fbpx
HomePersiapan PensiunPersiapan Masa Pensiun : 7 Tips Menghadapi Masa Pensiun Anda yang Menyenagkan

Persiapan Masa Pensiun : 7 Tips Menghadapi Masa Pensiun Anda yang Menyenagkan

persiapan masa pensiun
Persiapan Masa Pensiun

Pensiun adalah hal yang akan dialami oleh para karyawan. Para karyawan harus mundur karena produktivitas sudah mulai menurun dan digantikan oleh karyawan baru yang lebih muda dan produktif.

Bagi sebagian orang, pensiun adalah hal yang ditakuti, sebab mereka tidak tahu cara persiapan masa pensiun dengan baik agar masa pensiun dapat di nikmati dengan aman nyaman dan tentram. Tak heran persentase pensiunan yang kaya di usia pensiun sangatlah sedikit.

Survei yang dilakukan LIFE INSURANCE MARKETING RESEARCH ASSOCIATION (LIMRA) menunjukan hal itu.

Ada 49% pensiunan yang kemudian menggantungkan hidupnya kepada orang lain, 29% meninggal saat pensiun, 12% mengalami kebangkrutan, 5% tetap bekerja, 4% mampu hidup mandiri, dan hanya 1% yang kaya saat pensiun.

Seperti kita ketahui, persiapan masa pensiun tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, seperti kita menanam pohon. Banyak hal yang harus dipersiapkan agar masa pensiun berjalan dengan menyenangkan, nyaman, aman dan tentram.

Masa pensiun Anda akan Nyaman, Aman, Tenang, dan Menyenangkan Apabila Anda melakukan hal – hal ini untuk menghadapi masa pensiun Anda dari sekarang.

Jangan tunggu 1 – 2 tahun menuju masa pensiun anda. Tapi mulailah saat ini juga.

7 TIPS Persiapan masa pensiun

Berikut 7 TIPS Persiapan masa pensiun yang dapat Anda lakukan dari sekarang :

  1. Koleksi Aset Penting

Selagi Anda masih menjadi karyawan dan mempunyai uang lebih dari hasil kerja Anda, cobalah untuk membeli beberapa Aset penting yang akan punya nilai jual lebih besar pada masa yang akan datang.

Yang dapat Anda jual lebih mahal di masa mendatang adalah rumah atau tanah. Karena kecenderungan hargannya akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Carilah Aset penting dengan harga murah, perhitungkan dengan baik, apakah aset yang anda beli akan memiliki nilai jual lebih tinggi dimasa yang akan datang atau tidak. Agar aset tersebut kelak akan membantu keuangan anda saat memasuki masa pensiun.

Hindari membeli aset yang tidak akan membantu anda di masa pensiun anda nanti, semisal kendaraan. Meskipun kendaraan adalah sebuah aset penting, namun harga jualnya cenderung menurun. Anda cukup membeli kendaraan yang sekiranya anda butuhkan, tidak perlu membeli kendaraan berlebih, yang hanya akan memenuhi garasi rumah anda, namun sebenarnya anda tidak begitu membutuhkannya.

Bijaklah dalam memilih dan membeli aset Anda, agar kelak dapat membantu keuangan anda dimasa pensiun yang akan datang.

  1. Rajin Investasi Sejak Dini

Investasi merupakan penghasilan pasif. Dimana  nantinya penghasilan aktif anda akan berkurang saat anda pensiun kelak. Oleh sebab itu anda harus bisa mengimbangi pendapatan aktif anda setelah pensiun nanti.

Dengan penghasilan pasif, maka penghasilan aktif anda yang telah menurun akan tertutupi.

Ada banyak pilihan yang bisa anda lakukan dalam berinvestasi, namun alangkah baiknya perhitungkan dengan benar dan pastikan dana yang anda investasikan berada ditangan yang tepat (misalnya diawasi otoritas jasa keuangan), bukan kepada investasi bodong yang seringkali menjanjikan imbalan yang menggiurkan.

Beberapa jenis investasi dalam properti misalnya, Anda bisa mencoba jenis-jenis investasi seperti berikut ini:

->> Rumah.

Rumah bisa menjadi investasi yang sangat baik untuk persiapan masa pensiun Anda. Dimana rumah merupakan kebutuhan pokok serta sangat penting keberadaannya. Hal ini bisa menjadi salah satu target prospektif dalam investasi.

Apalagi jika investasi rumah yang Anda miliki berlokasi sangat strategis, seperti dekat dengan perkantoran, dekat dengan tempat wisata, dekat dengan keramaian, dll. Investasi seperti ini pastinya sangat menguntungkan bagi Anda.

->> Properti kost.

Tidak jauh berbeda dengan rumah. Kost-kostan juga bisa menjadi jenis investasi paling menguntungkan bagi Anda. Jenis investasi seperti ini bisa memungkinkan seseorang menjadi orang kaya raya meskipun sudah tidak bekerja.

Di tengah banyaknya universitas, perkantoran yang bermunculan. Dimana mereka membutuhkan tempat tinggal sementara bagi para perantau luar kota.

Kost-kostan menjadi salah satu kebutuhan utama yang mesti mereka penuhui terlebih dahulu sebelum kebutuhan yang lain. Dengan demikian investasi konst bisa menjadi target yang pas untuk persiapan masa pensiun Anda.

->> Apartemen.

Bagi para generasi milenial, apartemen menjadi salah satu tempat tinggal yang paling banyak disukai. Mengingat dengan gaya hidup mereka yang serba modern serta minimalis. Apartemen kerap kali menjadi sasaran utama dalam mencari hunian yang hendak ia tinggal.

Jika Anda investasi Apartemen Anda bisa melakukan dua cara yaitu dengan menyewakannya, atau dengan cara menjualnya kembali dengan meraih keuntungan yang lumayan besar.

->> Ruko (rumah toko).

Tidak kalah menarik dengan ruko. Selain mendapatkan keuntungan dari hasil sewa per bulannya. Secara tidak langsung, Anda juga sudah turut ikut serta membantu mereka dalam menyediakan tempat untuk membuka usaha bagi yang ingin menjalankannya. Dengan kata lain investasi ruko bisa menjadi ladang untuk persiapan masa pensiun seseorang.

->> Gudang

Tentunya investasi properti ini sudah tidak asing bagi Anda. Dimana Anda bisa menyewakan lahan gudang ini kepada orang lain yang mempunyai stok barang maupun expedisi prodak yang membutuhkan tempat besar untuk penyimpanan.

->> Tanah kosong

Investasi tanah kosong juga merupakan investasi yang sangat menarik yang tidak boleh Anda lupakan. Dimana harga tanah cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya lebih untuk membuat bagunan. Anda bisa menyewakannya kepada orang lain. Dan perlu Anda sadari bahwa investasi tanah merupakan salah satu investasi terbaik untuk persiapan masa pensiun Anda.

Nah, demikian jenis-jenis investari dalam bisnis properti yang bisa Anda pilih dalam persiapan masa pensiun Anda. Pilihlah sesuai dengan kemampuan dana yang dimiliki serta skill kemapuan Anda.

Jangan sampai dana yang seharusnya membantu Anda di masa pensiun malah berujung merugikan Anda. Bijaklah dalam memilih model Investasi, agar kelak dapat membantu keuangan Anda di masa yang akan datang.

  1. Menabung dengan menyisihkan 10 – 15% Penghasilan

Bagi Anda yang kurang percaya dengan model investasi reksadana atau surat obligasi, Anda dapat menabung sebagian gaji Anda dan menyimpannya sendiri. Namun lakukan secara konsisten dan tanpa jeda.

Apapun kondisinya, Anda harus selalu berusaha menyisihkan sebagian dari gaji yang anda terima kedalam tabungan Anda.

Ahli keuangan merekomendasikan untuk selalu menyisihkan minimal 10% dari pendapatan Anda. Namun idealnya Anda bisa menyisihkan 15% dari pendapatan agar masa pensiun anda lebih nyaman dan tanpa kekurangan.

Bijaklah Menggunakan Uang Anda untuk kebutuhan sehari – hari, pastikan Anda membelanjakan uang hanya untuk kebutuhan anda, hindari membeli sesuatu hanya sekadar memenuhi keinginan Anda, dan mulailah menyisihkan penghasilan anda.

  1. Segera Lunasi Cicilan Sekarang Juga

Bagi Anda yang punya cicilan baik kredit rumah, kendaraan, dan lain sebagainya. Sangat disarankan untuk segara melunasi cicilan anda sebelum anda memasuki masa pensiun. Agar kelak saat tiba masa pensiun, anda tidak perlu lagi menghabiskan uang anda untuk membayar cicilan.

Percayalah bahwa cicilan akan lebih menyulitkan anda saat masa pensiun, Anda harus selalu membayar tagihan, sedangkan penghasilan anda saat pensiun telah berkurang.

Lunasi cicilan sebelum masa pensiun anda agar anda dapat pensiun dengan nyaman, aman, dan tentram.

  1. Rintis Usaha Sampingan

Rintislah usaha sampingan Anda sejak masih aktif di kantor. Karena mengembangkan usaha tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Terlambat rasanya jika anda baru mulai merintis sebuah usaha saat masa pensiun.

Maka dari itu rintislah usaha sampingan selagi anda menjadi karyawan, tetapi tetaplah menjadi karyawan yang professional. Serahkan usaha sampingan anda pada orang kepercayaan anda misalnya istri atau saudara anda, agar anda tidak kewalahan dan tetap dapat bekerja sebagai karyawan yang professional.

Setelah anda pensiun, barulah anda fokus pada usaha anda yang telah anda rintis, kembangkan lebih maksimal, agar dapat menjadi sumber penghasilan anda yang baru, dengan demikian, anda tidak akan merasa kekurangan bahkan seletah anda pensiun.

  1. Jaga kesehatan dengan rajin olahraga

Masa pensiun akan terasa menyebalkan jika harus dihabiskan dengan kondisi kesehatan yang buruk, sehingga anda harus menghabiskan masa pensiun anda dengan sakit -sakitan.

Setelah Anda bersusah payah mempersiapkan masa pensiun anda sejak muda dahulu, kemudian saat pensiun anda tidak dapat menikmati hasil kerja keras anda dikarenakan kondisi kesehatan anda yang buruk.

Oleh sebab itu, jagalah kesehatan anda bahkan jauh sebelum masa pensiun anda dengan rajin berolahraga dan pola makan sehat, agar anda dapat menikmati  hasil kerja keras anda saat anda pensiun nanti.

  1. Rajin Membeli Buku

Bukan hanya kesehatan badan yang harus anda jaga, otak pun harus dirawat dengan baik. Sehingga anda tidak mengalami pikun bahkan penyakit Alzheimer yang kerap kali menghinggapi para lansia.

Rajinlah membeli buku sejak saat ini. Walaupun mungkin saat ini Anda sedang tidak memiliki banyak waktu untuk membaca buku, setidaknya anda dapat menyimpannya  dengan rapi terlebih dahulu. Buku tidak mengenal kadaluarsa, sehingga bisa tetap anda baca meski sudah tersimpan bertahun – tahun di lemari buku anda.

Membaca buku selain menambah pengetahuan anda, juga bisa membuat otak tetap aktif dan menghindarkan Anda dari kepikunan bahkan penyakit Alzheimer.

Demikianlah Tujuh Tips Persiapan Masa Pensiun Versi Kami.

Sebagai Manusia, mau tidak mau kita akan mangalami tua, dan hal tersebut tak dapat kita tolak. Maka dari itu Persiapan Masa pensiun wajib dilakukan.

Jangan tunda-tunda untuk melakukannya. Semakin cepat anda menyiapkan masa pensiun, semakin nyaman, aman, dan tentram hidup anda nanti.

Semoga tulisan tentang persiapan masa pensiun ini bermanfaat.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?