Tips Mengelola Dana Pensiun Supaya Aman

0
78

5 Cara Mengelola Dana Pensiun dengan Aman

Jangan panik bila Anda baru saja memasuki masa pensiun. Meskipun penghasilan bulanan yang akan didapatkan cenderung lebih rendah ketimbang saat masih aktif bekerja, Anda tetap masih bisa menikmati hidup dengan nyaman asalkan mengikuti tips berikut ini. Mau tahu cara pengelolaan dana pensiun secara aman, agar Anda bisa menikmati masa tua dengan lebih nyaman? Untuk membantu Anda, berikut 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengelola dana pensiun dengan aman.

  1. Sesuaikan Gaya Hidup

Cara mengelola dana pensiun pertama yang harus dilakukan adalah menyesuaikan gaya hidup Anda sejak mulai memasuki masa pensiun. Biasanya di awal masa pensiun, seorang pekerja akan mendapatkan pesangon dalam jumlah yang cukup besar. Simpan dan manfaatkan dana tersebut sebaik mungkin. Tanpa pengelolaan yang baik, uang tersebut tentu akan habis begitu saja tanpa Anda sadari.

Sesuaikan pola konsumsi Anda di masa pensiun. Tanpa kegiatan bekerja rutin, Anda bisa menghemat biaya yang biasa dikeluarkan saat bekerja, seperti biaya transportasi, makan siang, hingga biaya entertainment dan mengalokasikannya untuk dana simpanan di masa yang akan datang.

  1. Lunasi Utang dan Cicilan

Bila sudah berhasil menekan pengeluaran rutin bulanan, Anda juga bisa menggunakan dana tersebut untuk melunasi utang dan cicilan yang masih tersisa. Lebih baik lagi jika Anda sudah melunasi hutang semasa Anda masih aktif bekerja agar tidak menjadi beban saat pensiun nanti. Misalnya, Anda memiliki tunggakan kartu kredit, maka lunasi segera. Tapi, bila dana yang tersedia tak mencukupi, pilihlah opsi mencicil agar menekan besarnya pokok utang.

  1. Deposito

Saat mendapatkan pesangon saat memasuki masa pensiun, Anda bisa mengambil maksimal 20% dari dana tersebut untuk dideposito. Pilihlah deposito yang menawarkan jangka waktu pendek.

Memang keuntungan deposito tak sebesar investasi lainya. Namun, karena tergolong aman dan minim risiko, deposito juga dapat membantu para pesiunan yang boros untuk mengontrol keuangan mereka karena hanya dapat diambil saat jatuh tempo.

Dana yang Anda depositokan ini juga dapat menjadi dana cadangan jika ada kebutuhan mendadak nanti. Misalnya untuk perbaikan kendaraan yang rusak atau tambahan biaya berobat ketika sakit. Semoga kita semua tetap sehat sampai tua ya.

  1. Investasi Properti

Jika tertarik menjajal investasi yang menawarkan keuntungan lebih besar, Anda bisa mencoba investasi properti. Selain harganya yang terus mengalami kenaikan setiap tahun, nilai jual properti cenderung stabil dan tak dipengaruhi oleh naik turunnya inflasi.

Jangan bayangkan harus memiliki uang ratusan juta dulu untuk terlibat dalam bisnis properti. Anda bisa memulainya dengan merenovasi salah satu ruangan tak terpakai di tempat tinggal Anda untuk menjadi kamar kos. Setelah mendapat keuntungan lebih stabil, Anda bisa memperluas usaha.

  1. Terjun ke Dunia Usaha

Cara mengelola dana pensiun lain yang bisa Anda lakukan adalah membuka usaha. Anda bisa memulainya dari usaha dalam skala kecil asalkan sesuai dengan minat serta kompetensi yang dimiliki.

Bila Anda adalah mantan karyawan perusahaan barang konsumsi, maka sebaiknya buka toko kelontong, dari pada membuka apotek. Anda tentu lebih memahami bagaimana kebutuhan sehari-hari masyarakat ketimbang bisnis farmasi yang masih asing bagi Anda.

Opsi lainnya yakni memilih jenis usaha berdasarkan peluang yang ada. Misalnya, Anda bertempat tinggal di sekitar sekolah yang belum menyediakan fasilitas internet bagi siswanya. Manfaatkan peluang tersebut dengan membuka warung internet.

Demikianlah 5 cara mengelola dana pensiun yang harus Anda ketahui. Disiplinlah dalam menyiapkan dana pensiun Anda untuk masa tua yang lebih baik.