fbpx
Monday, June 27, 2022
HomeBisnis Kost10 Cara Menabung untuk Pensiun Demi Masa Tua yang Sejahtera

10 Cara Menabung untuk Pensiun Demi Masa Tua yang Sejahtera

10 Cara Menabung untuk Pensiun Demi Masa Tua yang Sejahtera

Salah satu tujuan utama dari hidup adalah memiliki masa tua yang tenang dan sejahtera. Hidup tenang di masa pensiun merupakan dambaan banyak orang. Dan mempelajari cara menabung untuk pensiun sekarang juga merupakan salah satu langkah tepat yang bisa dilakukan.

Lalu apa yang dimaksud dengan dana pensiun? Jika membahas dana pensiun yang bagus, maka perlu diketahui terlebih dahulu bahwa dana pensiun merupakan dana yang dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan setelah tidak lagi mendapatkan penghasilan rutin. Selain itu, mengetahui cara mengelola dana pensiun yang baik juga penting untuk dipersiapkan agar mandiri secara finansial di masa tua.

Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut kami rangkum 10 cara yang bisa dilakukan untuk menunjang masa pensiun yang tenang dan sejahtera:

  1. Tentukan Masa Pensiun

Agar berhasil dalam mencapai program dana pensiun terbaik, menentukan masa pensiun merupakan langkah awal yang perlu dilakukan. Maksudnya, pada usia berapa kira-kira kamu akan berhenti mendapatkan penghasilan atau tidak bekerja lagi. Di Indonesia sendiri, umumnya seseorang akan pensiun di usia 57 tahun. Semakin cepat kamu mempersiapkan tabungan pensiun, maka usaha dana pensiunnya akan semakin ringan untuk tercapai.

  1. Menabung Secara Konsisten

Dalam rangka cepat terkumpulnya dana pensiun, konsistensi dalam menabung harus ada dan dilatih. Hal ini bisa terapkan dengan menyisihkan sekitar 10 persen dari penghasilan. Bayangkan saja, jika seseorang menghabiskan 4 juta per bulan, maka dalam setahun dia akan menghabiskan 48 juta. Maka kejadian-kejadian seperti ini bisa dipertimbangkan lagi demi ketenteraman di masa tua.

  1. Lunasi Biasa Cicilan Rumah

Salah satu cara menabung untuk pensiun adalah dengan melunasi biaya cicilan rumah. Dengan cicilan rumah di masa pensiun, kamu akan bisa memanfaatkan rumah yang ditinggali di sana secara “bebas sewa.” Tentunya ini bisa mengurangi biaya bulanan secara signifikan.

  1. Rencanakan Inflasi Sebagai Fakta Kehidupan

Seperti diketahui, inflasi dan kenaikan harga dapat mengacaukan daya beli dana pensiun. Ketika merencanakan pensiun, coba asumsikan bahwa harga-harga akan naik. Ini akan membantu kamu bersiap dalam menghadapi segala kemungkinan yang datang. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan menginvestasikan dana pensiun untuk membuka tabungan atau membeli emas untuk menghindari inflasi.

  1. Fokus Pada Kesehatan Fisik

Memfokuskan kesehatan fisik saat ini adalah kunci untuk tetap sehat di masa pensiun, mengingat tingginya biaya perawatan kesehatan. Dikarenakan biaya perawatan kesehatan akan sangat membebani keuangan, kamu bisa berinvestasi dengan menjaga kesehatan agar di masa tua nanti akan tetap sehat.

  1. Diskusikan Tentang Pengeluaran Pensiun Pada Pasangan atau Orang Terpenting

Ini merupakan langkah penting dalam memahami proses menabung untuk pensiun. Memiliki sifat terbuka pada pasangan akan membantu mendapatkan ide-ide atau masukan-masukan baru. Kamu bisa membicarakan berapa banyak uang yang akan dibelanjakan di masa pensiun agar kamu dan pasangan berada di lingkaran atau pemikiran yang sama.

  1. Jangan Kaget dengan Biaya-biaya Tak Terduga

Memang banyak sekali rencana yang sudah direncanakan, namun di masa yang akan datang pasti ada yang namanya biaya-biaya tak terduga. Biaya-biaya tersebut bisa berupa biaya pajak properti atau biaya pemeliharaan rumah tangga yang mungkin akan naik secara dramatis selama masa pensiun, dan itu harus dipersiapkan juga.

  1. Berinvestasi Melalui Bisnis Kost

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk tabungan pensiun adalah dengan mencoba bisnis franchise kost. Hal ini bisa menjadi referensi untuk passive income di masa tua. Dengan menekuni bisnis kost-kostan, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan pemasukan bulanan saat di masa pensiun. Inilah salah satu alasan pentingnya menabung secara konsisten. Dana yang sudah ditabung selama hidup di masa produktif bisa dimanfaatkan untuk membangun kost atau kontrakan.

  1. Amankan Asuransi

Tidak dipungkiri bahwa kondisi kesehatan sering kali menghadapi tantangan yang lebih di usia tua. Jika kamu ingin mengamankan asuransi untuk masa pensiun, maka kebutuhan asuransi perlu diamankan sejak dini. Dana pensiun dan asuransi memang merupakan dua hal penting dalam mempertimbangkan masa pensiun. Jika sudah menjalankan rencana keuangan dana pensiun secara rutin, maka risiko pengeluaran mendadak dalam jumlah besar relatif bisa dikendalikan.

  1. Bekerja Lebih Lama

Salah satu cara menabung untuk pensiun yang perlu diperhatikan adalah dengan bekerja lebih lama dari rencana atau ikatan pekerjaan yang sudah ditetapkan. Mungkin ini bukan hal yang ingin kamu lakukan, namun dengan bekerja lebih lama, kamu bisa mempersiapkan dana pensiun lebih matang lagi.

Pentingnya Asuransi Pensiun

Dengan asuransi pensiun, seseorang dapat menjaga kondisi keuangannya tetap stabil sehingga mampu menanggung kebutuhan keluarga meski sudah tidak lagi bekerja. Selain itu, peningkatan biaya hidup atau inflasi juga perlu dipertimbangkan. Karena jika hanya bergantung pada uang tabungan, pada akhirnya dana yang terkumpul akan termakan inflasi. Di sinilah asuransi pensiun dan investasi memiliki peran penting.

Manfaat Asuransi Dana Pensiun

Asuransi dana pensiun memiliki tiga manfaat utama, antara lain:

  1. Terlindungi dari Kesulitan Finansial

Perlu ditanamkan dalam pikiran bahwa risiko kesulitan finansial bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Contoh sederhana saat memasuki usia pensiun atau sudah tidak lagi aktif bekerja, biaya uang sekolah anak bisa saja naik mengikuti inflasi tahunan.

  1. Santunan Risiko Cacat dan Meninggal Dunia

Ketika seseorang memasuki usia tua, risiko sakit hingga meninggal dunia tentu lebih tinggi dibandingkan usia produktif. Karena itu, sangat penting memiliki asuransi pensiun yang dapat memberikan santunan meninggal dunia dan cacat tetap total. Tujuannya pun tidak lain untuk menjamin biaya hidup keluarga yang ditinggalkan.

  1. Investasi Terbaik Untuk Bekal di Masa Tua

Dalam memilih asuransi pensiun, ada baiknya untuk memilih yang ada manfaat investasi di dalamnya. Sebut saja asuransi jiwa unit link yang memberikan manfaat tabungan pensiun jangka panjang yang ideal. Namun perlu diperhatikan juga bahwa biasanya premi asuransi unit link lebih mahal dari pada asuransi murni.

Untuk pilihan lainnya, kamu juga bisa mengambil asuransi pensiun dan investasi terpisah sehingga kedua manfaatnya bisa didapatkan dengan maksimal.

Asuransi Dana Pensiun Yang Bagus

Beberapa rekomendasi produk asuransi dana pensiun yang bagus di Indonesia, antara lain:

  1. AIA Prolink Assurance
  2. Asuransi Pensiun AXA Mandiri
  3. BPJS Ketenagakerjaan Jaminan Pensiun
  4. Asuransi dana pensiun bca
  5. Manulife MiGolden Retirement
  6. Dana pensiun bni Syariah
  7. Asuransi Pensiun BNI Life
  8. Tabungan pensiun prudential Syariah
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?