Bisnis Kost Tanpa Modal?

0
54

Langkah-Langkah dalam Merintis Bisnis Kos Kosan Tanpa Modal  

Bisnis kos memang memiliki keuntungan yang menggiurkan jika bisa dikelola dengan baik. Di balik keuntungan yang besar itu, dibutuhkan modal yang sangat banyak jika Anda ingin membangun kos sendiri. Namun, bagaimana jika Anda ingin merintis bisnis kos kosan tanpa modal dan dengan cara yang praktis? Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa membeli kos-kosan dengan modal terbatas atau bahkan tanpa modal. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan. 

  1. Menjadi Agen Pemasaran Kos 

Bagaimana bisa menjadi agen pemasaran kos termasuk dalam bisnis kos kosan tanpa modal? Bisnis kos tidak harus menjadikan Anda sebagai pemilik dari kos tersebut. Mulailah dengan melamar menjadi agen pemasaran pada pemilik kos. Anda bisa membantu pemilik kos untuk mencari orang-orang yang berpotensi menyewa kamar kos. Anda juga dapat mencari kos yang menurut Anda potensial lalu Anda beli jika memang Anda ingin membelinya.

Tidak ingin repot mengajukan diri untuk bekerja pada pemilik kos? Anda bisa mulai membuat situs jaring berkonten pemasaran kos. Selain memperoleh pendapatan dari iklan yang dipasang di situs, Anda juga membantu banyak orang yang ingin menyewa tempat tinggal. Keuntungan dari situs dapat digunakan sebagai modal untuk mendirikan kos milik sendiri. 

  1. Menjadi Pengelola Kos

Pengelola kos berbeda dengan agen pemasaran. Tidak hanya menawarkan kos pada orang-orang, Anda juga harus menjaga dan mengurus kos. Pekerjaan ini bisa dilakukan jika pemilik kos berada di tempat yang jauh dan dalam waktu yang lama, sehingga sulit untuk mengelolanya sendiri tanpa bantuan orang lain. 

Selain mendapatkan gaji sebagai pengelola kos, Anda bisa mendapatkan bonus tambahan dari pemilik kos jika berhasil menyewakan kamar. Ingin penghasilan lebih lagi? Anda bisa membuka usaha kecil seperti toko kelontong atau binatu. Tidak perlu khawatir mengerjakan semua sendirian, karena Anda bisa mempekerjakan asisten rumah tangga untuk mengurus kebersihan di area kos. 

  1. Mengontrakkan Beberapa Kamar Kosong di Rumah

Anda mempunyai rumah yang luas dan memiliki beberapa kamar lebih? Mungkin tak semua kamar itu terpakai. Daripada membangun kos baru, ada baiknya menyediakan kamar-kamar tersebut untuk disewakan. Ini bisa jadi awal yang baik sebelum Anda benar-benar menjalankan kos dengan bangunan tersendiri. Kontrakan yang biasanya cenderung memiliki jumlah kamar yang lebih sedikit dari kos-kosan, bisa Anda jadikan sebagai bahan pembelajaran dan praktik sebelum mengelola bisnis kos-kosan.

Mungkin rasanya asing karena ada orang-orang baru yang tinggal di rumah pada awalnya. Jangan lupa untuk memasang kamera pengawas di sekitar dan di dalam rumah jika cemas akan keamanan. Jika Anda menyukai lingkungan yang ramai dan hidup, penghuni kos bisa menjadi teman agar tidak kesepian. 

4. Kerja Sama dengan Bank

Selain tiga langkah di atas, Anda bisa memperoleh modal melalui pinjaman bank dengan menyerahkan proposal bisnis kos. Bank akan memeriksa proposal dan melakukan survei pada lokasi kos Anda. Atau bisa meminjam dengan jaminan aset yang dimiliki, seperti kendaraan pribadi. Perlu dicermati, cara ini cukup berisiko. Jika kos sepi pelanggan, maka Anda akan kesulitan mengembalikan pinjaman dari bank. 

Nah, itulah penjelasan tentang langkah-langkah dalam merintis bisnis kos kosan tanpa modalyang perlu Anda ketahui. Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari modal yang besar demi bisnis ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi.