fbpx
HomeProperti KostTingkat Okupansi Rendah? Mungkin Ini Alasannya!

Tingkat Okupansi Rendah? Mungkin Ini Alasannya!

Tingkat Okupansi Kost Rendah? Mungkin Ini 5 Penyebabnya

Bisnis kost memang menjanjikan pendapatan yang stabil dan bahkan cenderung meningkat setiap tahunnya. Tinggi-rendahnya keuntungan yang bisa diraup dari bisnis kost sangat bergantung pada faktor lokasi, fasilitas, harga, dan promosi. Jika rumah kost berada di lingkungan pendidikan maupun industri, permintaan kost bisa jadi akan selalu meningkat dan tidak pernah sepi.

Meski demikian, bisnis kost tetap tidak kebal dari risiko kerugian. Kesuksesan bisnis kost ditentukan oleh kemampuan manajemen serta strategi pemasaran yang tepat sasaran. Nah, sebelum terlambat, ada baiknya Anda mempelajari faktor-faktor yang sering membuat tingkat okupansi rumah kost menurun, seperti:

  1. Pengelolaan kost yang kurang baik

Bisnis apapun tidak akan berjalan mulus tanpa manajemen yang baik. Dalam bisnis kost, manajemen menjadi ujung tombak penilaian penghuni terhadap kualitas rumah kost Anda. Anda perlu memastikan bahwa segala kebutuhan hunian seperti perabotan, listrik, air, dapur, perbaikan fasilitas, hingga keamanan dapat disediakan dan mampu memenuhi kebutuhan penguhuni kost.

Aspek-aspek manajemen tersebut tentu tidak dapat Anda tangani sendiri. Jika Anda takut mengorbankan kualitas hunian karena manajemen yang kurang baik, Anda dapat memanfaatkan jasa manajemen rumah kost yang saat ini banyak disediakan agen pengelola aset. Seperti CBD Manajemen yang merupakan jasa profesional yang mengurus mengenai segala hal tentang manajemen properti kost, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi dan hanya tinggal menerima profit.

  1. Desain bangunan yang tidak ergonomis

Hunian yang ideal adalah yang mampu menciptakan rasa nyaman dan aman bagi penghuninya. Bangunan kost juga wajib menghadirkan nuansa rumah di kamar yang biasanya hanya memiliki luas 3×3 tersebut. Beberapa kriteria rumah kos ideal meliputi: adanya fasilitas sanitasi sehat yang memiliki ventilasi, ruang tamu, garasi, dapur, hingga fasilitas kamar tambahan seperti penyejuk ruangan, lemari, tempat tidur, dan meja. Pastikan bahwa desain bangunan kost sudah sesuai. Jika Anda bingung, Anda dapat berkonsultasi pada ahlinya agar mendapatkan desain rumah kost yang nyaman dengan budget yang sesuai. Salah satu jasa desain interior yang handal dan terpercaya adalah Cherry Home Design yang memiliki komitmen untuk memberikan desain sesuai keinginan dan anggaran Anda.

  1. Listrik dan air sering mengalami gangguann

Listrik dan air merupakan dua elemen penting yang wajib dijaga kualitasnya di setiap hunian. Jika listrik dan air sering mati, para penghuni kost sudah tentu akan melayangkan keluh-kesah mereka. Bukan tidak mungkin jika klaim buruk mengenai layanan kost tersebut akan tersebar luas dan menurunkan minat calon penghuni untuk menetap di kost Anda.

  1. Lingkungan sekitar terlalu bising atau kurang aman

Rumah kost biasanya lebih sering menjadi tempat beristirahat bagi para karyawan. Sebagai tempat istirahat, faktor kenyamanan dan keamanan tentu menjadi yang paling utama. Lingkungan rumah yang terlalu riuh dengan aktivitas warga sekitar bisa menjadi gangguan bagi penghuni kost, yang pada akhirnya membuat mereka tidak bersedia memperpanjang masa kontrak kost.

  1. Pelayanan yang lambat dan tidak responsif

Penghuni kost tentu sering meminta bantuan pengelola untuk memperbaiki fasilitas yang rusak. Sebelum diminta, ada baiknya pengelola kost lebih tanggap untuk memeriksa fasilitas kost untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. Jangan sampai penghuni kost kesal karena dibuat menunggu terlalu lama hanya untuk memperbaiki keran atau pintu lemari yang rusak.

Pengelolaan rumah kost memegang peran penting dalam menentukan keberhasilan bisnis Anda. Tentunya, Anda memerlukan strategi khusus untuk menciptakan sistem operasional rumah kost yang mampu memenuhi kebutuhan penghuni. Oleh karenanya, jangan pernah bosan untuk terus belajar dan bertukar pikiran dengan sesama pebisnis, baik dengan mengikuti workshop atau bergabung dengan komunitas pebisnis kost. Makin banyak relasi, makin besar pula peluang bisnis yang dapat Anda ciptakan. Bergabunglah dengan komunitas pebisnis kost Indonesia seperti KSI Commmunity untuk menambah relasi dan dapat saling belajar satu sama lainnya.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?