Tips Aman KPR Rumah Tanpa Bank

0
21

Tips Aman Beli Rumah KPR Tanpa Bank

Jika ingin membeli rumah dengan KPR tanpa bank, simak tips aman berikut ini!

Ada banyak cara pembayaran yang bisa Anda pilih untuk membeli rumah mulai dari tunai, tunai bertahap (installement) dan dengan cicilan. Untuk pilihan secara kredit, banyak orang memilih menggunakan sistem KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah dengan menggunakan bank. Sayangnya, bunga yang tinggi membuat banyak orang enggan melakukan KPR di bank dan lebih memilih menggunakan KPR tanpa bank.

Lantas, apakah Anda bisa membeli rumah KPR tanpa bank? Jawabannya, tentu saja bisa. Dalam sistem pembiayaan KPR, bank biasanya berfungsi sebagai pihak ketiga. Di sini, bank berada di posisi sebagai penjamin yang memberikan uang kepada pengembang untuk membayar rumah yang Anda beli. Sebagai pembeli, Anda nantinya diminta mencicil kepada bank dengan bunga tertentu. Begitulah singkat cerita sistem kerja jika KPR dengan menggunakan Bank.

Dengan KPR tanpa bank, posisi bank dihilangkan dan diganti langsung dengan pengembang. Artinya, Anda melakukan cicilan langsung kepada developer yang dikenal dengan istilah kredit in house. Apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan KPR tanpa bank ini?

  • Down Payment

Pengembang biasanya tidak menetapkan angka tertentu sebagai dana perantara. Tapi sebagai tanda keseriusan Anda untuk membeli rumah, ada booking fee yang harus dibayarkan. Agar mengikat Anda yang ingin benar-benar membeli rumah, maka biasanya, pengembang akan meminta booking fee atau down payment untuk tanda keseriusan pembeli. Siapkan uang DP yang cukup untuk membeli rumah yang Anda inginkan.

  • Tanpa Bunga

Tidak seperti produk KPR atau KPA yang dikenai bunga oleh bank, kredit in house tidak mengenakan bunga apapun. Pada dasarnya, pengembang adalah lembaga non bank jadi tidak diperkenankan memungut bunga. Sehingga dalam hal ini, jika melakukan kredit in-house maka tidak dikenakan bunga apapun. Namun setiap kasus dapat berbeda-beda sehingga Anda perlu melihat dan memahami informasi yang diberikan dari pengembang dengan baik.

  • Memperpendek Proses

Mencicil langsung kepada pengembang akan membuat proses kerja menjadi lebih ringkas. Jika bank biasa menjadi pihak ketiga, dengan kredit in house ini Anda hanya akan terlibat langsung dengan pengembang. Dengan begitu prosesnya tidak akan rumit dan memakan banyak waktu.

  • Hemat Biaya dan Durasi Cicilan Bisa Dinegosiasikan

Menggunakan jasa bank untuk KPR mengharuskan Anda membayar biaya provisi, survei, appraisal dan lain-lain. Dengan datang langsung ke pengembang, Anda bisa memangkas semua pengeluaran tersebut. Selain itu, berhubungan langsung dengan pengembang memberikan Anda kesempatan menegosiasikan kembali lama waktu cicilan yang Anda kehendaki.

Tips Membeli Rumah KPR Aman Tanpa Bank

Karena prosesnya sedikit berbeda dan Anda mungkin merasa asing, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Pastikan Komunikasi dengan Pengembang Terjalin dengan Baik

Komunikasikan semua kesepakatan yang Anda buat dengan pengembang, terutama mengenai sistem pembayara, durasi cicilan hingga kapan serah terima akan dilakukan. Cantumkan semua poin itu dalam Perjanjian Jual Beli (PJB) dari notaris.

  • Bayarkan Booking Fee Anda Segera

Setelah menyepakati harga dan perjanjian, segera bayarkan booking fee yang diminta pengembang. Ini untuk menunjukkan keseriusan Anda untuk membeli hunian yang mereka tawarkan. Jumlah besarannya terkadang juga bisa Anda negosiasikan terlebih dahulu.

  • Pilih Pengembang dengan Kredibilitas Baik

Membeli rumah adalah sebuah keputusan besar. Jangan sampai Anda salah atau asal pilih pengembang. Carilah nama yang sudah terpercaya dengan riwayat penjualan yang bagus.

Dengan mengetahui kelebihan serta langkah aman di atas, Anda bisa menemukan rumah idaman Anda dan membelinya dengan KPR tanpa bank.