5 Hal yang Penting Dalam Manajemen Rumah Kos

0
464

5 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Manajemen Rumah kos

Selama masih ada perkantoran dan universitas, bisnis rumah kos bisa dikatakan sebagai bisnis sepanjang masa. Apalagi bila pekerja kantor dan mahasiswa merupakan seorang perantau. Tentu mereka membutuhkan rumah ke dua untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Oleh sebab itu, terjun ke dalam bisnis rumah kos dinilai sangat mudah karena banyak peminatnya.

Walaupun terbilang mudah, namun Anda juga harus berhati-hati dalam menjalankan bisnis tersebut karena pada dasarnya setiap usaha memiliki risiko tersendiri. Nah, agar bisnis kos terhindar dari kerugian, 5 hal tentang manajemen rumah kos ini wajib Anda perhatikan.

  1. Modal Usaha

Bagi calon penyewa, fasilitas menjadi pertimbangan utama selama memilih rumah kos. Meski sebanding dengan keuntungan yang diperoleh, namun untuk memberikan fasilitas mewah kepada penyewa pun membutuhkan modal besar. Untuk menyiasatinya, Anda harus pintar mengenali siapa calon konsumen Anda.

Tak berhenti di situ saja, setiap bangunan pasti memiliki masa. Oleh sebab itu, sebagai pemilik usaha, Anda juga harus visioner. Khususnya dalam menyiapkan dana perawatan bangunan. Inilah yang akan menambah beban pengeluaran Anda nantinya. Karena untuk memiliki rumah kos yang nyaman bagi setiap penghuni, Anda wajib melakukan renovasi ketika bangunan sudah terlihat usang.

  1. Strategi Pemasaran

Bila Anda termasuk pemain baru dalam bisnis properti yang satu ini, pemasaran merupakan modal kedua yang harus diperhatikan. Pasalnya, proses inilah yang nanti akan menentukan laris tidaknya rumah kos Anda di pasaran.

Melakukan promosi rumah kos tak cukup bila dilakukan dengan cara memasang spanduk bertuliskan “Terima Kos” saja. Anda dituntut untuk lebih kreatif dalam pemasaran rumah kos, mengingat persaingan bisnis kos di luar sana yang semakin ketat.

Salah satu tips pemasaran kreatif yaitu promosi rumah kos melalui media sosial. Agar bisa memikat calon penyewa, jangan lupa menyertakan caption menarik sekaligus gambar berkualitas HD di setiap unggahan promosi rumah kos yang Anda lakukan.

  1. Laporan Keuangan

Sama halnya dengan bisnis lain, laporan keuangan menjadi unsur penting dalam manajemen rumah kos. Adanya laporan keuangan yang jelas akan membantu seorang pengusaha dalam mengevaluasi kondisi bisnis sekaligus membuat inovasi untuk mengembangkan bisnisnya.

Adapun fungsi lain dari laporan keuangan ialah untuk melihat dan menganalisis pendapatan yang diperoleh dari bisnis tersebut. Dengan mengetahui jumlah keuntungan, Anda bisa lebih bijak dalam mengalokasikan dana untuk kepentingan operasional bisnis kos.

  1. Harga Sewa Kos

Tak jauh berbeda dengan strategi pemasaran, harga sewa juga turut andil dalam menentukan keberhasilan sebuah bisnis kos. Jika harga sewa terlalu mahal, tentu akan memengaruhi minat penyewa. Sebaliknya, bila harga kos terlalu murah, maka Anda hanya memperoleh keuntungan yang kecil bahkan berisiko menanggung kerugian. Lalu bagaimana cara menentukan harga sewa kos yang tepat?

Cara paling mudah untuk menentukan harga sewa kamar kos ialah dengan memperhitungkan biaya jangka panjang yang manfaatnya dirasakan untuk jangka waktu yang lama seperti pembelian furnitur. Selain itu, biaya jangka pendek yang bersifat rutin seperti tarif listrik, air, dan pajak juga bisa digunakan sebagai metode perhitungan harga sewa kos.

  1. Kegiatan Operasional

Secara umum, kegiatan operasional berkaitan dengan bagaimana bisnis rumah kos dijalankan serta apa saja yang dibutuhkan dalam mengelola rumah kos. Misalnya untuk mengatur para penyewa agar tidak saling merugikan, maka diperlukan sebuah tata tertib yang wajib dipatuhi oleh seluruh penghuni.

Penyediaan fasilitas juga termasuk sebagai kegiatan operasional bisnis kos. Sekadar tips, agar penghuni merasa nyaman dan betah, mungkin Anda bisa menyediakan beberapa fasilitas secara gratis. Misalnya seperti air minum atau peralatan untuk memasak dan membersihkan kamar.

Sebagai pemilik tentu Anda dituntut untuk selalu memahami hal-hal teknis yang berkaitan dengan bisnis rumah kos. Bila Anda merasa kurang mampu untuk mengelola usaha ini dengan baik, cobalah bekerja sama dengan jasa manajemen rumah kos seperti BLL Management yang menyediakan jasa pengelolaan usaha kos secara profesional. Sehingga Anda tidak perlu pusing dan bingung dalam mengelola kos namun tetap mendapatkan hasil dari properti kos Anda secara terus menerus.