6 Kesalahan Yang Buat Bisnis Kos Kosan Rugi !

0
25

Bisnis kost-kostan memang bisa dibilang sebagai bisnis pasif, dimana Anda tidak perlu mengurus bisnis tersebut secara langsung dan terus menerus. Tapi tetap saja yang namanya bisnis harus dikelola dengan baik, termasuk bisnis kos kosan. Tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik, jika tidak ingin mengalami kerugian. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering kali terjadi dalam bisnis kos tersebut, yaitu :

  1. Salah memilih lokasi 

Kesalahan pertama yang paling umum dilakukan adalah salah memilih lokasi rumah kos. Umumnya para pengguna kos lebih menyukai rumah kos yang mudah dijangkau, dan mempunyai fasilitas lingkungan yang nyaman, seperti dekat ke minimarket, mudah dijangkau oleh transportasi umum, mudah menemukan rumah makan umum, dan yang lainnya.  Sebaiknya jangan memilih lokasi kos yang jauh dari tempat tempat tersebut.

  1. Salah menentukan harga sewa 

Kesalahan lainnya adalah salah memilih harga sewa yang ditawarkan. Rata-rata harganya terlalu mahal atau juga terlalu murah.

Dalam menjalankan bisnis kost kostan, Anda perlu memperhitungkan aneka pengeluaran per bulannya, mulai dari biaya air, listrik, gaji asisten rumah kos, termasuk juga internet, hingga TV kabel, jika ada. Baru kemudian Anda dapat mulai mematok harga sewa kost.

  1. Rumah kos tidak dirawat secara berkala

Kebanyakan penyedia jasa, hanya menyediakan rumah kos, dan jarang dirawat, dengan alasan sibuk atau bahkan tinggal di luar kota. Hingga membuat beberapa bangunan jadi mudah bocor, cat terlihat kusam dan yang lainnya.

Padahal rumah kos, sama seperti rumah, yang membutuhkan perawatan secara berkala, agar terlihat indah dan nyaman untuk dihuni.

  1. Tidak mengindahkan keluhan penghuni kost

Ada kalanya penghuni kos mengeluhkan beberapa hal yang dianggap sepele, oleh pihak pemilik rumah. Justru ini yang nantinya jadi bumerang, jika tidak didengarkan dengan baik.

Lantaran penghuni kos yang merasakan langsung apa yang terjadi di tempat tersebut. Apalagi kos sendiri adalah salah satu bisnis jasa, yang membuat Anda harus mampu melayani para penghuni dengan baik.

  1. Salah mengelola keuangan 

Salah mengelola keuangan, adalah kesalahan dalam bisnis kos kosan yang juga sering terjadi. Lantaran, banyak dari Anda yang merasa bahwa uang kos yang dihasilkan adalah keuntungan, dan bukan untuk diputar kembali, guna mengelola bisnis tersebut.

Jadi Anda dalam hal ini perlu memperhatikan dengan baik, total pendapatan, total pengeluaran, total keuntuntungan, dan berapa dana cadangan yang perlu disisihkan.

  1. Tidak melakukan promosi  

Kesalahan lainnya, kenapa bisnis kos mudah rugi adalah kurangnya promosi yang dilakukan. Promosi ini adalah media investasi jangka panjang untuk Anda. Umumnya ketika melakukan promosi, orang tidak akan langsung datang ke tempat Anda, namun dengan promosi yang rutin, membuat informasi yang ada teringat dengan jelas. Jadi sewaktu konsumen membutuhkannya akan ingat tempat kos Anda.

Jadi untuk Anda yang ingin membuka bisnis kos kosan, usahakan agar terhindar dari beberapa kesalahan yang paling umum terjadi.