Yuk Belajar dari Pengalaman Beli Rumah Tanpa Riba

0
230

Yuk Belajar dari Pengalaman Beli Rumah Tanpa Riba Berikut Ini!

Anda bisa menyontek pengalaman beli rumah tanpa riba dari contoh menarik berikut ini!

Bagi siapapun, membeli rumah sendiri adalah impian yang pasti ingin segera diwujudkan. Mungkin untuk Anda, perkara membeli rumah bukan hanya sekadar seberapa cepat Anda melunasinya tapi juga bagaimana menghindari riba. Belajar dari pengalaman beli rumah tanpa riba yang pernah dilakoni beberapa orang berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasi untuk Anda!

Membeli Rumah Lewat Pengembang Syariah

Semakin banyaknya masyarakat yang ingin membeli rumah cicilan tanpa riba membuat para pengembang terus meluncurkan program baru. Salah satunya adalah program perumahan syariah yang dilakukan tanpa bank, tanpa bunga dan tentu saja tanpa riba.

Pengalaman beli rumah tanpa riba berikut ini dilakoni oleh seorang ibu rumah tangga, sebut saja Ira (Tokoh hanyalah fiktif, jika ada kesamaan karakter, nama maka bukan kesengajaan). Pertama kali mendengar adanya pengembang  syariah, baik Ira maupun suaminya sama-sama tidak yakin. Maklumlah karena waktu itu sistem pembelian rumah semacam ini masih belum begitu populer.

Setelah memastikan kredibilitas pengembang dan bagaimana sistem pembeliannya, Ira dan suami akhirnya memilih sebuah rumah tipe 36/72 dengan harga tak sampai Rp300 juta per unit yang saat itu statusnya inden. Setelah membayar biaya booking fee sebesar Rp3,75 juta, pembeli kemudian diminta membayar uang muka sebesar Rp36 juta yang pembayarannya bisa dicicil selama 12 bulan tanpa bunga sama sekali. Penting sekali bagi Anda untuk melihat informasi mengenai proyek pengembang, kredibilitas dan tanggung jawab dari pengembang.

Setelah uang muka lunas, pembeli tinggal memilih jangka waktu pembayaran sesuai harga rumah yang dibeli. Cicilan maksimal yang disediakan oleh pengembang tempat Ira membeli rumah waktu itu adalah 10 tahun. Jangka waktu ini bisa berbeda-beda tergantung kebijakan masing-masing pengembang. Karena pembayaran dilakukan langsung kepada developer, tidak ada bunga yang dikenakan pada pembeli dan tentu saja ini bisa jadi salah satu opsi menghindari riba.

Membeli Rumah Melalui Bank Syariah

Selain membeli rumah dengan menggunakan cicilan langsung pada developer syariah, membeli rumah degan menggunakan kredit dari bank syariah juga banyak dipilih. Seperti yang kita ketahui, semakin tingginya kebutuhan masyarakat Indonesia akan sistem perbankan syariah membuat banyak bank konvensional membuat sistem syariah masing-masing.

Kredit dari bank syariah inilah yang dipilih oleh seorang blogger, sebut saja Andi. Setelah berusaha mencari pinjaman ke mana-mana untuk membeli rumah namun gagal, dia akhirnya memutuskan untuk datang ke bank A yang merupakan bank syariah.

Untunglah pada waktu itu, bank tersebut sudah menyiapkan opsi untuk kredit rumah bebas riba yang diinginkan Andi. Meskipun dibanding bank konvensional, angsuran dari bank syariah ini memang sedikit lebih mahal karena ketiadaan subsidi dari pemerintah.

Setelah melengkapi berbagai persyaratan, permohonan kredit Andi akhirnya diterima bank. Dengan pinjaman sebesar Rp. 100 juta itulah Andi akhirnya membeli rumah incarannya. Selanjutnya Andi diminta membayar cicilan dengan masa kredit selama 15 tahun. Keuntungan lain yang dirasakan Andi dari menggunakan bank syariah adalah jumlah tagihannya yang tidak mengalami kenaikan.

Pengalaman beli rumah tanpa riba tidak hanya pernah dilakoni oleh Ira dan Andi saja. Rekan-rekan atau keluarga Anda mungkin saja ada yang pernah mencoba cara yang sama. Dua pengalaman di atas bisa Anda jadikan referensi jika ingin membeli rumah bebas dari skema riba.