5 Cara Cerdas Investor Real Estate Dapat Sukses di Tahun 2018

0
135

5 Cara Cerdas Investor Real Estate Dapat Sukses di Tahun 2018

Investasi di real estate sangat menggiurkan. Agar sukses dalam real estate investing, perlu strategi yang segar untuk menjalankannya, karena strategi yang digunakan para investor pada 10-15 tahun lalu terlalu ketinggalan zaman dan bisa tidak berhasil jika dilakukan di tahun 2018.

Para investor real estate belajar secara konstan dan memperbarui praktik investasinya untuk mencapai level kesuksesan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, Anda harus bisa bersaing dengan mereka agar property cash machine Anda maksimal. Anda bisa mengikuti lima cara di bawah ini:

  1. Membangun network atau jaringan

Semakin Anda bertemu dengan orang baru, semakin banyak Anda mengikuti acara membangun jaringan bersama para investor real estate, semakin banyak melakukan kontak dengan orang lain, maka semakin besar kemungkinan untuk sukses.

Cara ini memang tidak mudah dan tidak bisa dicapai dalam satu malam. Namun, yang terpenting, Anda tidak boleh mudah menyerah membangun jaringan. Gunakan semua social network seperti Facebook atau LinkedIn agar optimal.

  1. Beli properti untuk pribadi

Membeli rumah pada pertama kali akan mudah secara keuangan karena uang muka lebih rendah dan suku bunga yang lebih baik. Untuk mendapatkan penawaran terbaik, Anda bisa melakukan penawaran langsung terhadap pemilik rumah sebelumnya, karena biasanya bisa mendapatkan harga yang lebih rendah daripada melalui agen.

Anda dapat tinggal di rumah tersebut selama satu atau dua tahun. Setelahnya, sewakan rumah tersebut untuk bisa membeli rumah lain.

  1. Utamakan angka, bukan emosi

Ketakutan dan keserakahan sering menjadi faktor penyebab kegagalan real estate investing. Jangan berinvestasi menggunakan emosi. Lakukan riset tentang vacancy rate, biaya perawatan rumah, hingga profil risiko dari penyewa. Anda harus menyadari bahwa semua biaya tersebut dapat memengaruhi alur keuangan Anda.

  1. Jangan batasi diri Anda

Saat mulai mencari investasi properti yang baik, biasanya Anda akan mencari yang dekat dari rumah Anda. Padahal, bisa jadi pasar yang bagus untuk investasi Anda ada di luar kota atau di luar negeri. Jangan biarkan batasan geografis menghalangi Anda.

  1. Hindari menggunakan leverage

Leverage adalah instrumen keuangan untuk meningkatkan potential return pada sebuah investasi. Banyak investor pemula yang menggunakan ini. Sebenarnya cara ini salah dan terlalu berisiko. Sebaiknya Anda gunakan cara yang minim risiko seperti menggunakan uang sendiri dan bersabar. Untuk dapat menggunakan leverage dengan benar maka Anda harus mengetahui ilmunya. Belajarlah dan terus asah kemampuan Anda dalam membangun bisnis properti. Jangan sembarangan menggunakan leverage jika belum mengetahui ilmunya.

  1. Perhatikan pasar

Apa pun investasi real estat Anda, baik itu properti atau tanah, ingatlah bahwa pasar akan terus bergerak secara drastis mengikuti permintaan dan harga. Oleh karena itu, Anda harus yakin bahwa Anda melakukan investasi dengan modal jangka panjang dan fokus pada arus kas atau pengembalian.

Real estate investing bukan hal yang instan. Buatlah ekspektasi yang realistis terhadap investasi properti Anda. Meskipun Anda bisa mendapatkan pendapatan pasif dari investasi properti, bukan berarti Anda harus pasif mengurusnya. Bersiaplah untuk meluangkan waktu dan tenaga agar sukses berinvestasi dengan mempelajari dan investasi ilmu ke diri Anda terlebih dahulu caranya bergabung bersama KSI Community