fbpx
HomeBisnis PropertiStrategi Investasi Properti di Saat Pandemi

Strategi Investasi Properti di Saat Pandemi

Saat pandemi COVID19, banyak sektor perekonomian jeblok. Salah satunya yang terpaksa mampet di tengah jalan yaitu sektor bisnis properti. Akhirnya, para investor properti tidak bisa mendapatkan keuntungan seperti yang telah mereka targetkan jauh hari.

Strategi Investasi Properti di Saat Pandemi

Bagi Anda yang berbisnis properti, kami akan membahas strategi investasi properti di saat pandemi pada artikel ini.

Karena bagaimanapun juga sebuah sektor bisnis akan bertahan hanya jika para pelakunya menerapkan strategi bisnis investasi yang baik dan benar. Sehingga ketika terjadi krisis ekonomi akibat pandemi seperti sekarang ini, pebisnis investasi properti tidak ikut gulung tikar.

Prospek Bisnis Properti Dulunya Dianggap Sangat Cerah

Bisnis properti dianggap sebagai salah satu sektor bisnis yang paling profitable. Sudah bertahun-tahun jenis bisnis ini dianggap bergengsi, tak heran jika kaum millenial banyak yang ingin menggelutinya. Hal ini dikarenakan bisnis properti memiliki valuasi yang sangat tinggi dan berpotensi selalu mengalami peningkatan nilai dari waktu ke waktu.

Jenis-jenis objek bisnis properti yang seringkali diperjualbelikan yaitu rumah dan tanah. Selain itu, apartemen, ruka, unit kios, dan jenis properti lain juga sering dipindahtangankan agar pemilik properti mendapatkan capital gain yang cukup besar. Ada pula jenis properti yang khusus disewakan dengan sistem pembayaran bulanan maupun tahunan.

Pelaku bisnis properti memulai langkah mereka untuk menjadi pemilik properti dengan cara menjadi agen properti terlebih dahulu. Setelah itu, keuntungan yang didapatkan dengan menjadi seorang agen properti ditabung lalu dirubah menjadi properti miliknya sendiri.

Ada juga yang mulai terjun ke bisnis sektor properti dengan cara meminjam dana dari bank atau menggadaikan aset lancar miliknya. Jika sudah demikian, pemilik properti harus mencicil pinjaman yang telah didapatkan agar jaminan yang telah diberikan pada lembaga keuangan tidak ludes disita.

Dengan prospeknya yang sangat cerah, bisnis properti mampu menarik banyak sekali peminat. Ada banyak sekali lembaga kursus yang mengajarkan ilmu investasi properti secara offline maupun online dibuka untuk seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Namun kini, di tengah pandemi para pebisnis investasi properti seakan ditimpa kemalangan yang tak terhindarkan.

Ada banyak sekali para pebisnis investasi properti yang akhirnya gulung tikar karena kondisi perekonomiannya merosot. Harga rumah dan tanah juga jatuh akhir-akhir ini. Jika Anda adalah pebisnis investasi properti yang kurang menguasai strategi investasi dalam bisnis properti di saat pandemi, bisa saja bisnis Anda bangkrut.

Pentingnya Strategi Investasi Properti di Saat Pandemi

Strategi investasi properti di saat pandemi perlu sekali dipelajari agar nantinya pebisnis tidak mudah menyerah ketika dilanda krisis. Perlu kita ketahui, masa pandemi adalah waktu yang sangat tidak baik untuk melanjutkan bisnis properti dengan nilai atau valuasi yang besar.

Jika Anda tidak paham dengan strategi bisnis properti saat pandemi, Anda bisa saja kehilangan properti Anda dengan nilai yang sedikit. Berbeda jika Anda paham dengan taktik strategi investasi di saat pandemi. Nantinya Anda bisa mempertahankan properti Anda hingga kondisi perekonomian pulih, dan menjual properti dengan harga yang lebih tinggi.

Berikut ini berbagai strategi investasi properti di saat pandemi yang perlu Anda tahu :

1. Lakukan evaluasi keuangan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengevaluasi keuangan. Pastikan untuk meminimalisir pengeluaran yang tidak diperlukan serta memperbesar sumber penghasilan. Selain itu, kurangi belanja sehari-hari yang kurang diperlukan, lalu alihkan dana tersebut untuk membeli properti dengan harga yang cukup rendah.

Di masa pandemi, harga properti seperti rumah dan tanah cenderung menurun (walaupun lokasi atau prospeknya bagus). Jika Anda memiliki modal yang cukup, belilah properti di tempat atau lokasi terbaik di daerah yang Anda inginkan. Pastikan properti tersebut bisa menghasilkan keuntungan yang besar jika harga properti sudah mulai normal.

2. Pilih properti yang bisa disewakan

Pada dasarnya, investasi properti adalah jenis bisnis yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya produksi. Dengan kata lain, Anda hanya perlu membeli properti yang bisa disewakan dengan biaya sewa bulanan atau tahunan. Contohnya yaitu properti kost atau rumah kontrakan.

Properti yang bisa disewakan pasti memiliki yield yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan capital gain. Yield adalah istilah untuk nilai sewa properti per tahun, sedangkan capital gain adalah selisih dari harga beli dengan harga jual properti yang Anda miliki.

Jika dilogika, pada masa pandemi orang akan memilih untuk menyewa properti dengan harga rendah dibandingkan dengan membeli yang baru. Selain itu, properti yang disewakan biasanya memiliki harga sewa lebih terjangkau dibandingkan dengan harga beli properti yang umumnya mencapai ratusan juta rupiah.

3. Investasi pada properti yang menguntungkan

Berikutnya, strategi investasi properti di saat pandemi berikutnya yaitu investasikan uang pada properti yang menguntungkan. Saran ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin berinvestasi melalui platform investasi properti khusus seperti melalui instrumen saham.

Pastikan untuk menelisik lebih dalam properti yang ingin Anda investasikan. Apakah citra dari developer properti tersebut bagus? Apakah properti yang ingin Anda beli sahamnya benar-benar menguntungkan di masa depan? Dan lain sebagainya.

Berinvestasi pada properti dengan nilai yang tidak seberapa pada platform investasi khusus akan membantu Anda mengembangkan modal untuk memiliki properti sendiri. Selain itu, menginvestasikan uang pada bisnis properti yang dilakukan pihak lain akan menghindarkan Anda dari kerugian finansial karena ketidakmampuan melakukan manajemen properti sendiri.

4. Kelola manajemen properti dengan sistem autopilot

Yang terakhir, kami sarankan bagi Anda yang berbisnis properti untuk mengelola properti dengan sistem autopilot. Sistem yang satu ini sangat memudahkan pemilik properti nantinya. Autopilot dapat diartikan sebagai pengaturan otomatis, sehingga manajemen properti bisa dilakukan secara otomatis dan minim kesalahan hitung.

Sekarang ini ada banyak sekali penyedia properti sewaan yang telah menerapkan sistem autopilot. Dan kebanyakan yang memiliki properti kost-lah yang menjalankan sistem bisnis otomatis yang tidak perlu rutin dicek ini. Anda bisa berkonsultasi dengan pakar investasi properti untuk menjalankan bisnis dengan sistem autopilot.

Strategi Investasi properti Dengan KSI

Workshop Bisnis Properti Terbaik bersama Yukbisniskost

Jika Anda benar-benar awam dengan dunia investasi properti, segeralah untuk bergabung dengan kursus properti seperti yang diadakan oleh KSI dari Yukbisniskost. Kami menyediakan KSI sebagai wadah atau komunitas belajar properti yang akan sangat menguntungkan para pebisnis investor properti.

Bagi Anda yang ingin belajar properti dari awal, pastikan untuk bergabung bersama dengan komunitas pebisnis kost serta properti KSI. Anda bisa bergabung dengan para pakar investasi properti serta para investor properti dari berbagai wilayah di Indonesia.

Selain memperkaya channel dan relasi, Anda bisa mendapatkan banyak sekali ilmu baru yang akan bermanfaat di masa depan. Kami menawarkan proses belajar yang menarik dan intensif agar Anda semakin siap untuk menjalani bisnis investasi properti yang bisa stabil bahkan di saat pandemi. Selain itu, Anda juga bisa belajar strategi investasi properti di saat pandemi jika bergabung dengan KSI loh!

 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?