Tips Design Kamar Kost Minimalis yang Perlu Anda Terapkan

0
35
Design kamar kost minimalis

Berbisnis rumah kost memang sangat menggiurkan karena bisa mendatangkan keuntungan dalam jumlah banyak. Jenis bisnis yang satu ini juga mudah dikelola sehingga sangat diminati oleh para pengusaha yang menggelutinya.

Tips Design Kamar Kost Minimalis Yang perlu di Terapkan

Nah, bagi Anda yang ingin mendesain kost-kostan, kami punya beberapa tips design kamar kost minimalis yang bisa Anda terapkan nantinya.

Keuntungan Berbisnis Kost-Kostan

Berbisnis rumah kost memang sangat menyenangkan walaupun harus mengurus banyak hal di depan. Jenis bisnis yang satu ini mampu mendatangkan passive income dalam jumlah yang cukup banyak. Sehingga ada banyak orang yang ingin menggelutinya.

Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis kos-kosan, berikut ini beberapa keuntungan berbisnis kos-kosan yang perlu Anda tahu:

1. Proses pengelolaannya cukup mudah

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dengan berbisnis kost-kostan adalah proses pengelolaan yang cukup mudah. Salah satu sistem pengelolaan kost unggulan yang banyak dipakai oleh para pebisnis kost yaitu sistem kost autopilot. Sistem bisnis yang satu ini mampu mempermudah pemilik kost dalam melakukan pengelolaan kost terutama dengan bantuan software online bisnis kost-kostan.

2. Bisa balik modal dengan waktu yang cepat

Keuntungan berikutnya dari bisnis kost-kostan yaitu bisa balik modal dengan waktu yang cepat. Bisnis kost adalah jenis bisnis yang bisa mendatangkan passive income dengan jumlah yang cukup banyak serta mendatangkan balik modal sesegera mungkin. Semakin laris kost yang Anda sewakan, maka semakin cepat balik modal yang bisa didapatkan oleh seseorang.

3. Desainnya cukup yang minimalis asal nyaman

Selanjutnya, para pemilik kost bisa mendesain bangunan kost mereka dengan desain yang minimalis dan nyaman. Tergantung target pasarnya, sebuah kost tidak harus terlihat mewah untuk menarik pelanggan. Justru kamar kost yang nyaman ditinggali lebih menarik bagi penyewa kos, terlebih harga kamar kost yang tak terlalu tinggi.

4. Harganya cukup murah sehingga menarik minat pasar

Proses memperhitungkan harga sewa kost per kamar adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap pebisnis kost. Untuk bisa menentukan harga yang ingin ditetapkan, pastikan untuk menganalisa target pasar. Jika kamar dipatok harga yang sangat mahal namun target pasarnya kurang tepat, maka nantinya akan membuat kost sepi pelanggan.

Itulah berbagai keuntungan yang bisa didapatkan oleh para pebisnis kost. Jika Anda ingin berbisnis kost-kostan, pastikan untuk sedini mungkin mendesain kamar kost agar bisa lebih menarik untuk dihuni.

Tips Design Kamar Kost Minimalis

Tips design kamar kost

Kamar kost perlu didesain dengan sebaik mungkin agar nantinya bisa menarik para penyewa untuk menempatinya. Agar bisa menarik perhatian para calon penyewa kamar, sebaiknya Anda mendesain kamar kost dengan desain minimalis yang elegan agar terlihat nyaman ditempati.

Berikut ini berbagai tips design kamar kost minimalis yang perlu Anda tahu:

1. Terlebih dahulu buat perencanaan produk

Tips design untuk kamar kost minimalis pertama yang bisa kami berikan yaitu membuat perencanaan produk. Perencanaan yang kami maksudkan adalah merencanakan produk apa saja yang harus ditempatkan di dalam kamar kost tersebut. Perencanaan produk atau properti yang akan disewakan pada penyewa kost juga butuh perhitungan dalam hal keuangan.

Karena jika Anda salah dalam memperhitungkan estimasi biaya untuk pengadaan properti, kost Anda akan mangkrak karena masih belum bisa dikatakan layak untuk ditempati. Untuk itu Anda harus memperhitungkan berbagai produk yang akan ditempatkan di dalam kamar bersamaan dengan proses membangun atau memperbaiki kost yang ingin disewakan.

Produk standar yang biasanya ada di dalam kamar kost yang disewakan yaitu tempat tidur, ranjang (opsional), lemari pakaian, meja untuk peralatan (opsional), lampu kamar, dan rak penyimpanan (opsional). Ada juga yang memberikan kipas angin atau AC jika harga sewa dari kamar tersebut lebih tinggi.

Dalam melakukan perencanaan produk, tak hanya biaya saja yang diperhitungkan. Sebaiknya Anda memperhitungkan pula ukuran dari masing-masing produk yang ingin dimasukkan dalam kamar. Sehingga nantinya dari segi biaya maupun fungsionalitas produk akan cocok dengan harga sewa yang dibayar penyewa.

2. Tempatkan kasur yang ukurannya pas dengan kamar

Langkah selanjutnya untuk mendesain kamar kost minimalis yaitu menempatkan tempat tidur atau kasur yang pas dengan kamar. Usahakan ukuran kasur tidak terlalu besar, sehingga bisa dimasukkan ke dalam kamar dan tidak memenuhi kamar tersebut. Penyewa kost cenderung suka kamar dengan spasi yang cukup luas dibandingkan dengan ukuran tempat tidur yang luas.

Jika di kamar kost Anda ditempatkan ranjang, pastikan untuk memasukkan ranjang dengan ukuran yang pas sesuai ukuran kasurnya. Adanya ranjang akan membuat tempat tidur yang disewakan pada penyewa kos lebih awet karena tidak langsung menempel dengan tanah. Akan tetapi adanya ranjang tentu meningkatkan harga sewa kost tersebut sehubungan dengan biaya pengadaannya.

3. Tempatkan lemari dengan ukuran yang tak terlalu besar

Berikutnya, tempatkan lemari dengan ukuran yang tak terlalu besar. Lemari bermanfaat untuk menyimpan pakaian pada kamar kost tersebut. Semakin besar lemarinya, maka semakin besar biaya pengadaan dan biaya sewa kamar kost tersebut.

Jadi kami sarankan bagi Anda untuk menempatkan lemari dengan ukuran yang cukup proporsional dibandingkan dengan ukuran kamar kost yang Anda buat. Pastikan untuk memperkirakan bahwa lemari tersebut akan cukup menampung barang bawaan dari penyewa kos tersebut.

4. Berikan lampu yang cukup terang untuk kamar

Berikutnya, berikan lampu yang cukup terang untuk kamar kos yang disewakan. Kualitas lampu yang disewakan tersebut sangat mempengaruhi kualitas hidup penyewa yang menempatinya. Kondisi kamar kost yang terang akan membuat penyewanya semangat menjalani hari.

Selain itu, lampu yang terang juga membuat kegiatan penyewa kost di dalamnya cukup nyaman. Mereka bisa bebas belajar dan bekerja di dalam kamar kost tersebut tanpa khawatir lampunya terlalu redup. Namun pastikan biaya listrik untuk lampu tersebut tak terlalu besar dan seimbang dengan biaya kost yang dibayarkan penyewa.

5. Berikanlah meja kecil yang fungsional

Tips design untuk kamar kost minimalis lain yang bisa Anda manfaatkan adalah memberikan meja kecil yang fungsional pada kamar kost tersebut. Adanya perabotan berupa meja kecil memang hal yang cukup fungsional bagi kamar kost tersebut.

Akan tetapi keberadaan meja kecil akan sangat membantu kegiatan dari penyewa kamar kost. Mereka bisa menempatkan berbagai perabotan mereka di atas meja tersebut nantinya. Selain itu, mereka juga bisa menempatkan makanan pada meja tersebut sehingga nantinya tidak mudah dimakan semut.

6. Berikanlah hiasan dinding yang menambah keindahan

Yang terakhir, pastikan untuk memberi barang satu atau dua hiasan dinding pada kamar kost tersebut untuk menambah keindahan dari kamar yang Anda sewakan. Pastikan untuk memberikan hiasan dinding yang tidak terlalu ramai serta tidak terlalu melenceng dari tema kost yang Anda sewakan.

Contoh dari hiasan dinding yang sebaiknya diletakkan pada kamar kost yaitu jam dinding, lukisan, dan lain sebagainya. Pemberian hiasan dinding pada kamar kost memang tidak  terlalu banyak dilakukan pemilik kost. Akan tetapi hal ini bisa membuat penyewa kost lebih betah berada di sana.

Itulah berbagai tips design kamar kost minimalis yang bisa kami berikan untuk Anda. Semoga bermanfaat!