Sukses Bisnis Kost di Area Kampus

0
122

Inilah Kiat Sukses Bisnis Kost Area Kampus yang Perlu Anda Ketahui

Saat ini, ada banyak sekali universitas negeri maupun swasta yang tersebar di wilayah Indonesia. Tak jarang jika ada mahasiswa-mahasiswi yang tempat tinggalnya jauh dari kampus mereka. Mau tak mau, mereka harus tinggal dekat dengan universitas tempat mereka menuntut pendidikan.

Di sinilah peluang bisnis terbuka, yaitu bisnis kost. Sebelum Anda memulai bisnis ini, ada baiknya untuk mencermati apa saja hal-hal penting untuk mencapai kesuksesan bisnisnya. Berikut ini adalah kiat sukses bisnis kost area kampus yang patut diperhatikan.

  1. Lokasi

Para mahasiswa yang berasal dari luar daerah berbondong-bondong melanjutkan jenjang pendidikan ke universitas yang lebih baik atau sesuai pilihan mereka. Oleh karena itu, akan sangat sulit jika mereka tidak tinggal di daerah terdekat dengan kampus. Apalagi jika mereka tidak memiliki saudara di daerah kampus tujuan atau tidak ingin merepotkan kerabat.

Kost sering sekali menjadi pilihan tepat bagi para mahasiswa. Dengan demikian, memilih lokasi yang strategis sangat penting untuk menjadi langkah awal Anda dalam bisnis ini. Tentukan lokasi yang memungkinkan paling dekat dengan kampus. Tak hanya itu, kost juga harus dekat dengan akses-akses umum seperti pasar, transportasi umum, klinik atau rumah sakit, dan tempat hiburan.

  1. Modal dan Perizinan

Setelah menentukan lokasi yang tepat, jangan lupa jika bisnis kost membutuhkan modal. Jika Anda ingin membangun kost sendiri, ada baiknya untuk memperhatikan biaya-biaya seperti membeli tanah atau bangunan, pajak, biaya perizinan, hingga fasilitas-fasilitas yang ada di dalamnya.

Ingin meringankan tanggungan biaya? Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk menjalankan bisnis kost bersama. Selain memakai dana pribadi sebagai modal bisnis, bisa juga meminjam dana dari bank.

  1. Fasilitas

Hal yang tak bisa dilewatkan dari kiat sukses bisnis kost area kampus adalah fasilitas apa saja yang tersedia di kost. Di antaranya yang terpenting adalah listrik dan air. Kamar tidur, kamar mandi, dan dapur yang bersih dan nyaman pasti akan membuat penghuni kost lebih betah untuk menetap.

Tak hanya itu, akan bagus jika Anda mempekerjakan asisten rumah tangga untuk mengurus kos-kosan. Mahasiswa saat ini pasti sangat membutuhkan sambungan internet sebagai penunjang belajar mereka. Dengan menyediakan jaringan Wi-Fi, pasti banyak mahasiswa yang tertarik untuk menyewa kamar kost Anda.

  1. Harga

Harga sewa kamar kost menjadi salah satu alasan mahasiswa untuk memilih sebuah kost. Ada banyak mahasiswa yang masih dibiayai orang tuanya, sehingga akan menjadi beban tambahan jika harga sewa kamar kost terlalu mahal. Bagaimana membuat calon penyewa kost tertarik?

Tidak mengabaikan biaya fasilitas, Anda perlu menentukan harga yang tepat untuk satu kamar kost. Harga juga harus sesuai dengan kualitas yang disediakan. Jangan memberi harga yang terlalu murah dan tak sebanding dengan fasilitas yang ada. Atau Anda bisa memberi potongan harga jika pelanggan menyewa dalam jangka waktu tertentu.

Sekian informasi tentang kiat sukses bisnis kost area kampus yang patut disimak. Bisnis kost memang memiliki banyak keuntungan. Jadi, pastikan Anda berhati-hati dalam mengambil langkah ke depannya.