Wajib Ketahui 3 Hal Ini Sebelum Investasi Properti

0
69

Yang Wajib Diketahui Sebelum Memulai Investasi Properti

Saat ini banyak sekali ahli finansial yang menyarankan untuk memulai investasi. Lalu, kenapa harus berinvestasi? Investasi adalah tabungan jangka panjang yang sangat penting untuk masa depan Anda. Investasi merupakan cara lain untuk mengelola atau mendapatkan uang selain dengan cara menabung.

Salah satu investasi yang saat ini menjadi favorit adalah investasi properti. Hal ini karena nilai properti akan selalu naik dan tidak terpengaruh inflasi sehingga tergolong investasi yang aman. Lalu, apa saja yang wajib diketahui sebelum memulai investasi properti? Cek artikel berikut ini!

Tentukan tujuan investasi

Sebelum Anda memulai investasi, pastikan Anda sudah menentukan tujuan investasi Anda. Jika tujuan investasi Anda adalah untuk tujuan jangka panjang, maka investasi properti cocok untuk Anda. Hal ini disebabkan karena nilai dari investasi ini tidak bisa didapatkan dalam jangka waktu hitungan hari atau minggu. Anda harus cukup bersabar dalam berinvestasi bidang properti. Intinya investasi properti bukanlah uang cepat seperti Anda menjual emas. Bisnis properti akan menguntungkan dalam jangka waktu yang panjang. Bisnis ini juga dapat membuka peluang untuk bisnis-bisnis lainnya, jadi jika Anda memiliki uang yang tidak terpakai dan ingin mencoba bisnis, maka bisnis properti mungkin cocok untuk Anda lakukan.

Tentukan jenis properti

Ketika Anda berbicara mengenai investasi properti, Anda akan dihadapkan pada banyak sekali pilihan propertinya, seperti apartemen, kos, rumah, atau pun ruko. Dalam memilih properti tersebut, yang harus Anda lakukan adalah memperhitungkan antara modal yang Anda miliki dengan prospek keuntungan yang akan Anda dapatkan. Jangan sampai Anda memilih properti hanya karena terlihat bagus saja. Hal ini akan mengurangi terjadinya kerugian dari investasi properti Anda. Jika Anda membeli properti hanya karena suka lokasinya, suka bentuk dan design interior rumahnya, maka alasan ini digunakan untuk membeli rumah tinggal dan bukan untuk investasi properti. Pastikan Anda membedakan properti untuk investasi dan tempat tinggal agar Anda tidak salah mengambil keputusan dalam mempertimbangkan keuntungan bisnis properti yang Anda lakukan.

Tentukan sumber dana

Ketika Anda memililh investasi properti, pastinya Anda akan membutuhkan modal yang cukup besar di awal. Yang harus Anda perhatikan adalah sumber dana yang akan gunakan sebagai modal. Anda harus melakukan analisis keuangan terlebih dahulu. Jika Anda memuutuskan untuk meminjam bank, Anda harus perhitungkan bunga per tahun yang harus Anda bayarkan ke bank. Kemudian, perhitungkan juga estimasi pertumbuhan nilai dari properti Anda setiap tahunnya. Selain itu, Anda juga harus mengetahui beberapa hal penting ketika Anda baru memulai investasi properti, seperti laba, ROI, hingga capital rate.

Nah, jika Anda masih bingung mengenai seluk beluk berinvestasi di bidang properti, Anda bisa mengikuti beberapa workshop atau seminar mengenai investasi properti seperti yang diadakan oleh komunitas KSI atau Kost Strategy Investing. Dalam komunitas KSI ini  Anda akan banyak sekali bertemu para pebisnis kost yang siap berbagi ilmu dan kiat-kiat serta menjadi networking Anda, sehingga bisnis kost Anda menguntungkan hingga 90-100%.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan seputar investasi properti melalui buku maupun program e-course yang digelar oleh Komunitas KSI (Kost Strategy Investing). Melalui buku dan program e-course tersebut, Anda bisa mempelajari seluk beluk bisnis properti kost dari berbagai pengalaman maupun strategi dari para investor.