7 Cara Baru Sukses Investasi Properti di Tahun 2018

0
185

7 Cara Baru Sukses Investasi Properti di Tahun 2018

Real estate investing dari segala sisi terus mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Cara-cara yang digunakan para investor 10 atau 15 tahun yang lalu, mungkin sudah tidak bisa digunakan lagi tahun ini. Semua pengusaha terus berusaha dan berlatih untuk mencapai level kesuksesan yang baru.

Lantas, kunci apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan passive income property di tahun 2018 ini? Simak tips berikut ini!

  1. Jaringan

Meskipun terlihat seperti hal  Semakin banyak orang yang Anda temui dan semakin banyak workshop properti yang Anda ikuti, semakin besar pula kesempatan Anda untuk sukses. Berdiskusi dengan para pengusaha yang sudah lebih dulu terjun atau sekadar berkunjung ke agen-agen perumahan akan membuat Anda lebih paham dengan bisnis yang sedang Anda geluti.

  1. Beli Rumah untuk Diri Anda Sendiri Terlebih Dulu

Ingin menyewakan rumah? Pastikan Anda sudah membeli rumah untuk diri Anda sendiri lebih dahulu. Ini merupakan salah satu awal mula bagi kebebasan finansial Anda sendiri. Dalam satu atau dua tahun, Anda bisa menjual atau menyewakan rumah, dan membeli rumah baru dengan potensi yang lebih menjanjikan daripada rumah pertama Anda.

  1. Perhatikan Pemasukan dan Pengeluaran dengan Cermat

Jangan pernah menyepelekan pengeluaran, terutama saat Anda memutuskan membeli rumah bekas. Mungkin ada banyak perbaikan yang harus dilakukan. Sebelum membeli rumah, pastikan semua ada dalam kondisi baik. Jangan terlalu berapi-api melakukan perbaikan di sana-sini jika tak ingin pengeluaran Anda kebobolan. Sebelum membeli rumah benar-benar perhatikan detail agar tidak salah di kemudian hari. Biaya renovasi yang membengkak bisa menyebabkan keuangan Anda menjadi tidak stabil dan tidak baik.

  1. Buat Target yang Masuk Akal

Pahami betul real estate investing yang sedang Anda jalankan. Bisnis ini memang menjanjikan, tapi tidak akan menghasilkan keuntungan dalam waktu satu malam. Pasanglah target yang masuk akal kalau Anda tak ingin stres. Bersiaplah mengeluarkan uang dan tenaga Anda di awal Anda mulai merintis. Jika tak ingin repot atau masih ragu dengan kemampuan sendiri, perusahaan manajemen properti bisa membantu Anda.

  1. Jangan Remehkan Kekuatan Pasar

Sama seperti bisnis lain, bisnis properti juga mengalami perubahan permintaan bahkan harga. Semua tergantung pada jenis investasi properti seperti apa yang Anda lakukan. Pastikan Anda memperkirakan target jangka panjang dan fokuslah pada cash flow atau returns (kembalinya modal).

  1. Fokus pada Kekuatan Anda

Memiliki beragam properti untuk investasi adalah hal baik jika Anda sudah punya pengalaman mumpuni. Jika Anda masih pemula dan bisnis rumah kost yang Anda jalani sudah maju pesat, untuk sementara waktu fokuslah pada apa yang menjadi keahlian Anda.  Jangan mencoba melakukan segala hal jika Anda tidak terlalu yakin pada kemampuan diri.

  1. Dahulukan Logika daripada Emosi

Ketakutan dan keserakahan kerap membawa kegagalan dalam pemilihan jenis investasi. Jangan berinvestasi karena emosi. Lakukan riset dengan baik, pertimbangkan sebesar apa potensi dan peluang properti yang akan Anda beli dan rasionallah dengan semua risiko yang ada. Dalam membeli suatu properti Anda harus memperhatikan data-data yang ada. Membeli rumah perlu Anda pikirkan berbagai halnya. Jangan hanya karna Anda suka dengan properti tersebut lantas Anda membelinya. Pikirkan pula bagaimana lingkungan, apakah harga jualnya terlalu mahal atau tidak, apakah Anda bisa membayar cicilannya, dan lain sebagainya.

Dengan mengikuti 7 langkah di atas, menciptakan property cash machine sendiri bukanlah hal sulit di tahun 2018 ini.