Perbedaan Kost Versus Kontrakan

0
367

3 Kelebihan Bisnis Properti Kost Dibandingkan Kontrakan

Bisnis properti kost dan bisnis kontrakan sama-sama diperlukan untuk menunjang kebutuhan rumah tinggal, terutama di kota-kota besar. Bagi pelaku bisnis, keduanya sama-sama mendatangkan keuntungan dan memerlukan strategi tersendiri untuk menjalankannya.

Namun, ada kelebihan bisnis properti kost yang tidak dimiliki bisnis penyewaan kontrakan. Sebelum menggeluti bisnis ini, perlu Anda ketahui kelebihannya. Kelebihan ini juga dapat memengaruhi keuntungan yang akan Anda dapatkan.

  1. Tingkat kebutuhan yang lebih tinggi

Rumah kost di kawasan dekat dengan institusi pendidikan dan kawasan perkantoran masih menjadi kebutuhan penting. Umumnya, mahasiswa dan karyawan hanya memerlukan tempat untuk beristirahat dari aktivitas sehari-hari. Biasanya, mereka juga lebih banyak berada di luar daripada di kamar kost. Sehingga memerlukan tempat yang cukup untuk sendiri, mudah dibersihkan, dan tidak memerlukan perawatan.

Dengan demikian, kamar kost di dekat kawasan kampus dan perkantoran, lebih dibutuhkan daripada rumah kontrakan.

  1. Penghasilan rutin dan jangka panjang

Penghasilan yang didapat dari bisnis properti kost bersifat rutin dan jangka panjang. Setiap bulan Anda akan menerima uang pembayaran sewa dari penghuni kost selama rumah kost masih disewakan. Berbeda dengan bisnis kontrakan, yang pembayarannya hanya dilakukan sekali di muka.

Di samping itu, keberadaan rumah kost mampu mendongkrak lahan bisnis baru bagi pemiliknya. Misalnya jasa cuci baju dan setrika. Biasanya, mahasiswa dan karyawan terlalu sibuk untuk mengurus hal ini. Anda juga dapat memasukkan layanan tersebut ke dalam paket biaya sewa kost, sekaligus uang makan bila perlu. Dengan demikian, selain memperoleh pendapatan dari sewa kost, Anda juga mendapatkan penghasilan dari lini bisnis yang lain.

  1. Pengelolaan kost relatif mudah

Menjalankan bisnis properti kost relatif lebih mudah daripada bisnis kontrakan. Anda hanya akan sedikit repot ketika baru memulai bisnis ini. Ketika mulai menyiapkan kamar, membeli perabotan, dan perlengkapan elektronik serta pengadaan fasilitas lainnya. Selanjutnya, pengelolaan dapat Anda serahkan kepada orang yang dapat dipercaya. Sesekali Anda perlu datang untuk menarik sewa kost, menggaji satpam dan asisten rumah tangga, dan melakukan pengecekan fasilitas.

Selain itu, pembagian ruang untuk rumah kost juga lebih sederhana, karena Anda hanya menyewakan per kamar saja. Dibandingkan rumah kontrakan, Anda harus menyediakan ruang tamu, kamar tidur, dan kamar mandi. Jika Anda dapat membagi ruang dengan baik, satu bangunan besar mungkin dapat dibagi menjadi 8 hingga 10 kamar. Tetapi jika dibuat rumah kontrakan minimalis, kemungkinan hanya dapat dijadikan 3 atau 4 petak saja.

Kelebihan bisnis properti kost dibandingkan bisnis rumah kontrakan tersebut, membuat rumah kost lebih unggul dari segi tingkat kebutuhan, pendapatan reguler, dan cara pengelolaan.

Di samping kelebihan, juga pasti ada kekurangan dari bisnis properti kost yang harus Anda perhitungkan. Misalnya, sebagai pemilik kost, Anda harus menyiapkan peraturan bagi para penyewa dan sistem layanan terhadap kebutuhan mereka. Kekurangan lain yaitu pembayaran kost yang kadang tersendat.

Intuk mendapatkan pengetahuan lebih dalam mengenai seluk beluk bisnis rumah kost, bergabunglah bersama KSI (Kost Strategi Investing), ruang berkumpulnya para pebisnis dan investor properti. Semoga bermanfaat.