Bingung Kelola Rumah Warisan Untuk Bisnis Kost Saja

0
199

Ada banyak alasan orang enggan menjual rumah warisan.

Selain ada banyak kenangan yang tersimpan, hasil penjualan yang akan mereka dapatkan nantinya juga menjadi pertimbangan.

Jika rumah warisan dijual, maka ahli waris hanya mendapatkan hasilnya dalam satu waktu dan rumah itu akan berada di tangan orang lain.

Selain itu, jika harus tinggal dalam satu atap dengan banyak ahli waris, itu juga terasa memberatkan.

Nah, daripada bingung memikirkan rumah warisan, lebih baik rumah tersebut dijadikan bisnis kost saja.

Selain rumah masih menjadi hak milik, akan ada pendapatan tambahan yang masuk ke rekening para ahli waris setiap bulannya. Lebih untung, bukan?

KENAPA DIJADIKAN BISNIS KOST?

Ada banyak alasan kenapa rumah warisan lebih baik dijadikan rumah kost. Di antaranya:

  1. Menghasilkan passive income yang besar

Menjadikan rumah warisan sebagai lading bisnis tentu tidak memerlukan modal besar—hanya biaya renovasi saja. Selanjutnya, rumah tersebut bisa menghasilkan passive income yang besar, terlebih jika lokasinya strategis dekat area perkantoran atau kampus. Ciptakan suasana yang nyaman dan tawarkan fasilitas yang memadai agar banyak orang yang tertarik untuk menyewanya.  Semakin banyak penyewa, maka akan semakin banyak pundi-pundi uang yang masuk ke dalam rekening.

  1. Bisnis yang bisa diwariskan ke generasi penerus dan hasilnya dibagi secara merata

Dibandingkan usaha lain, Rumah kost merupakan bisnis yang mudah dikembangkan dan tahan lebih lama. Bahkan, kelak usaha ini bisa diturunkan ke anak cucu. Hasilnya pun lebih mudah dibagi dibanding jika masih dalam bentuk rumah utuh sebagai warisan.

  1. Kost tidak akan pernah kekurangan pelanggan

Di mana pun lokasinya, selama dekat dengan area perkantoran ataupun instansi pendidikan, maka bisa dijamin kost tidak akan pernah sepi pelanggan. Orang-orang akan datang dan pergi dengan sendirinya.

Terlebih, jika lokasinya berada di kota-kota besar yang banyak pendatang, seperti Kota Yogyakarta yang tiap tahun kedatangan seribu lebih mahasiswa dari luar kota. Dengan pengelolaan yang baik, bisnis kost di kota ini tidak akan mati dan penghasilan dari rumah warisan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

  1. Balik modalnya lebih cepat dari usaha lain

Dalam jangka waktu kurang lebih dua tahun, biasanya modal pembuatan/renovasi kost sudah ada di tangan dan bisa dipakai untuk pengembangan bisnis lain. Jadi, bisa dikatakan bisnis kost yang menggiurkan ini tidak akan membuat pemiliknya rugi.

Untuk meningkatkan pengelolaan rumah kost dan membuat omzetnya terus meningkat, ada baiknya jika Anda memperluas koneksi dan bergabung dengan komunitas pebisnis kost, seperti misalnya KSI (Kost Strategi Investing) Community. Tidak hanya bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman, Anda juga bisa bertemu dengan banyak investor yang barangkali bisa ikut membantu mengembangkan ivestasi properti kost Anda.

Jadi, bagaimana? Tertarik untuk menjadikan rumah warisan Anda menjadi bisnis kost?