Tips Menghadapi Calon Penghuni Perokok!

0
85
Strategi Persiapan Masa Pensiun

Pernah nggak sih, sobatpreneur menghadapi Penghuni Kost yang nakal dan bandel alias suka merokok di kamar kost kita? Padahal sudah kita jelaskan bahwa di kostan ini ruangannya sudah ber AC dan tidak diperkenankan merokok di dalam kamar.

Nah, jika Anda pernah merasakan itu, yuk simak penjelasan kami tentang tips menghadapi Penghuni Kost yang suka merokok di dalam kamar.

Baik, sebelum kami menjelaskan tips-tips tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, sebenarnya apa saja sih, resiko atau danpak buruknya jika Penghuni Kost kita tetap ngenyel merokok di dalam kamar? Yuk kita telusuri.

Tiga Dampak Buruk Penghuni Kost Perokok Untuk Kita

Jika Penghuni kost suka merokok di dalam kamar, tentunya akan membawa dampak buruk pada kost kita, di antara:

Pertama, AC Cepat Rusak

Penghuni yang suka merokok di dalam kamar yang sudah terpasang dengan AC, pastinya akan berpengaruh pada AC yang kita miliki. Karena asap rokok akan menutupi silter AC.

Kedua, Saluran Air Tersumbat

Selain akan berdampak pada AC yang kita miliki, juga akan berpengaruh pada saluran air. Biasanya ia membuang bekas rokok tersebut ke sembarangan tempat, termasuk pada saluran air. Sehingga akan menyebabkan tersumbat. Nah, jika hal itu terjadi, maka pastinya kita akan menghabiskan banyak uang untuk memperbaikinya.

Ketiga, Kerusakan Fasilitas Kost

Yang paling menyedihkan lagi, jika hal itu tidak bisa kita cegah, maka kemungkinan besar yang terjadi adalah kerusakan pada fasilitas kost. Di mana biasanya kasur, bantal, springbett, dan lainnya, akan bolong disebabkan oleh kuntung rokok. Yang di mana ketika mereka pergi untuk meninggalkan kost, seringkali langsung kabur tanpa mau bertanggung jawab. Dan mau tak mau akhirnya kita harus mengeluarkan budget untuk menggati fasilitas yang rusak.

Keempat, Kehilangan Calon Penghuni

Kemudian yang paling naasnya lagi adalah kemungkinan besar akan kehilangan calon penghuni kost yang lain. Di mana pada kenyataannya, setiap Penghuni Kost tidak semuanya menyukai rokok.

Dengan demikian, sangat jelas bahwa Penghuni Kost yang suka merokok di dalam kamar kost, akan membawa pengaruh buruk, baik untuk penghuni yang lain maupun untuk kita selaku pemilik.

Lantas, kalau begitu bagaimana solusinya?

Tips Menghadapi Calon Penghuni Perokok!

Hal yang harus Anda lakukan ketika menghadapi orang seperti itu adalah:

Pertama, Membuat Aturan Kost

Membuat aturan dilarang merokok bisa menjadi solusi untuk menghadapi persoalan ini. di mana dengan adanya peraturan khusus terhadap pelanggaran perokok, setidaknya mereka akan berpikir dua kali ketika hendak melakukannya.

Kedua, Memberikan Sanksi

Sanksi bisa Anda terapakan untuk mengantisipasi, jikalau penghuni kost tetap bandel dan ngeyel melakukan. Dengan adanya sanksi, berupa denda setidaknya akan mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh kelakuan buruknya.

Ketiga, Membuat Surat Perjanjian

Membuat surat perjanjian bisa menjadi cara yang paling efektif agar si penghuni kost yang suka merokok tidak melanggar peraturan yang telah kita buat. Sehingga dengan adanya surat perjanjiaan tersebut, kita memiliki bukti kuat untuk menegur jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Nah, tiga hal ini bisa menjadi pegangan kita sebagai pemilik kost untuk menyortir terlebih dahulu penghuni kost yang hendak masuk ke kostan kita.

Dengan menerapkan tiga tips ini, biasanya keadaan penghuni kost kita akan mematuhi aturan yang telah kita buat, dengan demikian peraturan kost pun bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Terimakasih. Selamat mencoba!