Bisnis sewa kost di Surabaya

0
13
Bisnis kost di surabaya

Bisnis sewa kost adalah salah satu dari sekian banyak model bisnis properti dengan keuntungan yang menjanjikan. Maka dari itu bisnis ini sudah pasti tak luput dari mata para pebisnis dan investor.

Bisnis kost juga tergolong bisnis yang awet dan tahan lama. Karena sudah ada sejak belasan bahkan puluhan tahun lalu. Bisnis ini memiliki keuntungan modal (capital gain) yang sifatnya jangka panjang sehingga suatu saat nanti anda dapat mewariskan bisnis kost ini kepada anak cucu anda.

Jika berbicara mengenai peluang keberhasilan mendirikan bisnis sewa kost di Surabaya, tentu akan sangat menarik untuk di bahas. Karena Surabaya sendiri merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia sehingga memiliki banyak perkantoran dan pusat pendidikan ternama. Sehingga prospek keberhasilan bisnis sewa kost di Surabaya sangat menjanjikan.

Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan jika memiliki bisnis kost di Surabaya. Surabaya merupakan Ibukota Provinsi Jawa Timur. Sehingga proses pembangunannya pun akan terus berlanjut.

Di Surabaya juga banyak terdapat kampus ternama seperti Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Negeri Surabaya, dan STIE Perbanas Surabaya. Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia yang memiliki cukup banyak perkantoran ternama. Dan tidak sedikit dari pegawai kantoran yang ada di Surabaya merupakan masyarakat pendatang.

Jika anda sudah menentukan target pasar anda, hal tersebut tentu akan mudah tercapai di Surabaya. Baik itu mahasiswa, maupun karyawan.

Terlepas dari kota Surabaya yang memiliki prospek menjanjikan dalam membangun bisnis sewa kost di Surabaya, anda juga harus memahami berbagai hal berkaitan dengan ini seperti cara memulainya, cara mengelolanya, dan kelebihan hingga kekurangan dari bisnis itu sendiri.

Bisnis kost di surabaya

Kali ini kita akan sedikit membahas kelebihan dan kekurangan bisnis sewa kost di Surabaya.

Kelebihan

  1. Investasi Anti Rugi

Bisnis sewa kost dapat dibilang investasi anti rugi, alasannya karena harga tanah dan bangunan akan terus naik seiring berjalannya waktu mengingat kota Surabaya yang merupakan ibu kota Jawa Timur akan terus berkembang dengan pesat, sehingga bisnis properti yang satu ini minim resiko rugi.

Jika Anda memiliki bisnis kost ekslusif, maka keuntungannya bisa semakin berlipat ganda!

  1. Balik Modal dalam waktu singkat

Meskipun bisnis properti ini terbilang memerlukan modal yang besar di awal, namun perputaran uang di bisnis ini sangat cepat sehingga modal yang anda keluarkan di awal bisa kembali dalam waktu yang relatif singkat.

Jika di rata-rata biasanya dalam kurun waktu 5-10 tahun modal akan kembali dengan tambahan keuntungan yang lumayan.

  1. Penghasilan Jangka Panjang

Selama rumah kost tetap berdiri dan selama kamar kost banyak penghuninya, maka Anda akan terus mendapat keuntungan.

Jika tempat kost Anda berada di lokasi yang strategis maka kemungkinan besar rumah kost Anda akan terus terisi bahkan hingga berpuluh-puluh tahun lamanya.

Dan selama rumah kost terisi penuh, Anda tinggal menikmati waktu sambil melakukan kegiatan lainnya.

  1. Penghasilan Lebih Tinggi Dibangingkan Dengan Rumah Kontrakan

Jika diperhatikan, pengelolaan rumah kost memang lebih merepotkan dibanding rumah kontrakan.

Tapi jika Anda membandingkan penghasilannya, rumah kost jauh lebih menguntungkan daripada rumah kontrakan.

Belum lagi Anda bisa menyediakan layanan tambahan kepada para peghuni kost seperti laundry, catering hingga pulsa.

  1. Peminat Cukup Banyak

Salah satu kunci sukses membangun bisnis sewa kost di Surabaya adalah memilih lokasi yang strategis. Kota Surabaya sendiri sudah dapat dipastikan memiliki peminat kamar kost yang cukup tinggi karena banyaknya pendatang baru yang memerlukan tempat tinggal yang layak.

Namun walaupun lokasi rumah kost Anda tidak begitu strategis, akan selalu ada peminat untuk rumah kost Anda.

Selama harga sewa bersaing serta fasilitas yang memadai, maka Anda bisa menarik minat para calon penghuni rumah kost Anda.

  1. Bangunan Lebih terawat

Keuntungan lainnya dari ini adalah karena bangunan senantiasa terawat dengan baik jika dibandingkan dengan rumah kontrakan, karena Anda biasannya perlu melakukan beberapa berbaikan secara rutin seperti masalah air, listrik, tembok, dan atap.

Berbeda dengan rumah kontrakan yang kita tahu penghuninya belum tentu peduli dengan perawatan rumah.

Sehingga jika sewaktu-waktu Anda ingin menjual rumah kost tersebut maka bangunan anda bisa terjual dengan harga yang sangat tinggi karena kondisinya sangat baik.

  1. Capital Gain tinggi

Sebagai properti yang menghasilkan, rumah kost tentu memiliki nilai jual kembali yang jauh lebih tinggi daripada nilai awalnya.

Ini juga yang membuat bisnis kost sangat diminati para pembeli baru karena mereka paham modalnya akan kembali kelak.

Rumah kost juga adalah investasi anda yang bisa anda wariskan ke anak cucu Anda nantinya.

Bisnis Kost Surabaya

Selain Kelebihan yang sudah di jelaskan diatas, Anda juga perlu menyimak betul kekurangan dari bisnis ini.

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentu bisnis manapun yang ada pastilah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, seperti halnya bisnis sewa kost yang juga memiliki kekurangan.

Kekurangan

  1. Pemilik Kost harus bisa me-manage dengan baik

Sebagai pemilik kost tentu anda harus me-manage rumah kost anda dengan baik, seperti membuat jadwal kunjungan rutin, menentukan peraturan yang tegas dan jelas untuk semua penghuni kost seperti jam malam, membawa masuk orang luar khususnya lawan jenis, serta kebijakan pembayaran iuran kost, dan lain sebagainya.

  1. Telat membayar Iuran Kost

Kadang kala terdapat penghuni yang telat membayar iuran kost pada saat anda menagihnya, karena kebanyakan penghuni kost merupakan mahasiswa yang belum mempunyai penghasilan sendiri dan masih menunggu uang kiriman dari orang tuanya.

Atau para karyawan yang memiliki penghasilan yang tidak terlalu tinggi, maka dari itu anda selaku pemilik kost harus memiliki aturan yang jelas dan tegas.

  1. Rumah Kost memiliki potensi menjadi sepi

Tak bisa dipungkiri bahwa peluang sepi nya kamar kost bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Yaitu jika fasilitas yang menjadi daya tarik rumah kost anda sewaktu-waktu hilang, seperti kampus, perkantoran, dan pusat perbelanjaan.

Jika salah satu dari ketiga hal tersebut tutup atau perpindah ke tempat lain bisa saja kost anda menjadi sepi. Tentu hal semacam ini sangat jarang terjadi, Namun tetap saja Kita tak boleh melupakan perhitungan yang satu ini.

  1. Kurangnya Pengawasan

Seringkali para pemilik kost kesulitan jika harus mengawasi setiap penghuni kost. Hal ini menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti tindak kriminalitas dan terorisme. Hal itu membuat reputasi rumah kost anda menjadi buruk dimata penghuni kost lain dan calon penghuni kost baru.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan maka penting bagi anda untuk mengetahui identitas dan motivasi calon penhuni kost sebelum menerimanya.

Jika perlu Anda bisa membayar orang untuk selalu menjaga rumah kost anda, seperti menyewa satpam.

 

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan yang tentunya harus Anda ketahui sebelum Anda terjun bisnis sewa kost di Surabaya

agar anda dapat menjalankan bisnis ini dengan baik dan benar, mendapat keuntungan yang maksimal, dan tentunya dapat terhindar dari hal-hal yang tidak Anda inginkan.