fbpx
HomeBisnis PropertiStrategi Investasi Properti yang Benar

Strategi Investasi Properti yang Benar

Apakah Anda sedang atau ingin investasi properti? Sudah tahu bagaimana cara strategi investasi properti yang baik dan benar?

Jika belum, sebaiknya tahan dulu niat Anda. Baca ulasan ini dengan seksama! Karena artikel ini akan membahas tentang strategi investasi properti yang baik serta bisa menghasilkan berlipat-lipat.

Strategi Investasi Properti yang Benar

Strategi investasi properti yang benar

unsplash

Strategi Investasi Properti yang Benar

Investasi properti memang masih menjadi salah satu investasi yang cukup menjanjikan. Hal ini, terbukti dengan semakin banyaknya para investor yang berbondong-bondong menginvestasikan uangnya ke bisnis properti, demi menyelamatkan harta dari gerusan inflasi.

Dengan memilih investasi properti, tentunya Anda akan jauh lebih mudah bisa mendapatkan uang tanpa harus bersusah payah bekerja. Mengingat keuntungan yang bisa didapat sangat menggiurkan berbagai kalangan termasuk para investor.

Kendatipun demikian, berinvestasi dalam bisnis properti, tentulah tidak mudah sebagaimana yang Anda lihat. Sebab, tak sedikit dari kalangan para pebisnis properti yang hancur dan gulung tikar karena salah dalam mengatur strategi.

Karena pada dasarnya kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis properti sangat bergantung pada strategi yang Anda pakai. Baik mulain dari perencanaan, pemilihan lokasi, maupun yang lainnya harus benar-benar jeli dan teliti.

Oleh karenanya, pada kesempatan yang baik ini kami akan mencoba mengulas beberapa strategi investasi properti yang berpotensi menghasilkan keuntungan besar. Namun, sebelum membahas investasi lebih jauh, kita mulai pembahasan ini dengan memahami apa itu investasi properti. Mari kita bahas lebih lanjut di bawah ini!

1. Pengertian Investasi Properti

Investasi properti merupakan jenis investasi yang berkenaan dengan kepemilikan, pembelian, pengolaan, penjualan real estat, penyewaan, atau profit. Di mana investasi properti ini dapat dimiliki oleh investor, baik perorangan, maupun kelompok.

Sementara Investasi properti yang direnovasi kemudian dijual demi mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang relatif cepat, itu merupakan investasi jangka pendek.

Oleh karenanya, dalam menentukan jenis investasi Anda bisa memilih sendiri. Apakah mau terjun di dunia investasi properti jangka panjang atau lebih memilih jangka pendek Dan dari keduanya, pastinya ada kelebihan serta kekurangannya sendiri-sendiri. Pastikan Anda memilih jenis investasi sesuai dengan keadaan serta kebutuhan Anda.

2. Apa Alasan yang mengharuskan Investasi Properti?

Alasan menjadi salah satu faktor penting untuk Anda ketahui dalam investasi properti. Jangan sampai Anda melakukan hal demikian karena semata ikut-ikutan tanpa arah tujuan yang benar.

Namun, dengan investasi properti setidaknya Anda dapat menikmati Return of Investment. Supaya lebih jelas dan meyakinkan dalam investasi yang Anda lakukan, cukuplah dengan empat alasan ini mengapa Anda harus investasi di bidang properti. Berikut penjelasannya:

a. Nilai Properti Cenderung Stabil

Investasi di bidang properti Anda memiliki kendali sepenuhnya. Hal ini berbeda dengan resiko investasi di pasar saham yang banyak faktor resiko di dalamnya. Di mana kerugian bisa Anda tekan dengan menunggu waktu yang pas dan tepat. Anda bisa melihat pergerakkan harga pasar, jika harga pasar cenderung tinggi, di situlah kesempatan bisa diambil alih.

Apalagi dengan memiliki keunggulan produk yang begitu konkret dan nyata. Anda bisa memanfaatkannya untuk menambah pundi-pundi keuntungan yang bisa dihasilkan darinya. Dengan demikian keberhasilan dalam investasi properti ada di depan mata.

b. Nilai Real Estat Selalu Meningkat

Nilai real estat seperti tanah serta bangunan lainnya, biasanya kiah berjalannya waktu harganya pun kian meningkat. Hal ini jauh berbeda dengan nilai investasi di sektor jenis lainnya yang dapat merugikan para investor.

c. Nilai Properti Investasi Cenderung Naik

sebagaimana yang sempat kami singgung di atas. Nilai properti investasi naik dengan seiring berjalannya waktu. Bahkan yang lebih kerennya lagi adalah ketika nilai properti mulai terjadi penurunan atau bahkan anjlok sekalipun.

Anda tetap bisa mengantisivasinya dengan menahannya terlebih dahulu. Kemudia jika sudah kembali normal dan mulai pulih kembali dari gelembung ekonomi baru Anda keluarkan.

d. Mendiversifikasi Portofolio

Diversifikasi merupakan bagian dari salah satu strategi yang bisa meningkatkan jumlah keuntungan serta mengurangi resiko kerugian. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan profitabilitas dari suatu perusahaan. Oleh karenanya, diversifikasi menjadi perkara yang sangat penting dalam investasi.

Dengan mengetahui keempat alasan itu, setidaknya bisa menambah motivasi dan keyakinan dalam diri Anda kenapa harus melakukan investasi properti.

3. Bagaimana Strategi Investasi Dengan Properti yang Cerdas dan Benar?

Strategi investasi properti

unsplash

Ada banyak strategi yang sering diterapkan, namun cukuplah dengan lima hal ini sudah menjadi lentera yang bisa menyinari ditengah kegelapan. Berikut di bawah ini beberapa strategi yang bisa Anda coba dalam berinvestasi di bidang properti.

a. Cari Developer Yang Baik

Mencari pengembang atau developer yang baik dan terpercaya adalah suatu keharusan bagi Anda. Developer yang sudah memiliki jam terbang tinggi, berpengalaman, memiliki SDM berkualitas dan profersional, akan memberikan peluang jauh lebih besar terhadap properti yang hendak dibuka.

b. Perhatikan Lokasi Properti

Lokasi menjadi aktor yang penting dalam bisnis properti. Bangunan rumah yang ditempati oleh para end user akan jauh lebih efektif, ketimbang yang lain. Karena mereka biasanya akan tinggal lama dan bahkan mengajak teman atau keluarga untuk membeli rumah di lokasi yang sama. Dengan demikian tentu saja hal ini bisa menjadi keutungan sendiri bagi Anda. Sebab mereka ikut serta membantu mempromosikan bisnis Anda.

c. Miliki Aset Properti Tidak di Satu Tempat

Memiliki aset properti akan jauh lebih menguntungkan manakala Anda berinvestasi melebihi di satu tempat. Supaya potensi keuntungan yang bisa Anda peroleh bisa berlipat ganda.  Dan inilah yang menjadi strategi pendamping, yang dapat melakukan diversifikasi investasi pada aset yang dimiliki. Sehingga jika terjadi sesuatu atau hal-hal yang tidak diinginkan pada properti yang satu, Anda masih memiliki lainnya yang bisa menghasilkan keuntungan.

d. Cermati Harga Properti

Menjalani bisnis properti tidak lain hanyalah bertujuan agar mendapatkan keuntungan. Maka dari itu, bagaimanapun juga Anda harus tetap memperhitungkan harga. Jangan sampai Anda terkecoh oleh tawaran-tawaran yang menjanjikan. Tawarkan harga juga harus masuk akal, seiring terus memerhatikan perkembangan harga di pasaran.

Di mana bentuk dan kualitas bangunan yang bagus dengan fasilitas yang lengkap, pasti akan dihargai dengan harga yang sedikit mahal. Pun demikian jika dibandingkan dengan bangunan alakadarnya, tentunya akan jauh lebih murah ketimbang hunian yang memiliki fasilitas lengkap dan mewah.

e. Keterjangkauan Investasi

Investasi properti bukanlah suatu perkara ecek-ecek yang hanya memerlukan modal sedikit. Hal ini disebabkan karena harga properti ditetapkan berdasarkan sifat-sifat pasar lokal serta melihat kondisi tren yang ada.

Nah, disinilah diperlukannya kejelian dan kecermatan Anda. Di mana dalam pembelian properti ini akan melibatkan berbagai pihak yang bisa mencover dulu biaya pembelian properti tersebut. Dekan kata lain keterjangkauan investasi patut Anda perhitungkan.

4. Apa Saja Bentuk Investasi Properti?

Berbicara bentuk investasi properti, tentunya di era modern saat ini sangan bervariasi. Ada banyak macam bentuk yang bisa Anda lakukan, di antaranya adalah investasi properti sewa, bisnis flip properti, investasi properti online, dan lain-lain. Yang jelas bagaimanapun bentuk penyalurannnya, pastikanlah strategi investasi properti yang Anda pakai sudah tepat dan benar.

Yuk Berbisnis Properti Kos Agar Untung Banyak!

Berbicara masalah realisasi bisnis investasi properti, salah satu yang paling bisa menimbulkan benefit dalam jangka panjang yaitu properti kos. Hunian sementar berbentuk kos memang begitu dicari oleh para perantau untuk disewa kamarnya. Anda yang pernah menjadi perantau pasti sangat paham betapa pentingnya homestay dengan bentuk kos-kosan untuk tempat tinggal sementara.

Nah, belakangan ini ramai diperbincangkan apakah bisnis kos-kosan masih “hidup” walau diserang pandemi? Apakah bisnis tersebut juga bisa bertahan walau pemerintah mengomandokan lockdown beberapa kali? Jawabannya: Ya, bisnis kos-kosan akan masih berjaya hingga kapanpun itu.

Baik kos-kosan yang terletak di dekat kampus, tempat wisata publik, hingga di dekat pusat kota pun akan tetap ramai klien nantinya. Hanya saja proses promosinya harus dirubah menjadi lebih modern. Bisnis kos-kosan pun juga tidak perlu dilakukan dengan membangun kos sejak awal.

Anda yang ingin berbisnis kos bisa juga memulainya dengan membeli kos secondhand atau kos bekas dengan kondisi yang masih bagus. Nantinya kost tersebut harus Anda rawat, agar nantinya bisa dijual lagi dengan harga lebih mahal. Jenis investasi yang satu ini diklaim sebagai investasi yang paling stabil karena mencakup berbagai komponen bisnis sekaligus.

Komponen bisnis yang diperjualbelikan dalam investasi properti kos diantaranya adalah :

  • Tanah tempat kos berdiri
  • Bangunan kos yang sudah jadi
  • Properti yang mengisi tiap kamar kos

Dengan banyaknya hal yang bisa diperjualbelikan dalam suatu properti kos, tak heran jika bangunan kos tersebut diberi harga sangat mahal jika sudah di-keep bertahun-tahun lamanya. Anda pun juga bisa menjual kos Anda dengan harga sangat mahal jika ingin untung berbisnis investasi properti kos.

Tips Agar Rumah Kos Mengalami Peningkatan Value

Investasi properti kos adalah jenis bisnis yang membeli barang + nilai atau value barang tersebut di masa depan. Tidak hanya cukup dilakukan dengan membeli barang berupa tanah + gedungnya saja, nilai atau value kos di masa depan pun juga ikut diperjualbelikan. Itulah mengapa rumah kos biasanya dipatok harga milyaran, terutama rumah kos yang terawat dan punya fasilitas lengkap.

Tentu saja Anda sendiri bisa menyulap kos milik Anda agar nantinya bisa memiliki nilai valuasi yang sangat besar. Berikut ini tips nya :

1. Selalu rawat bangunan kos

Rumah kos dengan penampilan yang rapi, cat gedung tidak luntur, sistem pengaliran air tidak tersumbat, dan bagian dalam kamar kos yang bagus pasti lebih diminati oleh klien. Mereka tertarik menyewa kamar pada sebuah rumah kos yang terawat dengan baik. Sehingga kos yang dilakukan perawatan rutin punya nilai valuasi besar dan bisa dijual sangat mahal nantinya.

2. Lakukan perbaikan

Sebuah bangunan kos bisa mengalami kerusakan baik pada bagian eksternal maupun internal (dalam kamar kos). Agar kos tersebut memiliki nilai yang tinggi, selalu lakukan perbaikan sesegera mungkin jika terjadi kerusakan pada kamar kos Anda. Dengan begitu nantinya kos akan senantiasa terlihat memiliki kondisi yang bagus.

Selain itu, citra kos juga sangat menentukan value dari kos itu sendiri. Mungkin para pembaca bisa mengerti alasan mengapa kos yang “bebas” atau bekas tempat kriminal akan mengalami penurunan value, bukan? Nah, sepenting itulah citra kos terhadap nilai properti ketika dijual nantinya.

Sehingga dengan menjaga citra kos, nantinya properti Anda bisa mengalami peningkatan harga dari waktu ke waktu.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam strategi investasi properti. Jika ingin tahu lebih dalam dan lebih pasti. Anda bisa join bersama kami di grup KSI. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi tim kami.

Terimakasih.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?