fbpx
HomeBisnis KostBisnis Rumah Kost Tanpa Modal : Bagaimana Caranya?

Bisnis Rumah Kost Tanpa Modal : Bagaimana Caranya?

Penghasilan yang ditawarkan dari hasil berbisnis rumah kost memang menggiurkan. Banyak orang rela mengeluarkan modal besar hanya untuk membangun tempat kost besar. Namun, tahukah Anda, membuka usaha kost ternyata tak harus mengeluarkan biaya?    

Anda bisa memulai bisnis rumah kost tanpa modal dengan menerapkan tips-tips di bawah ini. 

  1. Manfaatkan Kamar Kosong di Rumah Anda 

Memulai bisnis kost bisa dimulai dari rumah Anda. Jika ukurannya luas dan memiliki banyak kamar kosong, sewakan untuk kost. Dengan cara ini, biaya yang dikeluarkan tidak banyak. Anda hanya harus merenovasi dan merapikan interior kamar. 

Sebagai referensi, berikut ini tips-tips mendesain kamar kost. 

  • Cat ulang dinding kamar dengan warna-warna cerah dan ceria. Kalau perlu, sematkan wallpaper di beberapa sisi agar tampak menarik. 
  • Jika lantai menggunakan keramik, Anda mesti mengepelnya sampai bersih. Sebaliknya, kalau lantai masih plesteran, gelar karpet dengan desain unik. 
  • Letakkan perabot multifungsi supaya ruangan tampak lega. 
  • Pastikan pintu dan jendela berfungsi dengan baik. Cek juga kamar mandinya; dari mulai keran air sampai kondisi kloset. 

2. Bantu Pemilik Kost untuk Mendapatkan Penyewa 

Berbisnis kost bukan berarti menjadi pemiliknya langsung. Anda bisa berperan sebagai marketing rumah kost tertentu. Pemilik kost tersebut akan memberikan sejumlah kompensasi jika Anda berhasil menarik penyewa. 

Mendapatkan penyewa kost di zaman sekarang cukup mudah. Pasalnya, promosi bisa dilakukan secara onlineAnda cukup memasang iklan di situs sewa kost. Saat ada pengunjung situs mengeklik iklan, ia akan melihat info lengkap kost yang ditawarkan. 

Kalau pengunjung kost tertarik, ia pasti langsung menghubungi pemasang iklan. Karena itu, jangan lupa menyertakan nomor ponsel di banner promosi. 

Tidak hanya lewat online, mendapatkan penyewa pun bisa dilakukan dengan menyebarkan brosur. Sebagai contoh, target pasar Anda adalah mahasiswa. Untuk menggaet konsumen dari kalangan mahasiswa, brosur harus disebar di kawasan kampus. 

3. Kerja Sama dengan Teman atau Anggota Keluarga  

Modal bisa didapatkan dari berbagai sumber, termasuk dari orang orang terdekat Anda. Coba ajak teman atau anggota keluarga yang memiliki dana lebih untuk membangun usaha kamar kostBuat surat perjanjian dan tetapkan sistem pembagian keuntungannya. 

Ada dua metode pembagian keuntungan yang bisa Anda terapkan. Pertama, sistem porsi tetap atau fixed equity split. Semisal, dalam perjanjian tertulis, jatah keuntungan untuk pemodal 30 persen, sedangkan pengelolan mendapatkan 30 persen. Jadi, seberapa pun besarnya omset kost, pemodal tetap memperoleh sejumlah yang ditetapkan. 

Metode pembagian keuntungan yang kedua mengadopsi sistem porsi saham dinamis. Artinya, penghasilan Anda dan teman Anda ditentukan berdasarkan kontribusi kerja. Makin banyak jam kerja, berarti keuntungan makin besar. 

Jadi, sudah siapkah Anda membangun bisnis rumah kost tanpa modal? Tunggu apa lagi?  Kembangkan bisnisnya dan raih laba sebanyak-banyaknya. 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?