Tips Mendapatkan Pendanaan Untuk Bangun Kos-Kosan

0
50
Yukbisniskost

Bisnis kos-kosan memiliki prospek atau potensial yang sangat besar di Indonesia. Karena jenis tempat tinggal sementara ini sangat dibutuhkan bagi berbagai kalangan. Terutama para perantau, baik yang berstatus sebagai pelajar, mahasiswa, karyawan, hingga pebisnis dan orangtua sekalipun.

Hal ini menjadikan banyak pihak yang ingin membuka bisnis kos-kosan sendiri, yang tentu saja membutuhkan jumlah modal sangat banyak. Bahkan hingga ratusan juta rupiah. Beberapa orang mencari modal dengan cara meminjam dari bank, dan beberapa diantaranya menjadi ragu terkait masalah tersebut.

Mencari Modal Dengan Menggadaikan Aset

Banyak orang yang memiliki tanah, memiliki sebuah ruko, akan tetapi masih bingung masalah dana karena ingin membangun kos-kosan. Mereka berpikir jika modal berupa uang kontan sangat susah dicari. Namun mereka tidak rela pula jika harus menjual tanah ataupun ruko tersebut.

Padahal jika ditelisik lebih dalam, ruko dan tanah tersebut memang bisa dijadikan modal. Dan ada suatu cara untuk mendapatkan uang kontan tanpa menjual kedua jenis aset tersebut. Jawabannya adalah : menggadaikan aset.

Karena sekali tanah dan ruko dijual, Anda tidak akan punya lahan untuk membuat kos-kosan. Proses menggadaikan aset ini jauh lebih aman daripada menjual aset-aset tersebut. Anda bisa melancarkan proses penggadaian tersebut pada koperasi, perbankan, atau bahkan menggunakan jasa pinjaman online (pinjol).

Opsi yang dipilih akan menentukan tingkat keamanan aset Anda yang digadaikan, atau bahkan jumlah uang yang dipinjamkan. Namun kami sarankan bagi Anda untuk menghindari segala jenis pinjaman online yang didapatkan dari internet. Karena bisa jadi sistem transaksi yang ditawarkan kurang aman.

Tips Menggadaikan Aset Untuk Cari Modal

Menggadaikan suatu barang atau aset untuk memperoleh pinjaman dana memang wajar dilakukan oleh siapa saja. Termasuk calon pebisnis kost seperti Anda. Namun jika Anda tidak waspada dan pintar mencari celah, bisa saja Anda juga diakali oleh pihak pegadaian yang dituju.

Agar dana yang bisa didapatkan maksimal, tentu saja harus memperhatikan berbagai komponen berikut :

1. Valuasi aset

Yang pertama, Anda harus mengerti sebenarnya berapa kisaran harga aset Anda jika dijual di pasaran. Karena pastinya pihak pegadaian akan memberikan uang pinjaman lebih sedikit daripada value aset tersebut.

Contohnya, jika tanah yang Anda punya memiliki rentang harga pasaran sekitar Rp 500.000.000, maka pihak pegadaian akan memberikan uang pinjaman sebesar Rp 250.000.000 (bisa kurang atau lebih).  Dengan mengerti valuasi aset yang dimiliki, Anda akan bisa mendapatkan modal uang tunai senilai aset Anda tersebut.

2. Kapasitas keuangan

Kapasitas keuangan seseorang juga menjadi penentu apakah orang tersebut layak mendapatkan pinjaman dalam jumlah besar atau tidak. Kapasitas keuangan ini berarti pendapatan yang Anda miliki per bulannya. Misalnya seseorang dengan pendapatan sekitar Rp 5.000.000/bulan akan mendapatkan modal dari pegadaian lebih besar dari seseorang dengan pendapatan Rp 2.500.000/bulan.

3. Market Research

Riset pasar juga menjadi salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum menggadaikan tanah atau ruko pribadi. Riset pasar bisa Anda lakukan dengan mempertanyakan apakah lokasi yang akan Anda bangun kos tersebut benar-benar strategis? Selain itu, apakah bisnis kos tersebut mampu mendatangkan keuntungan yang bisa menutup jumlah hutang dari pegadaian?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan mengantarkan Anda untuk mengenali bisnis yang nantinya akan Anda gelar. Dan masih ada banyak berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika mencari modal untuk membangun kos-kosan Anda nantinya.

Yuk Gabung Di KSI!

Mencari modal untuk membangun sebuah gedung kos tidak semudah yang dibayangkan. Akan tetapi naas, banyak orang yang masih berniat mencoba-coba berbisnis properti kos tanpa terlebih dahulu mencari ilmu terkait usaha ini.

Mereka berpikir jika melangkah terlebih dahulu, akan mendatangkan keuntungan dan ilmu seiring berjalannya waktu. Padahal bisa saja hitungan yang telah dilakukan tersebut meleset dari perkiraan. Akibatnya, nilai kerugian yang didapatkan akan semakin besar.

Bagaimana jika sebelum Anda mantap melangkah untuk bangun kos-kosan, bergabung dengan KSI terlebih dahulu? Melalui website www.yukbisniskost.com dan akun IG @yukbisniskost, KSI banyak membagikan ilmu terkait membangun kos-kosan yang strategis dan efektif.

Anda akan bisa bergabung dengan para ahlinya di sana, serta menanyakan berbagai pertanyaan terkait bisnis kos-kosan. Dengan mengeluarkan biaya investasi untuk membeli ilmu, nantinya Anda tidak akan lagi salah dalam melangkah. Jadilah generasi KSI berikutnya, dan ciptakan bisnis kos yang sehat dan progresif bersama kami!