Property Kost vs Apartemen ?

0
134

Investasi Properti Kost vs Investasi Apartemen; Mana yang Lebih Menguntungkan?

Bisnis investasi properti adalah salah satu model bisnis yang paling aman dijalankan. Rasio keuntungan yang tinggi serta risiko kerugian yang kecil menjadikan model bisnis ini tak akan lekang dimakan zaman.

Seiring perkembangannya, bisnis investasi properti semakin kaya akan jenis produk, jika dahulu tanah dan rumah adalah dua primadona produk di jenis bisnis ini, kini sudah ada banyak sekali bentuk lain yang dijual di pasaran seperti apartemen, kos-kosan, gedung perkantoran, hingga ruko.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai dua model bisnis investasi properti hunian yang marak dicari, yaitu apartemen dan rumah. Mana dari dua jenis bisnis properti tersebut yang paling menguntungkan?

Keunggulan Investasi Properti Kost

Kedua jenis properti tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Investasi dalam bentuk rumah atau properti kost memiliki keunggulan seperti:

  1. Peminatnya Lebih Banyak

Properti rumah memiliki peminat yang sangat besar dan stabil dari waktu ke waktu. Karena itu jenis properti ini dapat dengan mudah diperjual-belikan kapan saja. Tak hanya untuk dijual, rumah juga dapat dikontrakan atau diubah menjadi usaha kos-kosan yang menguntungkan.

  1. Bisa diperluas/dikembangkan

Rumah dapat terus dibangun sesuai dengan lahan yang tersedia. Oleh karena itu pembangunan properti yang satu ini dapat dicicil dalam kurun waktu tertentu apabila Anda memiliki kesulitan mendapatkan modal.

  1. Kepemilikan Lahan yang Jelas

Memiliki properti rumah sama dengan memiliki hak atas tanahnya juga. Dengan kata lain, Anda juga memiliki lahan yang legal dan dapat dibuktikan melalui sertifikat dari badan hukum resmi.

Keunggulan Investasi Properti Apartemen

Itulah beberapa keunggulan berinvestasi di properti rumah. Adapun keunggulan investasi properti apartemen adalah:

  1. Bisa Disewakan dengan Harga Tinggi

Meskipun peminatnya tak sebanyak rumah, apartemen biasanya memiliki harga sewa yang lebih mahal karena letaknya yang strategis. Selain itu risiko kerusakan bangunannya kecil karena berada dalam satu kompleks terpadu.

  1. Fasilitas yang Lengkap

Fasilitas yang ditawarkan adalah salah satu faktor yang memengaruhi harga jual properti yang satu ini. Semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan, maka akan semakin tinggi fluktuasi harga jualnya dari tahun ke tahun.

  1. Pemeliharaan Properti yang Lebih Mudah

Pihak pengembang apartemen biasanya sudah memberikan fasilitas pemeliharaan dan pengelolaan gedung yang mencakup berbagai aspek termasuk membersihkan lingkungan, menjaga keamanan, serta memberikan berbagai layanan seperti jasa laundry dan isi ulang air minum. Semua fasilitas tersebut bisa menjadi nilai plus yang turut berpengaruh pada nilai jual properti secara umum.

Nah, dari keunggulan-keunggulan tersebut dapat dilihat bahwa sebenarnya kedua jenis properti ini memiliki kelebihannya masing-masing. Tetapi Jika Anda menginginkan investasi properti yang aman dalam jangka panjang, bisnis investasi rumah memang lebih menguntungkan daripada apartemen karena memiliki peminat yang lebih banyak dan harga jual yang lebih stabil.