fbpx
Wednesday, October 5, 2022
HomeBisnis KostTips Bisnis Kos Kosan Lengkap, Mudah dan Menguntungkan Bagi Pemula

Tips Bisnis Kos Kosan Lengkap, Mudah dan Menguntungkan Bagi Pemula

Tips Bisnis Kos Kosan Lengkap, Mudah dan Menguntungkan Bagi Pemula

Mengingat dalam membangun bisnis butuh perencanaan matang, maka kali ini akan kami bagikan informasi tentang tips bisnis kos kosan bagi anda yang ingin memiliki passive income. Bisnis rumah kost menjadi salah satu bisnis properti yang bisa menjadi pilihan investasi jangka panjang yang cukup stabil dengan nominal besar.

Hal itu karena peluangnya yang cukup besar terutama di kota-kota besar yang makin banyak pendatang atau perantau baik untuk bekerja atau menjalani pendidikan. Sehingga tentu saja permintaan tempat tinggal atau hunian juga akan meningkat. Apakah anda tertarik untuk mencobanya? Simak pembahasan keuntungan dan cara memulai bisnis properti kos kosan berikut ini.

Tips Memulai Bisnis Kos Kosan Bagi Pemula

  1. Lakukan Riset Pasar yang Tepat

Sebelum benar-benar mulai ke dunia bisnis properti, riset pasar adalah hal yang sangat penting untuk dilakuakn. Tentukan target yang tepat untuk pengguna kos anda nantinya, apakah mahasiswa atau karyawan, kos untu putri atau putra, dan lainnya.

  1. Pilih Lokasi dan Bangunan yang Tepat

Setelah riset pasar, tentukan bangunan yang tepat untuk menjadi kos-kosan. Kriteria bangunan yang cocok dijadikan kos adalah berada di lokasi strategis dekat dengan keramaian dan fasilitas publik. Akan lebih baik juga, jika lokasinya dekat dengan perkantoran atau kampus, dijamin akan banyak yang peminatnya. Bangunan kos juga harus tepat guna, jumlah kamar memadai dengan kondisi yang baik.

  1. Pilih Konsep Kos yang Unik

Cara bisnis kos kosan berikutnya adalah memberikan konsep-konsep unik dan berbeda pada kos anda. Hal ini bisa menambah daya tarik calon penghuni, anda bisa Misalnya nuansa kamar minimalis dengan konsep industrial kini banyak diminati karena dianggap estetik. Bisa juga menambahkan ruangan seperti working space. Tentunya anda juga mengeluarkan biaya lebih besar untuk menambah poin satu ini.

  1. Perhatikan Kebersihan dan Kenyamanan

Anda juga perlu memperhatikan dari sisi kebersihan dan perawatan bangunan kos baik lingkungan sekitar atau interior bangunan. Sebagian besar calon penghuni pasti pertama kali akan melihat kebersihan rumah kos. Tentunya mereka akan lebih menyukai rumah kos yang bersih, terlihat nyaman, dan tidak kumuh. Adanya fasilitas kebersihan biasanya juga akan menarik minat para calon penghuni karena kebersihan kos bisa lebih terjamin.

  1. Berikan Fasilitas yang Layak

Pertimbangkan juga untuk fasilitas-fasilitas kos yang akan anda berikan dengan harga yang ditawarkan, seperti kamar mandi, dapur, tempat parkir, laundry, wifi, lemari, meja belajar, dan sebagainya. Fasilitas yang memadai dan menarik pasti akan mendatangkan banyak calon penghuni.

  1. Harga Sewa Kompetitif

Setelah semua hal teknis sudah dipenuhi, anda bisa tetapkan harga sewa. Jangan asal mematok harga sewa! Anda perlu riset harga kompetitor di sekitar daerah lokasi kos anda. Jika anda memiliki fasilitas yang lebih lengkap dari kompetitor, anda bisa berikan harga lebih tinggi, tetapi tetap disesuaikan dengan harga pasaran di lokasi tersebut.

  1. Promosikan Kos Kosan Anda di Media Sosial

Tips bisnis kos kosan yang terakhir adalah mempromosikan kos kosan anda, apalagi jika baru mulai dibuka. Di era digital ini, anda bisa memanfaatkan media online karena kebanyakan seseorang ketika ingin mencari sesuatu pasti akan browsing terlebih dahulu. Anda bisa mulai dengan membuat iklan di media sosial atau brosur di tempat-tempat makan. Anda bisa memberikan diskon untuk penghuni pertama untuk menarik minat para calon penghuni.

Keuntungan Bisnis Kos Kosan

Peluangnya yang besar membuat makin banyaknya orang yang mulai usaha kos kosan. Mereka sadar karena banyaknya keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis ini, diantaranya:

  1. Jumlah Peminatnya Tinggi

Tidak bisa dipungkiri, di kota besar apalagi kota pendidikan atau pusat bisnis pasti ada tambahan jumlah perantau yang datang untuk menimba ilmu atau mencari pekerjaan setiap tahunnya. Misalnya, mahasiswa baru yang akan melanjutkan pendidikan di kota lain atau fresh graduate yang memulai karir di kota lain.

Sebagian besar lebih memilih bayar sebuah kos daripada mengontrak rumah dengan sewa lebih tinggi yang harus dibayar dimuka tentunya akan memberatkan. Kebanyakan kos bisa dibayar bulanan sehingga bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Tingginya peminat ini menjadikan kos kosan lebih cepat terisi. Itulah keuntungan jika anda memiliki bisnis kost, anda bisa mendapatkan pendapatan tanpa mengganggu pekerjaan utama anda.

  1. Kenaikan Harga Tinggi

Bisnis kos memiliki capital gain atau kenaikan harga lebih tinggi daripada rumah. Kenaikan harga ini diperoleh dalam jangka waktu panjang minimal satu tahun. Namun tentunya kenaikan ini tergantung dari lokasi dan fasilitas penunjang.

  1. Capital Rate yang Cukup Menarik

Umumnya usaha kost memiliki capital rate lebih tinggi sekitar 5-7%. Nilai ini lebih tinggi daripada bisnis sewa rumah atau tanah. Sama dengan capital gain, nilai capital rate juga dipengaruhi dan didukung oleh fasilitas penunjang yang sesuai.

Kekurangan Bisnis Kos Kosan

Setiap bisnis pasti akan memiliki kekurangan, termasuk bisnis kos kosan. Selain memiliki banyak keuntungan, menjalankan bisnis ini juga ada beberapa kekurangannya, seperti:

  1. Manajemen yang Baik

Menjadi pemilik kos, anda harus mempertimbangkan setiap kepentingan dan kebutuhan penghuni. Anda harus punya skill cara mengelola kos kosan yang cukup untuk menjalankannya. Misalnya anda harus bisa memutarkan modal yang anda miliki untuk membangun atau membeli rumah kost dan mengisinya sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan.

  1. Adanya Resiko Telat Bayar Sewa

Tidak jarang, biasanya ada beberapa penghuni kos yang telat membayar sewa karena misalnya masalah ekonomi orang tua. Anda mungkin bisa memberikan toleransi, namun tetap harus dipertimbangkan karena akan berdampak pada terlambatnya perputaran uang.

  1. Kenakalan Penghuni Kos

Kekurangan lainnya yang mungkin terjadi adalah terkadang ada penghuni kos yang susah diatur. Kenakalan mereka itu bisa membuat keributan dengan sesame penghuni kos, membawa teman lawan jenis masuk kamar, atau merusak fasilitas kos. Oleh karena itu, anda perlu menegaskan peraturan-peraturan kos yang jelas dan diketahui semua penghuni kos.

  1. Adanya Resiko Sepi Penghuni

Ketika baru memulai membangun atau menyewakan rumah kost akan terdapat resiko sepi penghuni, apalagi jika tidak dipertimbangkan lokasi dan fasilitas yang anda sediakan. Namun terkadang walau sudah di lokasi strategis, tetap ada kemungkinan kos anda tidak banyak peminatnya.

Apakah Anda Tertarik Memulai Bisnis Kos Kosan?

Setelah mengetahui keuntungan dan kerugiannya mungkin bisa anda pertimbangkan untuk memulai bisnis rumah kost. Perlu anda ketahui, membangun bisnis kos bisa dilakukan siapa saja, tidak harus punya modal besar atau punya tanah luas. Anda bisa investasi di bisnis franchise kost. Anda tidak perlu repot membangun kos dari awal hingga ke pengelolaan dan pemasaran karena menggunakan sistem autopilot. Bisnis ini bisa menjadi investasi untuk jangka panjang sebagai jaminan di hari tua tanpa mengganggu pekerjaan atau bisnis utama anda.

Demikian tips bisnis kos kosan yang bisa kami bagikan. Semoga informasi ini bisa memberikan pengetahuan dan inspirasi baru untuk anda.

Jika anda tertarik untuk membangun bisnis properti kost, anda bisa belajar dan mengikuti KSI Community, dimana anda akan belajar 2 hari di kelas seminar dan 1 hari praktik beli properti kost langsung di lapangan serta mengunjungi properti kost milik mentor kami.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?