Tips Mengatur Kebutuhan saat Membeli Rumah Tanpa KPR

0
79

5 Tips Menyiasati Kebutuhan Saat Membeli Rumah Tanpa KPR

Saat memutuskan untuk membeli rumah tanpa fasilitas KPR dari bank, maka Anda harus pandai-pandai mengatur keuangan. Memang saat membeli rumah tanpa KPR, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Lima tips yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pribadi ketika sedang membeli rumah baru tanpa bantuan KPR. Agar kebutuhan bulanan Anda bisa selalu terpenuhi walau sementara beli rumah nyicil tanpa KPR, berikut 5 tips yang bisa Anda lakukan. 

  1. Susun Anggaran Baru

Membeli rumah tanpa KPR bukan berarti dapat membayar cicilan seenaknya saja. Biasanya para pengembang rumah juga memiliki jadwal pembayaran cicilan setiap bulannya.

Karena cicilan bersifat mengikat, Anda wajib menyusun kembali rencana  pengeluaran per bulan. Susunlah pos-pos anggaran yang akan digunakan mulai dari biaya listrik, kebutuhan pokok hingga cicilan rumah.

Buat rancangan anggaran yang tak melampaui pendapatan. Bila selama ini Anda selalu menyisihkan dana untuk liburan, alihkanlah ke pos anggaran lain yang lebih penting. Selalu prioritaskan dana untuk membayar cicilan rumah sesegera mungkin setelah Anda menerima gaji.

  1. Sesuaikan Biaya Pemeliharaan Rumah Baru

Kebanyakan orang yang memiliki rumah baru ingin membuatnya semakin indah dan menarik. Biasanya mereka ingin menambah taman atau mengubah warna rumah. Padahal untuk melakukan ini semua butuh dana yang tidak sedikit.

Apalagi bila Anda masih memiliki tunggakan cicilan rumah yang masih harus dilunasi. Anda bisa menyimpan dana untuk perbaikan yang sifatnya darurat seperti genteng yang bocor. Waktu ideal untuk melakukan renovasi adalah 3 hingga 6 bulan menjelang cicilan rumah selesai dibayarkan.

  1. Jangan Berutang Lagi

Selalu tanamkan bila membayar cicilan rumah juga termasuk dalam komponen utang. Karena itu, sebisa mungkin jangan mengambil utang lainnya. Misalnya menggunakan kartu kredit atau membeli mobil baru dengan cara kredit. Semakin banyak tunggakan utang, semakin memperberat tanggungan Anda. Ingat sesuaikan pengeluaran Anda dengan kapasitan pemasukan yang Anda miliki. Jangan tergiur untuk membeli barang apalagi jika itu sesuatu yang konsumtif dan bernilai tinggi.

  1. Ubah Gaya Hidup

Saat sedang beli rumah nyicil rumah tanpa KPR, maka perubahan gaya hidup sangat diperlukan. Kurangi kebiasan melakukan belanja konsumtif ataupun makan di luar. Bila terpaksa, lakukanlah di tempat yang memiliki harga paling terjangkau.

Jika sudah menikah, mintalah dukungan dari pasangan dan anggota keluarga lain untuk mewujudkan hal ini. Anda bisa memberi penjelasan kepada anak-anak bahwa mereka tidak bisa lagi diberi hadiah mainan atau liburan seperti dulu. Buat lingkungan sekitar Anda yaitu keluarga saling mendukung satu sama lain, agar gaya hidup hemat dapat diterapkan sehingga membantu meringankan dalam membayara cicilan rumah Anda.

  1. Mencari Peghasilan Tambahan

Bila fasilitas KPR dari bank mengharuskan Anda membayar cicilan rumah pada jangka waktu tertentu, maka saat beli rumah nyicil tanpa KPR Anda bisa mempersingkat waktu pembayaran.

Misalnya Anda telah menyepakati jangka waktu pembayaran cicilan adalah 10 tahun dengan besar Rp1 juta per bulan. Nah, bila Anda membayar cicilan sebesar Rp2 juta per bulan maka jangka waktu pembayaran menjadi 5 tahun saja.

Karena itu, Anda bisa mencari penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama. Misalnya menjadi penulis lepas, fotografer, hingga membuka usaha toko kelontong di rumah.

Mencicil rumah bukanlah waktu sebentar. Jika tidak bijak mengatur pengeluaran, maka utang Anda akan semakin besar. Bersikaplah tegas dan disiplin dalam menjalankan rencana anggaran.