Daftar Surat Izin Usaha Kos Kosan Yang Harus Disediakan Kostpreneur

0
39
persiapan masa pensiun

Bisnis kos-kosan yang belakangan ini sangat ngetren di kalangan masyarakat Indonesia memang sangat disarankan bagi Anda. Bisnis ini bisa membantu Anda memperoleh keuntungan selama hidup dengan cara mendapatkan pasif income. Namun begitu, salah satu hal yang cukup sulit dilakukan ketika membangun bisnis ini adalah mengurus surat izin usaha kos kosan.

Mengapa Bisnis Kos Butuh Surat Izin Cukup Banyak?

Bisnis kos-kosan yang sangat menarik memang tidak mudah dikembangkan begitu saja. Butuh effort yang ekstra besar untuk bisa mendirikan kos-kosan yang aman dan mampu mendatangkan keuntungan cukup besar. Salah satu hal yang harus dibereskan sesegera mungkin sebelum mendirikan kos kosan yaitu surat izin usaha kos kosan.

Mengapa sih bisnis kos butuh surat izin cukup banyak?

Berikut ini berbagai alasannya :

  1. Meminta ijin mendirikan bangunan yang berpotensi mendatangkan gangguan bagi masyarakat
  2. Melindungi pemilik kos dari sanksi pemerintah atas pengebangan bisnis ilegal
  3. Menjamin keamanan masyarakat sekitar atas bisnis yang didirikan
  4. Memberikan identitas yang jelas terhadap pemilik bangunan kos yang disewakan

Dengan berbagai alasan tersebut, wajar saja jika pemilik kos harus sesegera mungkin mengurus surat izin usaha kos kosan sebelum mendirikan bangunan kos. Lalu apa saja surat izin usaha kos kosan yang perlu disiapkan oleh Kostpreneur?

Jenis-Jenis Surat Izin Usaha Kos Kosan

surat izin usaha kos kosan

Untuk bisa mengembangkan bisnis kos-kosan dari nol atau dengan cara membeli kos bekas, pada umumnya Anda harus melampirkan berbagai surat izin usaha kos kosan pada pihak pemerintah di lingkungan sekitar. Berikut ini berbagai jenis surat izin usaha kos kosan yang diatur dalam SIPP Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara :

1. Permohonan tertulis bermaterai Rp 6.000

Permohonan tertulis berisi terkait permohonan pembangunan bangunan kos yang ditulis atau diketik langsung oleh pemilik kos. Format permohonan izin mendirikan kos-kosan ini bisa diambil dari internet. Setelah itu permohonan ditandatangani pemilik kos diatas materai sebesar Rp 6.000.

2. Fotocopy KTP pemohon

Fotocopy KTP pemohon bisa dilakukan di tempat fotocopy terdekat Anda. Tidak ada ketentuan khusus terkait fotocopy KTP, akan tetapi lebih baik Anda lakukan fotocopy lebih dari 1 lembar agar bisa digunakan dalam keadaan darurat.

3. Fotocopy bukti kepemilikan tanah / bangunan

Ketentuan surat izin usaha kos kosan lain yaitu fotocopy bukti kepemilikan tanah atau bangunan. Surat izin yang satu ini dilampirkan agar jelas jika bangunan atau tanah tersebut sudah sepenuhnya milik Anda sebelum dibangun menjadi kos kosan. Anda juga bisa melampirkan perjanjian lain jika tanah dan bangunan bukan milik Anda namun akan dibangun kos.

4. Denah kamar kos

Denah kamar kos juga wajib diserahkan pada pemerintah setempat sebagai salah satu syarat izin usaha kos. Denah kos hendaknya dilengkapi dengan keterangan tertentu. Contohnya seperti adanya keterangan terkait fasilitas yang diadakan pada kos serta perhitungan tarif bulanan dari kos yang disewakan.

5. Fotocopy surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Surat Izin Mendirikan Bangunan juga perlu dilampirkan bagi pemilik kos yang ingin membangun kos sejak awal. Selain itu, bagi pemilik kos yang membeli kos bekas, surat ini bisa diambil dari dokumen yang Anda dapatkan dari pemilik bangunan sebelumnya.

6. Fotocopy bukti pelunasan Pajak Bumi Bangunan pada tahun terakhir

Selanjutnya, fotocopy bukti pelunasan pajak bumi dan bangunan atau PBB juga perlu dilampirkan oleh pihak calon pemilik kos-kosan. Fotocopy dokumen yang satu ini menunjukkan kepatuhan Anda ketika membayar pajak bumi dan bangunan.

7. Pas Foto 3 x 4 cm (2 lembar)

Selanjutnya, ada pas foto 3 x 4 sebanyak 2 lembar yang perlu dilampirkan dalam surat izin usaha kos kosan Anda. Ketika menyerahkan pas foto, usahakan Anda menggunakan gaya resmi serta pakaian yang rapi.

Itulah berbagai jenis surat izin usaha kos kosan yang harus Anda sediakan sebelum mengembangkan bisnis kos-kosan. Semoga bermanfaat!