Menyulap Rumah Pribadi Menjadi Property Cash Machine

0
36
Property Cash Machine

Bisnis properti menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan. Sebab properti sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi manusia. Belum lagi harga jual properti yang terus menerus meningkat seiring berjalannya waktu.

Tak heran bila waktu ke waktu bisnis properti terus menerus semakin ramai peminat. Banyak orang membutuhkan properti dan tentu ini bisa menjadi peluang yang sangat bagus untuk Anda tekuni.

Namun bisnis properti dikenal dengan bisnis yang identik dengan modal yang sangat besar. Harga properti tidak bisa dibilang murah dan tidak bisa dijalankan hanya dengan modal kecil.

Apakah Anda juga beranggapan begitu? Jika Anda beranggapan demikian Anda tidak salah, namun tidak juga sepenuhnya benar. Karena sebenarnya Ada banyak bisnis properti yang bisa dijalankan hanya dengan modal kecil.

Jika Anda hendak menjalankan bisnis properti, bukan berarti Anda harus membangun atau bahkan membelinya terlebih dahulu, lalu menjualnya kepada orang lain. Ada cara yang lebih simpel dan praktis untuk menjalankan bisnis properti ini. Jadi untuk Anda yang tidak punya banyak modal bisa terjun bisnis di bidang ini dan jangan berkecil hati.

Karena bisnis properti tidak hanya sebatas jual tanah, bangun, dan jual hunian saja. Masih ada cara lain untuk bisa menjalankan bisnis di bidang ini tanpa harus mengeluarkan modal besar.

Anda juga bisa memulai bisnis properti dengan modal kecil dengan menyulap rumah pribadi anda menjadi property cash machine yang tentunya bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Anda bisa memanfaatkan rumah pribadi Anda untuk mendapat penghasilan tambahan, dan bukan tidak mungkin bisnis ini menjadi investasi jangka panjang bagi Anda. Dengan bisnis ini pula Anda bisa menyisihkan keuntungannya untuk membayar pajak, tagihan perawatan bulanan, hingga cicilan (ika rumah belum lunas).

Property Cash Machine

Ide bisnis apa saja yang bisa menyulap rumah pribadi menjadi property cash machine?

Simak penjelasan berikut ini.

  1. Sewakan ruangan yang jarang dipakai

Jika Anda memiliki rumah dengan banyak kamar atau ruangan yang sudah jarang atau bahkan tidak lagi dipakai, maka sebaiknya Anda mulai menyewakannya. Anda bisa menjadikan sebagian ruangan di rumah Anda menjadi kost.

Anda bisa menyewakannya dengan jangka waktu panjang, maupun pendek. Dengan begitu ruangan yang jarang dipakai bisa membantu Anda mendapatkan penghasilan tambahan atau menjadi Property Cash Machine.

Anda bias mulai dengan membersihkan dan merapihkan ruang tersebut, membuatnya menjadi ruangan yang layak untuk disewakan.

Setelah itu Anda bisa mulai mempromosikan ruang kosong tadi, salah satu cara mempromosikannya bisa menggunakan website atau aplikasi pencari kost seperti papikost.

  1. Sewakan seluruh rumah

Jika sewaktu-waktu Anda harus pindah tugas selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun lamanya, atau Anda ingin tinggal di daerah dengan suasana berbeda. Inilah saat yang tepat untuk menjalankan bisnis penyewaan rumah.

Apalagi jika lokasi rumah berdekatan dengan kampus atau perkantoran, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menemukan penyewa. Lebih menarik lagi jika Anda tinggal di dekat lokasi wisata, tentu Anda bisa menyulapnya menjadi vila musiman disaat musim libur tiba.

Lagi-lagi yang perlu Anda lakukan hanya mulai merapihkan rumah Anda sehingga menjadi rumah yang layak untuk disewakan. Mungkin Anda juga perlu melakukan pengecatan dibeberapa tempat yang warnanya mulai pudar. Sehingga bisa meningkatkan nilai sewa nya.

Setelah rumah dinyatakan siap, selanjutnya promosikan rumah Anda menggunakan media online seperti olx dan media online lainnya.

  1. Tambahkan ruangan untuk di sewakan

Nah, jika poin pertama Anda bisa memanfaatkan ruangan yang sudah jarang dipakai lagi. Di poin ini, jika Anda memiliki rumah tinggal dengan halaman yang cukup luas, Anda bisa mulai menambahkan ruangan untuk di sewakan dengan membangun rumah petak atau kios kecil.

Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan lahan kosong untuk mendapat penghasilan tambahan.

Hanya saja untuk melakukan ini Anda membutuhkan sedikit tambahan modal untuk pembangunan dan tentu butuh waktu untuk mempersiapkannya.

  1. Menyewakan lahan kosong untuk event

Hampir sama dengan poin sebelumnya dimana Anda bisa memanfaatkan lahan kosong di halaman rumah. Poin ini juga bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan hal tersebut. Bedanya, Anda tidak perlu membangun atau menambah jumlah ruangan untuk di sewakan.

Anda bisa menyewakan halaman rumah Anda yang cukup luas untuk sebuah event tertentu. Seperti konser music atau festival. Anda juga bisa mendapat keuntungan dengan memperindah halaman Anda yang luas dengan membuat labirin dari rumput, lokasi outbond, atau tembat belajar bertani hingga memanah.

Dengan begitu, halaman rumah Anda bisa lebih menarik calon penyewa. Belum lagi dengan maraknya tren outdoor wedding dan garden party yang meningkatkan peluang keuntungan yang lumayan.

Hal ini mungkin dilakukan jika Anda memiliki halaman rumah yang cukup luas.

  1. Tidak Punya Lahan atau Ruang Kosong, jangan Khawatir

Jika Anda tetap ingin memulai bisnis properti dan menjadikan properti sebagai lahan penghasilan atau property cash machine. Anda bisa mulai dengan menjadi agen perumahan.

Membuat website atau membangun media pemasaran online perumahan, kemudian bergabung menjadi tim penjualan secara freelance. Dengan begitu Anda akan mendapatkan fee dari setiap penjualan yang terjadi.

Atau Anda juga bisa membuat website tentang penyewaan properti, caranya Anda bisa mulai dari mencari rumah-rumah yang ingin diseawakan disekitar Anda, kemudian menawarkan bantuan untuk memasarkannya di media online.

Untuk ini ada dua system yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan penghasilan, pertama system fee yang akan diberikan setiap kali ada penyewa datang dari Anda atau pilihan ke-dua system biaya iklan yang mereka bayarkan untuk setiap iklan yang Anda promosikan di media online yang Anda miliki.

Property Cash Machine 2

Nah, menarik bukan? Menyulap rumah pribadi menjadi property cash machine milik Anda sendiri ternyata memang tidak mustahil dilakukan. Untuk melakukan hal diatas tadi, ada dua hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulainya.

Pertama, asuransi dan masalah hukum. Pastikan Anda mengasuransikan rumah pribadi Anda dan menjalankan bisnis ini sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kedua, pastikan Anda tidak menjalankan bisnis ini di luar kemampuan. Karena yang namanya bisnis tentu tidak akan mudah untuk dijalankan karena setiap bisnis memiliki masalah dan kesulitan yang harus dihadapi.

Saran kami jika memang Anda tertarik menekuni dunia properti dan ingin menjadikan properti Anda sebagai mesin penghasil uang atau property cash machine Anda bisa lebih dulu ikut seminar properti dan mempelajari semuanya disana.

Salah satu seminar properti yang bisa Anda ikuti –> Seminar Properti

Jika Anda tertarik memulai bisnis properti seperti ini tapi Anda tidak bisa menyewakan rumah pribadi, Anda bisa memulainya dengan menjadi agen perumahan, membuat website dan membantu memasarkan rumah sewa milik keluarga, atau orang-orang di sekitar tempat Anda seperti yang kami sebutkan pada poin ke- 5.

Nah, itulah cara atau langkah yang bisa Anda lakukan untuk menyulap rumah pribadi menjadi property cash machine Anda sendiri dengan modal yang relatif kecil. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan hingga investasi jangka panjang.

Property Cash Machine