fbpx
HomeBisnis KostTips Desain Kamar Kost dengan Dapur

Tips Desain Kamar Kost dengan Dapur

Sebuah kamar kost pada umumnya hanya dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Akan tetapi ada juga yang dilengkapi dengan dapur, sehingga penyewa bisa masak di dapur mini dalam kos mereka masing-masing. Tentu saja hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik kos, karena mereka diharapkan bisa menerapkan tips desain kamar untuk kost dengan dapur yang menarik, nyaman, dan rapi.

Dapur mini yang ada di kamar kost yang disewakan pada umumnya sangat dibutuhkan untuk kegiatan memasak. Penyewa kost akan bisa menghemat pengeluaran bulanan mereka jika bisa masak di dapur mereka sendiri. Selain itu, dapur mini juga memudahkan penyewa kos memasak kapanpun mereka inginkan, baik ketika larut malam sekalipun tanpa keluar kamar.

Tips Desain Kamar Kost dengan Dapur bagi Pemilik Kost

Adanya dapur dalam sebuah kost memang sangat memudahkan para penyewa untuk melakukan kegiatan memasak. Dapur dalam sebuah kost biasanya berisi peralatan masak serta makan. Namun begitu, perlu desain khusus agar kegiatan memasak dalam kamar kost tidak mengganggu kehidupan para penyewa kamar lain.

Berikut ini berbagai tips desain kamar untuk kost dengan dapur mini yang sangat disarankan bagi para pemilik kost :

1. Tempatkan meja khusus untuk dapur

Dapur adalah tempat memasak yang butuh meja kokoh di dalamnya untuk menopang berbagai jenis peralatan memasak. Oleh karena itu, pemilik kost dihimbau untuk menempatkan meja khusus untuk memasak agar kegiatan memasak bisa dilakukan dengan lebih mudah.

2. Berikan akses ventilasi

Berikutnya, berikan akses ventilasi untuk dapur sehingga asap yang dihasilkan ketika proses memasak bisa lebih cepat menghilang. Jika asap ada di dalam kamar tanpa bisa keluar dengan mudah, nantinya kamar akan cepat berbau pengap dan mengganggu kesehatan pernafasan penyewa kost.

3. Berikan sekat antara kamar tidur dan dapur

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan yaitu memberikan sekat antara kamar tidur dengan dapur. Sekat tersebut akan meminimalisir masuknya asap serta bau-bauan hasil masakan ke kamar tidur utama. Sehingga nantinya kamar yang disewa tidak mudah berbau pengap.

4. Pastikan instalasi di dapur sangat aman

Penyewa kost yang menyewa kamar kost dengan dapur pasti akan membawa kompor dan alat masak lain untuk menjalankan kegiatan memasak. Pastikan untuk membuat denah kamar yang benar-benar aman untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. Selain itu, pastikan untuk meminimalisir kontak listrik yang ada di dapur untuk menghindari konslet.

5. Siapkan tempat untuk mencuci alat masak

Kebanyakan pemilik kost dengan dapur memberikan fasilitas cuci alat masak dan makan di setiap kamar yang disewakan. Namun ada juga yang memberikan fasilitas cuci piring umum di bagian luar kamar kost, sehingga bisa digunakan oleh semua penyewa. Akan tetapi kamar kost dengan tempat cuci peralatan pribadi akan lebih nyaman untuk para penyewa, karena kegiatan mencuci piring dan alat masak lebih praktis dan mudah.

6. Tempatkan rak mini di kamar kost

Tips selanjutnya dari kami, tempatkan rak mini untuk menyimpan peralatan masak dan makan untuk tiap kamar yang disewakan. Sebenarnya peralatan masak dan makan bisa disimpan di atas meja dapur begitu saja. Akan tetapi penempatan rak mini (terutama rak dinding melayang) akan memudahkan penataan ruang dapur agar lebih praktis dan rapi.

Tips Desain Kamar kost dengan dapur

Bisnis Kamar Kost

Itulah beberapa tips desain kamar untuk kost dengan dapur yang menarik dan rapi untuk kaum millennial. Pastikan untuk mendesain kamar kost dengan dapur sesuai dengan saran yang telah kami berikan ya. Karena nantinya penyewa kost akan lebih mudah ketika akan memasak makanan mereka sehari-hari. Semoga bermanfaat!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?