8 Tips Design Kamar Kost Bagi Para Pemilik Kost

0
30
Kostpreneur

Bisnis kost-kostan memang sudah banyak dijalankan oleh masyakarat Indonesia. Kost merupakan tempat stay yang paling nyaman dan diminati oleh para perantau yang kerja atau bersekolah di luar daerah. Selain itu bisnis kost juga bisa mendatangkan passive income serta bisa didesain dengan sekehendak hati.

Pada umumnya, kost-kostan didesain sebagus mungkin untuk menarik hati para penyewa kamar kost. Biasanya kost dibentuk dengan tampilan yang default, dengan perabotan seadanya. Akan tetapi Anda bisa juga merancang tampilan kost agar lebih unik dan menarik, serta sesuai dengan selera anak muda.

Bagi Anda yang ingin membangun bisnis kost-kostan, pastikan untuk mendesain kamar kos dengan nyaman. Ada berbagai tips design untuk kamar kost yang nyaman dan applicable atau mudah diterapkan yang akan kami infokan kepada anda pada artikel berikut. Yuk ikuti pembicaraan kami kali ini hingga selesai!

Tips Design Kamar Kost Yang Nyaman Dan Applicable

Design kamar kost minimalis

Kamar kos berbentuk sebuah ruangan yang nyaman untuk ditinggali para penyewa kos, dengan beberapa perabotan di dalamnya. Pemilik kos yang tak ingin repot mendesain kamar kos biasanya memberikan layanan sewa kamar sesuai standar. Contohnya sebuah kamar dengan tempat tidur, pintu, ventilasi, lemari, dengan cat dinding plain.

Akan tetapi sebenarnya sebuah kamar kos bisa didesain dengan lebih cantik agar nantinya penyewa lebih betah tinggal di sana. Berikut ini beberapa tips desain kamar kost rapih biaya murah yang bisa diterapkan pada kost milik Anda :

1. Menerapkan warna terang pada kamar

Warna dinding kamar kos biasanya bisa berpengaruh terhadap psikologi penghuninya. Akan lebih baik jika sebuah kamar kos diberikan aplikasi warna terang agar nantinya suasana kamar tak terlalu suram. Contoh warna yang sangat kami rekomendasikan adalah hijau muda atau biru muda. Kost yang didesain khusus untuk perempuan juga bisa menggunakan warna merah muda.

Jika Anda adalah pemilik kost yang menyukai warna netral, bisa juga menggunakan warna cokelat muda ataupun abu muda. Namun begitu, kombinasikan warna yang lebih gelap pula pada beberapa bagian kost agar nantinya tidak terkesan monoton. Dengan mengaplikasikan warna yang cerah, kost bisa terlihat welcoming para tamu dan penyewa serta tidak membuat suntuk.

2. Utamakan keleluasaan

Dari segi desain, kamar kost yang dibentuk dengan desain standar biasanya cukup membosankan. Anda bisa membuat kamar kos lebih luas agar nantinya para penghuni kost leluasa dalam berkegiatan. Walaupun lahan yang digunakan tidak terlalu lebar, akan tetapi Anda bisa membuat bangunan yang lebih tinggi.

Jika Anda berniat untuk membuat bangunan kos bertingkat, jangan buat atap untuk membatasi antar lantai. Sebaliknya gunakan teralis besi antar lantai agar nantinya sinar matahari bisa dengan mudah mengakses lantai pertama.

3. Gunakan jendela yang lebar

Sering kita jumpai kondisi kamar kos yang pengap karena kurangnya ventilasi pada tiap kamar yang dibangun. Untuk mengurangi kondisi pengap tersebut, buatlah tiap kamar memiliki jendela dengan ukuran yang lebar dan panjang. Nantinya jika sirkulasi udara membaik, pastinya kamar kos terasa lebih segar.

Kamar kost yang juga diberi jendela panjang serta lebar akan lebih kecil peluangnya menjadi sarang jamur atau penyakit. Para penghuni kost juga akan terhindar dari kondisi fisik yang lemah karena kurangnya sirkulasi udara.

4. Berikan hiasan dinding

Tips design untuk kamar kost berikutnya yaitu berikanlah hiasan dinding untuk kamar kos yang Anda miliki. Hiasan dinding berupa ucapan selamat datang atau berupa jam dinding bisa membuat penghuni kos merasa nyaman. Selain itu biaya yang digunakan untuk membeli hiasan dinding untuk tiap kamar kos juga tidak terlalu tinggi.

Akan lebih baik jika hiasan dinding yang diberikan tidak terlalu banyak agar tidak mengganggu kenyamanan. Karena biasanya penghuni kamar kost juga ingin menghias dinding kamar tersebut dengan barang-barang yang mereka miliki. Usahakan pula agar hiasan dinding yang Anda pasang nantinya tidak keluar dari konsep kamar kos yang Anda bangun.

5. Gunakan tirai yang sesuai

Jika Anda ingin mendesain kamar kos dengan lebih bagus, berikanlah tirai untuk kamar kos yang Anda miliki. Tirai berfungsi untuk penutup jendela kamar agar tak terlihat dari luar. Selain itu tirai juga berfungsi untuk melindungi kamar dari berbagai cahaya yang masuk serta melindungi barang-barang di dalamnya dari luar kamar.

Biasanya pemilik kost memberikan tirai dengan warna putih atau warna monoton lain karena harganya lebih murah. Namun jika Anda ingin menyediakan desain kamar yang lebih apik dan nyaman, Anda bisa gunakan tirai dengan warna yang bagus dan cerah. Sesuaikan juga warna tirai dengan warna cat dinding kamar kost, agar nanti tampilan kamar lebih bagus.

6. Letakkan meja pada kamar kos

Penyewa kamar kost biasanya memerlukan meja untuk menata barang-barang di tempat mereka. Anda bisa menambahkan meja untuk mendesain kamar kost agar terlihat lebih nyaman untuk dihuni. Meja bisa diletakkan di sudut kamar dengan ukuran yang tak terlalu kecil serta tak terlalu besar. Nantinya penghuni kamar kost akan merasa sangat terbantu jika ada meja di kamar tersebut.

7. Kamar kost dengan kamar mandi dalam

Kamar kost dengan kamar mandi dalam biasanya sangat nyaman dan bisa disewakan dengan harga lebih tinggi. Penting bagi Anda untuk merancang kamar kos agar nantinya tidak terlalu lembab karena memiliki kamar mandi dalam. Contohnya dengan menyediakan keset kaki agar bisa digunakan untuk menyerap air.

Untuk desain kamar mandi dalam, bisa disesuaikan dengan luas kamar kos yang ada di  tempat Anda. Proporsi kamar mandi dalam dibandingkan dengan kamar kos bisa dirancang lebih kecil nantinya. Sehingga kegiatan yang dilakukan penghuni kos juga tidak akan terganggu dengan adanya ruangan khusus tersebut.

8. Letakkan lemari dengan cermin

Agar kamar kos bisa berfungsi dengan maksimal, letakkan pula lemari kaca di dalam kamar kos tersebut. Fungsi dari lemari kos ini adalah untuk menyimpan berbagai peralatan dan perabotan. Anda bisa meletakkan lemari pakaian pada sudut tertentu kamar, terutama untuk lemari yang memiliki perlengkapan berupa cermin.

Penutup

Itulah berbagai tips design untuk kamar kost terbaik yang bisa Anda terapkan pada kamar kost milik Anda. Dengan menerapkan berbagai tips yang telah kami berikan, nantinya kost yang Anda sewakan bisa lebih nyaman untuk dihuni. Selain itu kamar kos juga terbebas dari jamur dan virus penularan penyakit.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis kost-kostan sejak dini, bisa mencari ilmunya terlebih dahulu dengan komunitas KSI melalui situs ini. Nantinya dengan bergabung melalui situs yukbisniskost.com, Anda akan memiliki wawasan yang lebih luas dibandingkan orang lain terkait investasi properti. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat untuk Anda.