Tips Design Kamar Kost Sederhana Agar Penyewa Betah

0
32
Membangun Kos

Bisnis kamar kost menjadi salah satu jenis bisnis yang sangat diminati oleh pengusaha di era millenial. Jenis bisnis yang satu ini dilakukan dengan membangun kos serta mendesain kamar kosnya agar membuat penyewa betah.

Tips Design Kamar Kost Sederhana Agar Penyewa Betah

Ada berbagai tips design untuk kamar kost sederhana yang bisa Anda praktekkan agar nantinya bisa lebih mudah mendapatkan keuntungan dari bisnis kos.

Pentingnya Mendesain Kamar Kos dengan Lebih Sederhana

Kamar kos merupakan jenis hunian yang dimanfaatkan oleh para penyewa untuk mengistirahatkan diri setelah beraktivitas seharian. Biasanya para penyewa kamar kos berasal dari luar kota atau luar daerah. Oleh karena itu pebisnis kos biasanya mendesain kamar kos mereka agar bisa menarik perhatian para pendatang.

Perlu diketahui, biasanya kamar kos memiliki bentuk standar dengan adanya kamar mandi di dalam atau di luar. Kamar kos tidak perlu didesain dengan sangat ramai karena justru bisa membuat penyewa merasa terganggu. Belum tentu penyewa kos memiliki selera yang sama dengan pemilik kos nantinya.

Oleh karena itu sebuah kamar kos baik dengan rate fee bulanan tinggi maupun rendah didesain dengan sederhana. Tidak perlu diberi perintilan yang menarik di dalamnya, cukup sediakan fasilitas mendasar agar penyewa betah berada di kos tersebut. Selain itu, pastikan untuk memberikan fasilitas kos yang layak agar nantinya penyewa tidak berpindah tempat hunian karena merasa tak betah.

Berbagai fasilitas mendasar yang biasanya harus ada di dalam kamar kos yaitu:

  1. Tempat tidur
  2. Ranjang
  3. Lemari pakaian
  4. Lampu
  5. Colokan listrik
  6. Tirai
  7. Bak mandi dan gantungan baju (untuk kamar mandi dalam)

Nah, selain beberapa fasilitas standar tersebut, sebaiknya Anda juga memberikan berbagai atribut yang bisa menambah kenyamanan dari para penyewa kos Anda. Lalu apa saja berbagai atribut tambahan yang bisa diterapkan ketika ingin melakukan tips design untuk kamar kost sederhana?

Atribut Tambahan Untuk Design Kamar Kost Sederhana

tips design kamar kost

Ketika ingin menerapkan tips design untuk kamar kost sederhana, pastikan untuk secara langsung memberikan atribut tambahan untuk kamar tersebut. Berikut ini berbagai atribut tambahan untuk desain kamar kost sederhana yang tidak akan  membuat penyewa tak betah:

1. Kipas angin

Kipas angin menjadi salah satu atribut tambahan yang bisa diberikan pemilik kost pada para penyewa agar udara di dalam kamar tidak terlalu panas. Kipas angin yang akan dipasang di kamar kos hendaknya digantung di dinding agar tidak mengurangi ruang gerak dari penghuni kamar tersebut.

Kipas angin tersedia dengan berbagai macam ukuran, ada yang besar dan kecil. Pembelian kipas angin untuk tiap kamar kos diperkirakan tidak akan terlalu membebani biaya pembuatan kos. Sehingga nantinya tidak akan membuat harga sewa kost meningkat terlalu tajam.

2. Meja kecil

Meja menjadi salah satu atribut di dalam kos yang perlu disediakan oleh pemilik kos. Meja kecil yang terbuat dari kayu dan diletakkan di dalam kamar kos bisa membuat penyewa lebih ringkas ketika menata barang. Tidak perlu menempatkan meja dengan desain terlalu mewah, cukup tempatkan meja yang fungsional.

Harga meja kecil yang berukuran tak terlalu lebar juga tidak terlalu mahal. Harga meja kayu standar biasanya tidak lebih dari Rp 100.000, sehingga jika ditambahkan menjadi atribut kamar kos tidak akan membuat biayanya membengkak cukup besar.

3. Kursi belajar

Selain meja kecil, kursi belajar juga bisa ditambahkan menjadi atribut desain kamar kos sederhana yang bisa membuat penyewa merasa nyaman. Terlebih penyewa kamar kos yang merupakan pelajar atau mahasiswa pastinya merasa sangat terbantu dengan adanya kursi belajar.

Adanya meja kecil dan kursi belajar akan membuat proses belajar yang berlangsung di dalam kamar kos menjadi lebih baik. Para penyewa kos yang merupakan kalangan pelajar dan mahasiswa pasti akan lebih terbantu dengan adanya kombinasi kursi dan meja di kamar tersebut.

4. Tempat penyimpanan

Atribut berikutnya yang akan sangat fungsional di dalam kamar kos yaitu tempat penyimpanan. Anda bisa meletakkan unit penyimpanan di bagian kamar kost yang tidak mengganggu gerak penyewa. Nantinya penyewa kos bisa menggunakan tempat penyimpanan tersebut untuk meletakkan berbagai barangnya agar tidak berserakan.

Bagi pemilik kos yang menyediakan ranjang di kamar kosnya pasti tempat penyimpanan bisa diletakkan di bawah ranjang tempat tidur. Sehingga adanya tempat penyimpanan akan sangat berguna bagi penyewa kamar kos yang tidak ada ranjangnya.

5. Tanaman hijau

Berikutnya, atribut tambahan lain yang juga sangat berguna untuk mendesain kamar kost yaitu tanaman hijau. Adanya tanaman hijau bisa bermanfaat untuk membuat sirkulasi udara di dalam kamar menjadi lebih baik. Selain itu, tanaman hijau juga bisa menyegarkan pemandangan.

Tidak perlu menempatkan tanaman hijau berukuran besar di dalam kamar kos. Cukup tempatkan pot kaktus kecil atau jenis tanaman lainnya yang tidak terlalu menghalangi gerak penyewa kos. Harga tanaman hijau yang berukuran kecil pun juga tidak seberapa, akan tetapi bisa membuat mood penyewa kamar selalu baik.

6. Lampu belajar

Yang terakhir, tambahkan lampu belajar dengan kualitas standar pada kamar kos yang disewakan. Seringkali kamar kos dengan lampu redup membuat penyewanya merasa kesulitan ketika berativitas di malam hari. Sehingga dengan adanya lampu belajar, kegiatan mereka pun tidak terhambat.

Harga lampu belajar yang berukuran kecil tidak terlalu mahal, dan bisa digunakan pemilik kamar untuk belajar dengan nyaman di kamarnya. Tempatkan lampu belajar di atas meja, sehingga bisa digunakan sewaktu-waktu ketika dibutuhkan.

Itulah berbagai atribut yang bisa digunakan untuk mendesain kamar kost dengan baik dan membuat betah penyewanya. Pastikan untuk menata barang-barang yang ada di dalam kamar kost sehingga nantinya membuat penyewa tertarik untuk tinggal di kos Anda dalam jangka waktu cukup lama.

Manajemen Kos Anda Dengan Sistem Autopilot

Penataan kamar yang sederhana hendaknya diimbangi pula dengan sistem manajemen kost yang sederhana. Anda bisa memanfaatkan sistem manajemen kost autopilot agar nantinya bisa lebih mudah dalam melakukan pengelolaan. Sistem manajemen kost autopilot dilakukan melalui aplikasi tertentu sehingga keuangan kost bisa lebih tertata rapi.

Proses manajemen kos autopilot bisa dikerjakan dengan bermitra melalui pihak kos autopilot yang terpercaya. Anda bisa mencari perusahaan kos autopilot terbaik di internet agar nantinya tidak perlu repot ketika melakukan pengelolaan kos tersebut.

Itulah berbagai informasi yang bisa kami berikan terkait tips design untuk kamar kost sederhana yang bisa dipraktekkan secara langsung pada kost yang Anda miliki. Dengan mendesain kamar  kos dengan sangat baik namun tetap sederhana, penyewa tidak akan merasa tak betah.

Penataan yang dilakukan dengan baik pada kamar kos juga akan berpengaruh pada citra kos itu sendiri. Jadi pastikan untuk menerapkan berbagai tips design untuk kamar kost sederhana yang telah kami berikan untuk Anda ya!