keluarkan bisa kembali dengan waktu yang relatif cepat nantinya.

Tips Sukses Property cash machine Bisnis Kost di Era Millenial

Property cash machine

Walaupun bisnis kost sangat menjanjikan, namun tidak jarang para pebisnis kos bangkrut karena kalah saing dengan orang lain. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk menghadapi persaingan yang ketat di dunia bisnis kos era millenial?

1. Tingkatkan promosi, tak hanya secara offline maupun juga secara online

Proses promosi sangat penting bagi semua pebisnis properti di dunia. Karena properti yang mereka miliki hanya akan bisa diakses oleh calon pembeli atau penyewa jika terus menerus dipromosikan.

Jika Anda ingin membuat rumah kos Anda semakin mudah diakses oleh para calon penyewa kamar, pastikan untuk mempromosikan rumah kost tersebut. Proses promosi bisa dilakukan baik secara online maupun offline.

Proses promosi offline bisa dilakukan dengan cara membuat spanduk, poster, atau membagikan selebaran pada para penduduk sekitar. Sedangkan proses promosi secara online bisa dilakukan dengan cara :

  • Membagikan informasi kost disewakan lewat akun Facebook, Instagram, atau Whatsapp
  • Mempromosikan kost secara gratis maupun berbayar di website pribadi
  • Mencantumkan informasi lengkap kos yang disewakan pada situs promosi kost atau pesan kost online, dan lain sebagainya.

Semakin sering kost tersebut dipromosikan, semakin banyak pula calon penyewa yang mengetahui keberadaan kost Anda. Sehingga nantinya para penyewa bisa melakukan booking kamar kost tersebut secara online maupun offline sesuai kemampuan mereka.

Mempromosikan kost secara terus menerus juga bisa dijadikan sebagai sarana branding, sehingga kost Anda bisa semakin dikenal oleh masyarakat sekitar. Anggapan masyarakat sekitar juga semakin baik, sehingga nantinya  kost Anda semakin laris.

2. Selalu evaluasi harga sewa kost tiap bulannya

Berikutnya, yang perlu Anda lakukan untuk mengoptimalkan bisnis kost-kostan sebagai property cash machine yaitu dengan mengevaluasi harga sewa kost setiap bulannya. Harga sewa kamar kost memang sangat kompetitif belakangan ini.

Sehingga para pemilik kost harus mengadakan perhitungan yang cermat agar tidak kalah saing dengan kost “sebelah”. Tentunya perhitungan harga tersebut tidak bisa dilakukan sembarangan.

Karena harga sewa kost kumulatif harus bisa mencukupi biaya operasional kost tersebut setiap harinya. Contohnya, biaya sewa kost kumulatif dari rumah kost 10 pintu harus bisa mencukupi biaya operasional yang mencakup :

  • Biaya listrik bulanan
  • Biaya tagihan air PDAM
  • Anggaran biaya perbaikan kost yang rusak, dan lain sebagainya

Namun perhitungan harga tersebut juga sebaiknya jangan terlalu tinggi karena ingin mengejar untung banyak. Karena harga yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan banyak penyewa kost yang akhirnya memilih pindah.

Usahakan untuk menetapkan harga sesuai dengan kemampuan membayar sewa masyarakat di sekitar. Sehingga harganya juga tidak terlalu berjarak dengan harga sewa kost milik orang lain di sekitar lingkungan Anda.

3. Bekerjasama dengan agen properti atau agen kos

Tips terakhir yang bisa kami berikan yaitu senantiasa bekerjasamalah dengan agen properti atau agen kost. Karena tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mempromosikan kost mereka secara optimal.

Sehingga satu-satunya cara yang bisa dilakukan agar rumah kost tersebut bisa menjadi property cash machine yang menguntungkan yaitu dengan bekerjasama melalui agen properti.

Agen properti maupun agen kost bisa membantu Anda memasarkan kamar kost dengan strategi yang lebih baik. Tentu saja ada biaya tersendiri yang harus dikeluarkan jika Anda ingin bekerjasama dengan pihak mereka.

Sebenarnya Anda bisa juga menyewa jasa perorangan untuk “membawa” penyewa kamar untuk menghuni kamar kost Anda. Namun seringkali jasa agen kost perorangan tersebut kinerjanya kurang baik dibandingkan dengan agen properti resmi.

Dengan melakukan ketiga langkah tersebut, nantinya bisnis kost Anda bisa bersaing dengan bisnis milik orang lain. Sehingga bisnis kost milik Anda bisa menjadi property cash machine yang menguntungkan di era sekarang. Semoga bermanfaat!