Tips Design Kamar Kost Minimalis yang Sangat Fungsional Untuk Penyewa

0
29
Tips design kamar kost minimalis

 

Sebuah unit kost dengan beberapa pintu pasti menjadi sarana berbisnis yang menguntungkan. Bisnis kost  ini menjadi salah satu sumber penghasilan pasif yang bisa dimanfaatkan oleh Gen-Z untuk memperkuat kondisi keuangan mereka. Sebuah kost dengan tampilan yang minimalis pasti lebih nyaman untuk penyewa. Sehingga bagi pebisnis kos perlu penerapan tips design kamar kos minimalis seperti pada artikel ini.

Tips Design Kamar Kost Minimalis yang Sangat Fungsional Untuk Penyewa

Desain kamar kos pada bagian dalam maupun luarnya perlu dirancang seminimalis mungkin agar tidak membatasi gerak dari penyewa kos tersebut. Sehingga bagi Anda yang ingin berbisnis kost sejak dini, sangat disarankan untuk menggunakan tips design kamar kost minimalis yang akan membuat nyaman penyewa. Seperti apa sajakah desain kos minimalis yang dimaksud?

Kamar Kos Harus Didesain Dengan Seminimalis Mungkin

Kamar kos adalah unit yang disewakan pada para penyewa dengan biaya sewa bulanan maupun tahunan sesuai dengan kesepakatan. Unit kamar kos biasanya disewakan untuk 1 orang per kamar atau maksimal 3 orang, atau sesuai dengan luas kamar kos yang disewakan.

Untuk itu kamar kos hendaknya didesain dengan seminimalis mungkin agar nantinya membuat nyaman para penyewa. Desain kamar kos yang standar biasanya berupa sebuah kamar dengan adanya tempat tidur serta unit penyimpanan barang di dalamnya. Selain itu, ada pula hiasan dinding serta unit peralatan lain yang diadakan untuk setiap kos.

Inilah pentingnya mendesain kamar kos dengan desain yang seminimal mungkin, karena Anda harus menyamaratakan desain kamar yang satu dengan yang lain. Jika salah satu kamar kos Anda istimewakan, nantinya bisa menimbulkan suasana lingkungan kos yang tak nyaman karena ketidakadilan. Terlebih jika kamar dengan fasilitas lengkap memiliki harga sama dengan kamar yang fasilitasnya minimalis.

Dari segi biaya, kamar kos dengan desain yang minimalis jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan kamar kos dengan fasilitas lengkap. Biaya membangun kos dengan desain minimalis juga tidak terlalu tinggi. Berbeda dengan unit kos dengan fasilitas lengkap dan menyediakan kenyamanan ekstra untuk penyewanya.

Lalu bagaimana tips design untuk kamar kost minimalis agar nantinya membuat betah penghuni kos yang menyewa? Dan bagaimana tips design untuk kamar kost minimalis agar biaya yang dikeluarkan untuk membeli properti tidak terlalu mahal? Pada subpoin berikutnya akan kami bahas satu persatu jawabannya.

Tips untuk Memberikan Desain Minimalis Pada Kos

Tips design kamar kost

Kamar kos bisa disebut sebagai kos minimalis apabila ruang atau space yang disediakan cukup sempit. Kamar kos minimalis juga identik dengan minimnya penataan yang ada di dalam kamar kos sehingga membuat pemiliknya leluasa beraktivitas. Berikut ini berbagai tips untuk memberikan desain minimalis pada kos yang ingin disewakan :

1. Gunakan peralatan yang portabel

Tips memberikan desain yang minimalis pada kos pertama yaitu gunakan peralatan yang portabel. Pastikan peralatan yang digunakan di dalam kos bisa memiliki 2 buah fungsi atau lebih. Sehingga pengguna kos tidak terlalu susah ketika berkegiatan di dalam kos.

2. Berikan sedikit hiasan pada dinding

Tips berikutnya yaitu berikan sedikit hiasan pada dinding. Anda bisa menambahkan aksesoris nama pemilik kos, lampu kerlap-kerlip, hingga berbagai jenis hiasan lainnya untuk kamar kos yang akan disewakan. Dengan sedikit hiasan, tampilan kamar kos akan menjadi lebih cantik.

3. Berikan unit penyimpanan yang praktis

Selanjutnya, berikan unit penyimpanan yang praktis untuk desain kamar kost minimalis Anda. Unit penyimpanan yang praktis bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang penyewa kamar dengan lebih baik.

4. Gunakan ranjang di dalam kos

Berikutnya, gunakan ranjang di dalam kos yang memiliki ruang pada bagian bawahnya. Adanya kolong ranjang bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan lain agar ruang gerak di kamar tersebut menjadi lebih luas.

5 “Item” untuk Sentuhan Desain Interior Kamar Kos Minimalis

Anda sudah mengetahui berbagai tips mendesain kamar kost yang minimalis agar membuat penyewanya merasa leluasa. Bagi Anda yang ingin mendesain kamar dengan desain yang antimainstream, gunakan beberapa item ini untuk memberikan sentuhan minimalis:

1. Gorden

Keberadaan sebuah gorden pada kamar kos sangat diperlukan agar nantinya kamar tidak mudah diintip dari luar. Selain itu, gorden juga bisa difungsikan sebagai pengatur intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam kos. Usahakan memberikan gorden tanpa motif agar kamar terlihat luas. Gorden warna polos juga lebih terjangkau harganya.

2. Cermin

Tampilan kamar yang luas bisa didapatkan dengan penempatan cermin di dalam kamar kos. Biasanya cermin diletakkan di sudut kamar agar bisa digunakan untuk mengecek penampilan ketika akan bepergian. Agar desain kamar lebih minimalis, sediakan lemari dengan cermin besar agar penyewa kamar tak perlu lagi memasang cermin di dalamnya.

3. Tanaman hias

Tips design untuk kamar kost minimalis berikutnya yang kami rekomendasikan adalah memberikan sentuhan alami pada kamar. Caranya dengan meletakkan tanaman hias di dalam kamar kost tersebut. Adanya tanaman hias membuat udara di dalam kos menjadi lebih sejuk. Akan tetapi letakkan tanaman hias ketika kamar kos sudah ada yang menyewa ya.

4. Jam dinding

Item atau barang lain yang hendaknya disediakan di dalam kamar kos dengan desain minimalis yaitu jam dinding. Keberadaan jam dinding sangat fungsional bagi para penyewa. Bahkan adanya jam dinding sangat direkomendasikan karena dapat dijadikan sebagai hiasan dinding sekaligus penunjuk waktu.

5. Lampu

Sebuah lampu menjadi ornamen wajib yang harus ada di setiap kamar kos yang disewakan. Lampu memberikan penerangan terhadap bagian dalam kamar kos dan memudahkan kegiatan penyewa kamar. Alangkah baiknya jika lampu yang dipasang di dalam kamar kos tidak terlalu terang dan tak terlalu redup.

Itulah berbagai item atau barang yang hendaknya diletakkan di dalam kamar kos sewaan yang minimalis. Dengan adanya berbagai barang tersebut, nantinya penyewa akan lebih betah berada di kamar kos Anda.

Gunakan Sistem Autopilot Untuk Manajemen Kos Yang Praktis

Bagi Anda yang ingin mendirikan bisnis kos-kosan, pastikan agar Anda tidak sembarangan mengelola bisnis tersebut. Akan lebih baik jika Anda menggunakan sistem autopilot untuk memudahkan proses manajemen kos secara jarak jauh. Sistem manajemen kos autopilot adalah jenis sistem manajemen kos yang paling mudah karena bisa dilakukan secara otomatis.

Jika Anda ingin mempelajari ilmu bisnis kos-kosan terlebih dahulu sebelum membangun kos sendiri, pastikan untuk bergabung dengan KSI. Anda bisa belajar banyak hal terkait bisnis kos melalui komunitas tersebut. Nah, Anda juga bisa mengetahui seluk beluk sistem manajemen kos autopilot nantinya jika bergabung dengan KSI.

Selain mendapatkan ilmu terkait manajemen kos autopilot, Anda juga akan bisa mendapatkan berbagai ilmu desain kamar kos dengan lebih baik agar membuat penyewa betah berada di kos Anda. Yuk bergabung dengan KSI sekarang juga!