Rekomendasi Aturan Rumah Kost yang Baik Bagi Mahasiswa

0
38

Untuk membuat bisnis kos kosan berjalan lancar, Anda harus membuat aturan yang tepat. Apalagi jika penyewa kost Anda adalah mahasiswa. Para pelajar muda ini terkadang masih terlalu bebas dan bisa menyebabkan banyak masalah. Jika tidak ada aturan rumah kost yang baik, pamor bisnis Anda bisa turun karena penghuni tersebut.

Aturan ini tentu tidak hanya menentukan perilaku dan ketentuan social saja. Anda juga harus tentukan aturan seputar pembayaran, perawatan kamar kost dan pertanggungjawaban lainnya. Bagi Anda yang bingung, mari bahas beberapa rekomendasi aturan yang bisa Anda aplikasikan berikut ini:

Ketentuan Aturan Administratif

Aturan pertama yang harus Anda aplikasikan adalah ketentuan administratif. Aturan ini berhubungan dengan surat pertanggung jawaban Anda sebagai pemilik kos dengan administrative pemukiman. Izin dari RT dan RW setempat harus ada untuk mengizinkan mahasiswa tinggal di kost Anda.

Untuk hal ini, Anda minimal mengharuskan pengurusan formulir, fotocopy KTP, nomor telepon yang bisa dihubungi dan juga kontak wali. Semua ini Anda simpan dan copy-an diserahkan pada RT/RW setempat. Jadi jika ada urusan darurat kedepannya tentang mahasiswa itu, Anda sudah siapkan dokumen yang diperlukan.

Aturan Pembayaran Kost

Aturan rumah kost berikutnya berhubungan dengan pembayaran. Dalam aturan cara investasi properti yang menguntungkan soal kos kosan, hendaknya Anda menyesuaikan aturan pembayaran dengan penghuni. Untuk mahasiswa, Anda bisa tentukan waktu saat kiriman uang datang. Rata – rata pada awal bulan, adalah waktu tepat untuk menarik pembayaran.

Untuk mahasiswa, range toleransi juga bisa diberikan. Bagi mahasiswa yang kekurangan (biasanya yang menggantungkan pada beasiswa) Anda bisa tentukan durasi pembayaran yang lebih lenien. Walaupun tidak awal bulan, Anda tentukan 2 minggu awal bulan sebagai range pembayaran. Jika diluar itu, mahasiswa baru dinyatakan terlambat dan diberi sanksi.

Hak dan Kewajiban Mahasiswa Sebagai Penghuni Kost

Hak dan kewajiban penghuni kost bisa macam – macam tergantung aturan sendiri yang Anda terapkan. Contoh saja para penghuni kost bisa bebas menggunakan AC, TV dan Internet sebagai hak. Tapi selama menikmati hak tersebut, pihak penghuni memiliki kewajiban merawat segala sesuatu yang mereka nikmati.

Fasilitas kamar mandi hendaknya dirawat. Tentukan jadwal pembersihannya agar dikerjakan pihak mahasiswa. Jika tidak mau membersihkan sendiri, tarik biaya tambahan agar Anda bisa sewa pihak cleaning service untuk menjaga kondisi kamar mandi. Aturan ini cukup bebas penentuannya, tapi tetap harus disesuaikan dengan kondisi dan visi bisnis kos yang Anda ingin bangun.

Sekian bahasan tentang rekomendasi aturan rumah kost yang bisa Anda pakai. Jika Anda butuh info seputar pengelolaan bisnis kost, mengapa tidak join ke seminar dan workshop kami. Kami memberikan penawaran belajar bisnis kost baik dari buku maupun seminar kami dengan contact 0878 8214 4118. Jika tertarik belajar tips sukses menjadi pemilik kost, segeralah hubungi kami!