5 Keuntungan Investasi Properti, No 3 Sangat Menggiurkan!

0
263

5 Keuntungan Investasi Properti, Nomor 3 Paling Menggiurkan!

 Harga yang terus melambung setiap tahun menjadi keuntungan investasi properti yang paling dicari.

            Investasi properti adalah investasi yang menjanjikan karena harga properti naik setiap tahunnya. Investasi properti juga memiliki banyak keuntungan yaitu pemilik properti dapat investasi sekaligus tinggal atau menyewakan properti yang dimiliki. Ini berbeda dengan investasi saham atau reksa dana yang tidak bisa dipegang wujudnya. Maka banyak orang yang menganggap investasi properti memang sangat menggiurkan dan tentunya memiliki banyak keuntungan lainnya.

Terdapat 5 keuntungan investasi properti lainnya yang akan membuat Anda ingin berinvestasi di industri ini. Yuk, simak keuntungan-keuntungan tersebut!

  1. Passive income

Selain mendapatkan nilai balik dari harga properti yang melambung setiap tahunnya, Anda juga bisa mendapatkan pemasukkan lain dari properti yaitu dengan cara menyewakannya.

Berbeda dengan bisnis di industri lain yang mengharuskan Anda terlibat penuh, Anda dapat menjalankan bisnis properti tanpa bekerja dan tanpa perlu mengawasi terus menerus. Bahkan Anda bisa berlibur dalam waktu yang lama. Anda hanya tinggal menunggu penyewa membayar uang sewa atau melakukan perawatan rumah atau gedung sebulan sekali.

  1. Menangkal inflasi

Saat Anda menyimpan uang di tabungan, uang Anda akan berkurang karena ada potongan pajak dan biaya administrasi bank. Bunga deposito juga lebih kecil dari inflasi. Maka, investasi properti merupakan pilihan terbaik karena selalu menunjukkan korelasi tertinggi terhadap inflasi daripada investasi lainnya seperti saham dan obligasi. Dengan bisnis properti atau Anda memiliki lahan maka nilai tanah Anda tidak pernah berkurang dan akan terus bertambah. Sehingga saat nanti Anda menjualnya maka harganya akan menyesuaikan harga pasar dan hal ini dapat dikatakan menangkal nilai inflasi yang terjadi.

  1. Harga naik dari waktu ke waktu

Setiap investor pasti ingin harga investasinya naik setiap tahunnya. Harga properti selalu naik karena tingginya permintaan masyarakat dan terbatasnya lahan untuk tempat tinggal.

Anda bisa membeli properti pada developer yang sedang promosi karena harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Pilih lokasi yang sedang berkembang seperti adanya pembangunan infrastruktur agar mendapatkan keuntungan yang tinggi. Dengan membeli properti di lokasi yang sedang berkembang, maka Anda akan dapat membeli properti itu dengan harga murah dan di kemudian hari maka nilainya akan naik berkali lipat dari harga beli Anda.

  1. Investasi tanpa memiliki properti

Anda bisa investasi properti tanpa memiliki properti. Anda bisa menggunakan Dana Investasi Real Estat (DIRE), yaitu instrumen keuangan yang bisa Anda beli untuk memiliki sebagian dari properti yang diperjualbelikan asetnya, seperti rumah sakit, mal, hotel, dan lainnya. Nantinya Anda akan mendapatkan bagian keuntungan dari properti yang disewakan.

  1. Depresiasi

Depresiasi adalah penurunan nilai properti karena waktu dan penggunannya. Pemerintah mengizinkan para investor untuk mengurangi pajak properti mereka dengan mempertimbangkan depresiasi pada propertinya. Investor dapat memperhitungkan keuntungan yang diperoleh saat ia melakukan penjualan di masa yang akan datang.

Keuntungan investasi properti lainnya adalah investasi ini dapat dikendalikan oleh Anda selaku investor. Anda bisa melakukan renovasi properti atau beriklan untuk meningkatkan nilai jual. Anda juga bisa menentukan harga sewa sendiri, siapa yang boleh menyewa properti Anda, kapan saja properti tersebut mau dirawat, dan lainnya. Oleh karena itu, Anda tetap harus update dengan perkembangan investasi properti di luar sana, karena Anda sendiri yang menentukan untung dan ruginya.