Untung Rugi Bisnis Apartemen di Kota-Kota Besar

0
114

Menimbang Untung-Rugi Bisnis Investasi Apartemen di Kota-Kota Besar

Apartemen merupakan jenis hunian yang kian digandrungi oleh masyarakat urban di kota-kota besar. Mahalnya harga tanah serta kondisi lingkungan yang kurang aman kerap menjadi pertimbangan para pembeli properti untuk memilih apartemen sebagai tempat tinggal permanen.

Bagi para “pemain lama” di sektor investasi properti, investasi apartemen bukanlah model bisnis baru. Investasi properti dalam bentuk apartemen sudah lama menjadi komoditi panas yang menarik minat banyak investor.

Meski menggiurkan, jenis investasi ini ternyata juga memiliki risiko sendiri, karena itu menimbang untung-rugi bisnis investasi yang satu ini penting dilakukan, terutama bagi Anda yang baru berniat terjun di model bisnis ini.

Berikut adalah beberapa keuntungan bisnis investasi apartemen:

  1. Pertumbuhan Harga Jual yang Tinggi dan Harga Sewa yang Mahal

Pertumbuhan harga jual apartemen merupakan salah satu yang paling tinggi di bidang properti. Lokasi apartemen yang dibangun di pusat kota serta ketersediaan berbagai fasilitas serta layanan yang menarik membuat harga komoditi ini kian mahal di pasaran.

Selain itu, sambil menunggu harga jual naik, apartemen juga dapat disewakan dengan nilai yang fantastis sehingga Anda dapat mengeruk passive income setiap bulannya sebelum menemukan harga yang cocok untuk melepas properti Anda.

  1. Perawatan Properti Cenderung Lebih Mudah

Apartemen biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas termasuk perawatan unit dari pengembang. Hal ini membuat jenis properti yang satu ini cenderung mudah dirawat, sangat berbeda dengan jenis hunian lain seperti rumah yang membutuhkan perawatan ekstra mulai dari membersihkan halaman, mengecat dinding luar rumah yang kusam, hingga membetulkan atap yang bocor.

Terlepas dari keuntungan-keuntungan tersebut, bisnis investasi apartemen bukannya tanpa celah. Berikut adalah kekurangan dari model bisnis ini:

  1. Tidak Fleksibel

Apartemen hanya memiliki dua opsi untuk menghasilkan uang; antara dijual, atau disewakan. Berbeda dengan jenis properti lain yang dapat diubah fungsinya seperti tanah yang dapat dimanfaatkan untuk membangun ruko, tempat olahraga, kafe, dan beragam jenis sarana lainnya, atau rumah yang bisa dijadikan sebagai kos-kosan, warung, laundry, atau rumah makan.

  1. Tidak Bisa diperluas

Properti apartemen yang Anda beli sebagai investasi bentuknya sudah permanen dan lahannya tidak bias diperluas. Tidak seperti properti kos atau rumah yang bangunannya dapat terus dikembangkan dan diperluas sesuai dengan ruang kosong yang tersedia.

  1. Tidak Memiliki Hak Guna Bangunan

Karena tidak berdiri langsung di atas tanah, kepemilikan apartemen biasanya tidak memiliki hak guna bangunan. Oleh karena itu hal ini dapat sangat merugikan apabila ada kejadian tidak terduga yang merusak properti Anda seperti kebakaran atau kerusakan permanen.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis investasi apartemen di kota-kota besar, pada akhirnya memang tidak ada bisnis yang seratus persen aman tanpa risiko, karena itu kejelian melihat peluang serta pertimbangan yang matang sangat penting diasah sebagai senjata yang kelak akan mengantar Anda menuju puncak kesuksesan.